Regresi Linear dengan Variabel Intervening

Variabel intervening adalah variabel antara atau variabel mediating. Model regresi linear dengan variabel intervening merupakan hubungan bertingkat sehingga jika dengan analisis regresi harus menggunakan analisis jalur (path analysis) atau disarankan menggunakan metode structural equation modelling (SEM). Metode SEM akan dibahas belakangan dengan menggunakan Program AMOS atau LISREL.

Model Regresi dengan Variabel Intervening
Model Regresi dengan Variabel Intervening


Regresi dengan variabel intervening dipergunakan untuk melihat pengaruh tidak langsung antara satu variabel terhadap variabel yang lain. Sebagai contoh: Gaya Evaluasi Atasan (GEA) mempunyai pengaruh terhadap Kinerja Manajerial (KM) melalui Tekanan Kerja (TK). GEA mempunyai pengaruh langsung terhadap KM tetapi juga bisa mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap KM melalui TK. GEA diinterpretasikan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap KM melalui TK jika pengaruh GEA terhadap TK signifikan dan pengaruh TK terhadap KM juga signifikan. Dalam suatu kasus bisa saja variabel mempunyai pengaruh langsung terhadap suatu variabel dan pengaruh tidak langsung terhadap variabel tersebut melalui variabel yang lain.
Share:

29 komentar:

  1. Kalo cuma ada 1 indikator untuk setiap variabel laten dan itupun formatif semua,msh bsa pke PLS ? Ada btas minimum untuk jumlah indikator g?
    Icha-tangerang.

    BalasHapus
  2. Mas,dlm PLS dngan 4 variabel, masing2 variabel 1 indikator formatif. Indikator formatif kan dliat outer weightny bwat ngukur valid nggakny konstruk, nah kalo original sampelnya 1,00 trus stndar erornya 0,00 otomatis t statistiknyany jd 0,00 ato mlah tak trdfinisikan. Apa artinya indikatorny gak valid semua? Aku bingung.. Chichi - bekasi

    BalasHapus
  3. Mas, saya Kiki. saat ini saya sedang membuat skripsi judulnya "pengaruh orientasi pelanggan, kepuasan pelanggan, dan komitmen pelanggan pada retensi pelanggan". awalnya saya menggunakan Path analysis sbg uji hipotesisnya, namun pembimbing mengatakan bahwa lebih baik uji hipotesisnya mengunakan regresi saja, dan saya belum begitu paham dengan regresi.

    Yg ingin saya tanyakan:
    1. uji regresi apakah yg tepat untuk penelitian saya?
    2. mohon bantuannya dalam membuat persamaannya hipotesisnya, dimana
    a. OP berpengaruh lgs pd KeP
    b. OP berpengaruh lgs pd KoP
    c. KeP berpengaruh lgs pd KoP
    d. Op berpengaruh lgs pd RP
    e. KeP berpengaruh lgs ke RP
    f. KoP berpengaruh lgs pd RP

    Maaf, nanyanya panjang dan terima kasih sebelumnya

    regards,
    Kiki

    BalasHapus
  4. alo mas,ini dewi mo nanya.aku ad pnlitian pk treatmen.yg d uji ad 2 kelompok tp jumlah sampelny g sama.selain var bbas dan independan jg ad variabel lain yg berpengaru.ujinya perlu pk normalitas g?utk mngetahui pngaruh pk analisis uji ap y?thx bgt ats bntuannya

    BalasHapus
  5. ini dewi lg.ok mas sy coba dulu.trs untuk mguji penagruh pk uji ap y?

    BalasHapus
  6. Aslm. Pak, sy rini. minta tolong langkah-langkahnya analisis jalur dg spss. tq.

