Partial Least Square

Akhir-akhir ini, para peneliti mulai menemukan beberapa kesulitan ketika menggunakan metode statistik regresi linear, karena ada beberapa kesulitan metode tersebut yaitu ketika menangani model penelitian yang bertingkat dan rumit. Analisis regresi linear (yang biasanya diolah dengan Program SPSS) mengalami kesulitan ketika harus menguji hipotesis dengan variabel terikat lebih dari satu secara serempak, atau menguji hipotesis bolak-balik (recursive). Pengujian hipotesis juga tidak dilakukan serempak dengan pengujian keabsahan indikator yang dipergunakan untuk mengukur variabel konstruk.

Metode yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan tersebut adalah dengan metode model persamaan struktural (Structural Equation Modelling/SEM). Dengan program yang sudah dikenal, misalnya Lisrel atau AMOS, peneliti dapat menguji hipotesis dari suatu model penelitian yang relatif rumit. Program tersebut sering disebut dengan Covariance Based Structural Equation Modelling (CBSEM) yang mensyaratkan jumlah sampel yang relatif banyak (sekitar di atas 100). Beberapa penelitian tidak mempunyai sampel sebanyak itu, sehingga dikembangkan model lain yang berbasis variance, yaitu Partial Least Square (PLS).

PLS merupakan metode alternatif penyelesaian model bertingkat yang rumit yang tidak mensyaratkan jumlah sampel yang banyak. Di samping itu ada juga beberapa kelebihan PLS yaitu di antaranya akan mempunyai implikasi yang optimal dalam ketepatan prediksi. Metode PLS merupakan metode analisis yang powerfull karena tidak mengasumsikan skala pengukuran data dan juga dapat dipergunakan untuk mengkonfirmasikan teori. Beberapa program yang dirancang untuk menyelesaikan PLS adalah SmartPLS, PLSGraph, VPLS atau PLS-GUI.

Jika Anda mengalami masalah dengan Model Partial Least Square, silakan kontak kami.

3 comments:

  1. Salam,saya mahasiswa statistik yang sedang dalam pencari judul skripsi saya,apakah bapak mempunyai saran untuk judul,kira-kira topik apa yang tidak terlalu rumit dan susah namun "berpeluang" untuk nilai A,karena saya tidak mempunyai banyak waktu pengerjaannya (2 bulan,cos dosen studi LN)
    yang kedua,apakah anda mempunyai contoh soal PLS,
    Terima kasih yang sebesar-nya

    regards

    -reza

    BalasHapus
  2. Saya mega pak,

    Saya mau tanya tentang langkah-langkah yabg harus dilakukan untuk melihat ada tidaknya pengaruh menggunkan PLS?

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya tentang langkah-langkah yabg harus dilakukan untuk melihat ada tidaknya pengaruh menggunkan PLS?

    BalasHapus

Cari Materi