    BalasHapus
  7. mas,bukannya dalam analisa jalur juga dianalisa hubungan langsung dan tidak langsung?
    trus bedanya dengan intervening itu apa,kan sama2 melihat hubungan tidak langsung...

    regards

    bowo

    BalasHapus
  8. ass, mas saya adit sedang membuat skripsi dengan variabel "pengaruh x1,x2,x3 terhadap y, dengan motivasi dan konflik organisasional profesional sebaga variabel intervening" dan antara intervening satu dengan intervening dua tidak ada hubungan. kira-kira dengan 2 intervening yang tidak ada hubungan itu saya bisa pakai PLS gak mas?
    terimakasih

    BalasHapus
  9. halo om,
    nama saya ardiko
    judul skripsi saya "pengaruh brand experience dan kepuasaan sebagai variable intervening terhadap loyalitas konsumen starbucks"

    hipotesa nya gimana ya?
    mohon bantuannya,,

    BalasHapus
  10. Pak, saya theresia.
    Kalo di skripsi ada 1 variabel independen, 1 variabel dependen, trus 3 variabel intervening; dengan path analysis maka model regresi linier yang digunakan regresi linier sederhana atau berganda ya?

    X ---> intervening 1,2,3 masing2 regresi linier sederhana

    intervening 1,2,3 --> Y sebaiknya masing2 regresi linier sederhana ataukah disatukan menggunakan regresi linier berganda ??

    terima kasih...

    BalasHapus
  11. Mas, saya Eva.. Mau nanya doong..
    Judul skripsi aku kan "Analisis Pengaruh Peberapan CSR Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Corporate Image Sebagai Variabel Intervening".. Nah saya bingung, analisis datanya pake' apa?? klo pake' Analisis Jenjang, MSI dan Path Analysis bisa g??
    Maksiee..

    BalasHapus
  12. mas, saya mely..
    saya mau tanya,,kalau kita pakai 1 variabel bebas (x), 1 variabel intervening (i),dan 1 variabel terikat (y),, trus kita mau lihat pengaruh langsung x ke y dan pengaruh tidak langsung x ke y melalui i (sebagai interveningnya)...bagaimana persamaan regresinya??

    x ---> i ---> y

    x -----------> y

    BalasHapus
  13. permisi mas, saya ririn
    ada ga metode lain yg bsa d gunakan slain analisis jalur dan SEM untuk variable intervening ini?
    yg lebih mudah yg mna ya mas?

    BalasHapus
  14. assalamualaikum,,, pa saya riana... judul penelitian saya tentang pengaruh suatu model pembelajaran dengan metode pree-eksperimen,, uji yang saya gunakan yaitu uji beda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga tentang pengaruh penggunaan model tersebut. setelah uji beda dilakukan, apakah perlu melakukan uji koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya pengaruh model tersebut?

    BalasHapus
  15. saya advis mahasiswa manajemen SDM
    penelitian saya menggunakan variabel mediasi (1 dependen, 1mediasi, 1 independen)
    setelah melakukan tes regresi berganda melalui SPSS, didapatkan uji F yang tidak signifikan (0,064 > 0,050), dan uji t yang tidak signifikan.
    Bagaimana penjelasannya (interpretasi) hasil uji saya ? apakah model dan pengaruh mediasi ditolak ato tetap diterima ?
    terimakasih atas jawabannya (advisliv@gmail.com)

    BalasHapus
  16. saya Leni mahasiswa akuntansi.
    penelitian saya mengenai pengaruh corporate strategy terhadap kinerja keuangan yang berdampak pada harga saham.
    rencananya saya akan menggunakan path analysis namun data yang saya pakai hanya 20 perusahaan. saya melihat beberapa artikel, bahwa disarankan minimal 100 data utk menggunakan analisis jalur.
    jadi pa pertanyaannya apakah saya sebaiknya menggunakan analisis jalur atau analisis regresi dgn variabel intervening ?

    BalasHapus
  17. Saya Bobby mahasiswa Teknik Industri.
    Penelitian saya mengenai pengaruh perilaku kepemimpinan dengan kinerja karyawan dengan variabel moderator saling percaya. dengan memakai PLS

    Pertanyaan saya :
    1. Bagaimana diagram pathnya bila digambarkan ?
    2. langkah-langkah menggunakan PLS dengan adanya variabel moderator.

    trims

    BalasHapus
  18. saya gita mahasiswi perguruan tinggi di bandung, ingin tanya.
    Juduk skripsi saya "pengaruh inflasi dan suku bunga terhadap roe dan harga saham". apakah roa disini adalah variabel interveningnya???

    lalu apakah dengan program spss 17 data dapat diolah?? (saya menggunakan analisis jalur)
    mohon bantuannya.

    BalasHapus
  19. Mas, saya Agustin. Mau tanya.. saya bingung sebenere ni lai browsing2 untuk cari judul skripsi untuk bidang msdm soalnya biar lebih gampang data nya dari perusahaan tempat kerja saya yakni di bag. hrd. "Pengaruh Kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. X. "
    . yang saya tanyakan, ini meggunakan analisis apa ea?

    BalasHapus
  20. Saya nova pak dr unri
    Saya mau nanya
    Judul skripsi saya pengaruh rasio keuangan terhadap harga saham dengan nilai perusahaan sebagai variabel moderating Dgn menggunakan analisis peth
    rumusan mslhny
    1.pegaruh rasio keuangan terhadap harga saham
    2.pengaruh harga saham terhadap nilai perusahaan
    Gitu aja bisa pak?
    Lalu kira2 analisis datanya apa aja pak?
    Terima kasih

    BalasHapus
  21. Selamat pagi, saya novi
    saya mau tanya..kalau path analysis setelah diuji dengan spss tu apa perlu dihitung?
    karena saya cuma ingin melihat pengaruh tidak langsungnya saja...
    kalau perlu,,apa saja yang perlu dihitung pak?
    terima kasih

    BalasHapus
  22. selamat malam mas, saya punya masalah dengan indikator formatif yang kesemuannya tidak signifikan, kenapa itu bisa terjadi, dan bagaimana mengatasinya supaya indikator itu bisa dipakai dalam pembahasan......terima kasih

    BalasHapus
  23. Selamat Sore, mau tau gimana cara hitung "Pengaruh Kunjungan wisatawan terhadap permintaan Batik" menggunakan data tahun 2008 s.d 2013 ( masing - masing 5 tahun), berarti ada 2 data time series, yaitu Kunjungan wisatawan tahun 2008 s.d 2013 dan Permintaan Batik tahun 2008 s.d 2013 ?

    BalasHapus
  24. Selamat malam, saya nanda. Saya sedang menyusun tugas akhir saya dengan judul pengaruh store atmosphere terhadap emosi dan danpaknya kepada keputusan pembelian. Emosi menjadi variabel intervening, menurut anda teknik analisis apa yg bisa dan paling mudah bagi saya untuk diterapkap? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dengan path analysis, atau bisa juga dengan SEM. Terima kasih.

      Hapus
  25. Mas.. Saya mau tnya.. Saya dermawan mahasiswa akhir di ptn sumut.
    Saya ada kendala nih dengan judul sm penetiannya.. Judul saya pengaruh kebijakan dividen dan struktur modal terhadap harga saham dan beta saham.. Apakah harga saham termasuk variabel intervening? Sya di suruh doping untuk menggunakan two step regression.. Itu maksudnya gimana mas? Apakah dalam satu penelitian bisa menggunakan 2 regresi? Mohon pendapatnya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang menyuruh siapa? Silahkan dikonsultasikan dengan beliau. Terima kasih.

      Hapus
  26. mas, saya mau tanya .. saya sedang mngerjakan skripsi pengaruh stres terhdap sikap pada perubahan organisasional dengan komitmen organisasional sbg variabel mediator, saya bingung, variabel X ke Y itu hasilnya tidak signifikan, apakah dalam path analysis itu X ke Y harus signifikan ?? mohon bantuannya.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami kurang tahu dengan maksud Anda. Terima kasih.

      Hapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *