Regresi Linear Berganda

Istilah regresi sudah sangat familier di kalangan pemerhati statistik atau para pengguna statistik. Terutama juga bagi para mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun tugas akhir, sangat sering menggunakan metode regresi ini. Artikel berikut akan membahas tuntas tentang regresi.

Daftar Isi


Pendahuluan

Regresi linear adalah alat statistik yang dipergunakan untuk mengetahui pengaruh antara satu atau beberapa variabel terhadap satu buah variabel. Variabel yang mempengaruhi sering disebut variabel bebas, variabel independen atau variabel penjelas. Variabel yang dipengaruhi sering disebut dengan variabel terikat atau variabel dependen. Regresi linear hanya dapat digunakan pada skala interval dan ratio.

Secara umum regresi linear terdiri dari dua, yaitu regresi linear sederhana yaitu dengan satu buah variabel bebas dan satu buah variabel terikat; dan regresi linear berganda dengan beberapa variabel bebas dan satu buah variabel terikat. Analisis regresi linear merupakan metode statistik yang paling jamak dipergunakan dalam penelitian-penelitian sosial, terutama penelitian ekonomi. Program komputer yang paling banyak digunakan adalah SPSS (Statistical Package For Service Solutions).

Regresi Linear Sederhana

Analisis regresi linear sederhana dipergunakan untuk mengetahui pengaruh antara satu buah variabel bebas terhadap satu buah variabel terikat. Persamaan umumnya adalah:
Y = a + b X
Dengan Y adalah variabel terikat dan X adalah variabel bebas. Koefisien a adalah konstanta (intercept) yang merupakan titik potong antara garis regresi dengan sumbu Y pada koordinat kartesius.

Langkah penghitungan analisis regresi dengan menggunakan program SPSS adalah: Analyse --> regression --> linear. Pada jendela yang ada, klik variabel terikat lalu klik tanda panah pada kota dependent. Maka variabel tersebut akan masuk ke kotak sebagai variabel dependen. Lakukan dengan cara yang sama untuk variabel bebas (independent). Lalu klik OK dan akan muncul output SPSS.

Interpretasi Output

  1. Koefisien determinasi

Koefisien determinasi mencerminkan seberapa besar kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians variabel terikatnya. Mempunyai nilai antara 0 – 1 di mana nilai yang mendekati 1 berarti semakin tinggi kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians variabel terikatnya.
  1. Nilai t hitung dan signifikansi

Nilai t hitung > t tabel berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, atau bisa juga dengan signifikansi di bawah 0,05 untuk penelitian sosial, dan untuk penelitian bursa kadang-kadang digunakan toleransi sampai dengan 0,10.

  1. Persamaan regresi

Sebagai ilustrasi variabel bebas: Biaya promosi dan variabel terikat: Profitabilitas (dalam juta rupiah) dan hasil analisisnya Y = 1,2 + 0,55 X. Berarti interpretasinya:
  1. Jika besarnya biaya promosi meningkat sebesar 1 juta rupiah, maka profitabilitas meningkat sebesar 0,55 juta rupiah.
  2. Jika biaya promosi bernilai nol, maka profitabilitas akan bernilai 1,2 juta rupiah.
Interpretasi terhadap nilai intercept (dalam contoh ini 1,2 juta) harus hati-hati dan sesuai dengan rancangan penelitian. Jika penelitian menggunakan angket dengan skala likert antara 1 sampai 5, maka interpretasi di atas tidak boleh dilakukan karena variabel X tidak mungkin bernilai nol.

Berikut link Youtube untuk simulasi regresi linear sederhana:



Regresi Linear Berganda

Analisis regresi linear berganda sebenarnya sama dengan analisis regresi linear sederhana, hanya variabel bebasnya lebih dari satu buah. Persamaan umumnya adalah:
Y = a + b1 X1 + b2 X2 + .... + bn Xn.
Dengan Y adalah variabel bebas, dan X adalah variabel-variabel bebas, a adalah konstanta (intersept) dan b adalah koefisien regresi pada masing-masing variabel bebas.

Interpretasi terhadap persamaan juga relatif sama, sebagai ilustrasi, pengaruh antara motivasi (X1), kompensasi (X2) dan kepemimpinan (X3) terhadap kepuasan kerja (Y) menghasilkan persamaan sebagai berikut:
Y = 0,235 + 0,21 X1 + 0,32 X2 + 0,12 X3
  1. Jika variabel motivasi meningkat dengan asumsi variabel kompensasi dan kepemimpinan tetap, maka kepuasan kerja juga akan meningkat
  2. Jika variabel kompensasi meningkat, dengan asumsi variabel motivasi dan kepemimpinan tetap, maka kepuasan kerja juga akan meningkat.
  3. Jika variabel kepemimpinan meningkat, dengan asumsi variabel motivasi dan kompensasi tetap, maka kepuasan kerja juga akan meningkat.
Interpretasi terhadap konstanta (0,235) juga harus dilakukan secara hati-hati. Jika pengukuran variabel dengan menggunakan skala Likert antara 1 sampai dengan 5 maka tidak boleh diinterpretasikan bahwa jika variabel motivasi, kompensasi dan kepemimpinan bernilai nol, karena ketiga variabel tersebut tidak mungkin bernilai nol karena Skala Likert terendah yang digunakan adalah 1.

Analisis regresi linear berganda memerlukan pengujian secara serempak dengan menggunakan F hitung. Signifikansi ditentukan dengan membandingkan F hitung dengan F tabel atau melihat signifikansi pada output SPSS. Dalam beberapa kasus dapat terjadi bahwa secara simultan (serempak) beberapa variabel mempunyai pengaruh yang signifikan, tetapi secara parsial tidak. Sebagai ilustrasi: seorang penjahat takut terhadap polisi yang membawa pistol (diasumsikan polisis dan pistol secara serempak membuat takut penjahat). Akan tetapi secara parsial, pistol tidak membuat takut seorang penjahat. Contoh lain: air panas, kopi dan gula menimbulkan kenikmatan, tetapi secara parsial, kopi saja belum tentu menimbulkan kenikmatan.

Penggunaan metode analisis regresi linear bergandamemerlukan uji asumsi klasik yang secara statistik harus dipenuhi. Asumsi klasik yang sering digunakan adalah asumsi normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan asumsi linearitas..

Langkah-langkah yang lazim dipergunakan dalam analisis regresi linear berganda adalah 1) koefisien determinasi; 2) Uji F dan 3 ) uji t. Persamaan regresi sebaiknya dilakukan di akhir analisis karena interpretasi terhadap persamaan regresi akan lebih akurat jika telah diketahui signifikansinya. Koefisien determinasi sebaiknya menggunakan Adjusted R Square dan jika bernilai negatif maka uji F dan uji t tidak dapat dilakukan.

Bentuk-bentuk regresi yang juga sering digunakan dalam penelitian adalah regresi logistik, regresi ordinal, regresi multinomial dan lain-lain.


Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul


1. Dalam uji regresi sederhana apakah perlu menginterpretasikan nilai F hitung?


Uji F adalah uji kelayakan model (goodness of fit) yang harus dilakukan dalam analisis regresi linear. Untuk analisis regresi linear sederhana Signifikansi pada Uji F sama hasilnya dengan signifikansi pada uji t.

2. Kapan menggunakan uji satu arah dan kapan menggunakan uji dua arah?


Penentuan arah pengujian adalah berdasarkan masalah penelitian, tujuan penelitian dan perumusan hipotesis. Jika hipotesis sudah menentukan arahnya, maka sebaiknya digunakan uji satu arah, tetapi jika hipotesis belum menentukan arah, maka sebaiknya menggunakan uji dua arah. Penentuan arah pada hipotesis berdasarkan tinjauan literatur. Contoh hipotesis dua arah: Terdapat pengaruh antara kepuasan terhadap kinerja. Contoh hipotesis satu arah: Terdapat pengaruh positif antara kepuasan terhadap kinerja. Nilai t tabel juga berbeda antara satu arah dan dua arah. Jika menggunakan signifikansi, maka signifikansi hasil output dibagi dua terlebih dahulu, baru dibandingkan dengan 5%.

3. Apa bedanya korelasi dengan regresi?


Korelasi adalah hubungan dan regresi adalah pengaruh. Korelasi bisa berlaku bolak-balik, sebagai contoh A berhubungan dengan B demikian juga B berhubungan dengan A. Untuk regresi tidak bisa dibalik, artinya A berpengaruh terhadap B, tetapi tidak boleh dikatakan B berpengaruh terhadap A. Dalam kehidupan sehari-hari kedua istilah itu (hubungan dan pengaruh) sering dipergunakan secara rancu, tetapi dalam ilmu statistik sangat berbeda. A berhubungan dengan B belum tentu A berpengaruh terhadap B. Tetapi jika A berpengaruh terhadap B maka pasti A juga berhubungan dengan B. (Dalam analisis lanjut sebenarnya juga ada pengaruh yang bolak-balik yang disebut dengan recursive, yang tidak dapat dianalisis dengan analisis regresi tetapi menggunakan (structural equation modelling).

Berikut simulasi regresi linear berganda dengan SPSS:



Share:

329 komentar:

  1. Saya mau nanya pak, kok hasil regresi tidak bisa di dapat apakah karna nilai Y saya sama semuanya...?
    ex : Y = 0.8 sebnyak 20 buah
    X = 12, 14, 13, 17, 15, 12 dsb sebnyak 20 buah...
    mhon jawabannya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu syarat regresi adalah harus ada variasi pada datanya. Terima kaish.

      Hapus
  2. mengapa lebih memilih metode regresi linier berganda dibandingkan dengan SEM,
    apa perbedaan yang spesifikasi antara regresi linier beerganda dibandingkan dengan SEM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak, beberapa hal silahkan disimak di sini Terima kasih

      Hapus
  3. selamat siang mas, saya egha. ijin bertanya
    cara untuk membuat regresi liner hubungan negati bagaimana?
    saya hubungannya selalu positif padahal realitanya negatif
    terima kasih

    BalasHapus
  4. sering kali kita menggunakan sampel (sekunder) laporan keuangan dengan tahun yang berurutan (2009-2013), apa alasanya kita menggunakan sampel dgn tahun yg berurutan? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tergantung metode samplingnya. Terima kasih.

      Hapus
  5. sedang mempelajari statistik dan nemu blog yang sip.
    thx

    BalasHapus
  6. Slamat malam pak....mau tanya, dalam perhitungan model analisis jalur, mengapa koefisien korelasi selalu lebih besar dari koefisien jalur? Tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kurang jelas maksudnya. Terima kasih.

      Hapus
  7. slmat siang pak,saya mau nanya pak,,, apa rumus regresi yang digunakan kalau tanpa fit intercept pak,,makasih pak

    BalasHapus
  8. malam pak, saya mau bertanya. bolehkah satuan variabel dalam penelitian beda2? misalnya x1,x2 dalam satuan persen. sementara x3 dan Y dalam satuan rupiah. soalnya saya bingung, di dosbing II memperbolehkan namun dosbing I saya mempermasalahkan hal ini. terimakasih sblmnya

    BalasHapus
  9. Pak selamat pagi...
    Saya mau bertanya data cuma ada 7 tahun boleh gk pakai uji regresi

    BalasHapus
  10. Saya Devi, saya mau brtanya. Saya mau analisis variabel pengangguran(y) dan ad 10 sbgai variabel (x) nya. Namun banyaknya data yg saya pnya hnya 10 data. Anggap dari tahun 2006-2015.
    Apakah dengan variabel (x) sebanyak itu dgn bnykny data 10 dapat mmberikan hasil yg baik?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalau 10 terlalu sedikit. Terima kasih.

      Hapus
  11. selamat pagi pak, jadi minimal saya harus menggunakan berapa banyak data pak? dan bagaimana kalau ada data yang tidak ada/hilang/missing pak? terima kasih pak, mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Silahkan simak buku statistik tentang metode sampling. 2. Silahkan simak di rujukan penelitian terdahulu Anda. Terima kasih.

      Hapus
  12. Pak saya mau tanya,
    Saya punya 5 hipotesis yaitu :
    A berpengaruh terhadap C,
    A berpengaruh terhadap D,
    B berpengaruh thd C,
    B berpengaruh thd D, dan
    C bpengaruh thd D.
    Apakah bisa saya menggunakan analisis regresi linier sederhana? Kalo tidak sebaiknya pakek apa?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika diuji secara terpisah bisa dengan regresi sederhana. Tapi kalau serempak bisa menggunakan SEM. Terima kasih.

      Hapus
  13. selamat siang pak, saya mahasiswi statistika yg akan menyusun skripsi
    misal judul skripsi saya "Pemanfaatan Perpustakaan sekolah terhadap hasil prestasi siswa"
    Dengan variabel bebas X adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah:
    - kondisi ruangan perpustakaan
    - kondisi suasana perpustakaan
    - tujuan siswa ke perpustakaan
    - jumlah buku

    Dan variabel terikat Y:
    - Hasil prestasi siswa berupa rata-rata nilai raport

    yang ingin saya tanyakan,
    - apakah cocok dan memenuhi asumsi apabila saya menggunakan teknik analisis reg. linear berganda?
    - kemuadian saya tentu akan menggunakan angket penelitian, bagaimanakah teknik pemberian skornya?

    mohon dengan sangat pencerahannya pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menggunakan analisis regresi linear berganda. Kuesioner bisa menggunakan Likert, misalnya. Terima kasih.

      Hapus
  14. pak saya mau tanya ... kalo misalkan dalm out put regresi terdapat excluded variabel itu maksudnya apa ya pak ?
    dan satu lagi pak ... kalo n = 36 apakah bisa memakai regresi linear berganda ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Biasanya karena jika variabel itu dikeluarkan maka model akan menjadi lebih baik. 2. Tergantung dari rujukan yang Anda gunakan. Terima kasih.

      Hapus
    2. terima kasih pak atas jawabannya, sangat membantu

      Hapus
    3. Sama2. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  15. Selamat Sore Pak, saya ingin bertanya
    Apakah dalam regresi linier, ada ketentuan bahwa semua variabel independent harus kontinu?
    Dapatkah variabel independen tersebut dicampur (ada diskrit dan ada kontinu)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditransformasikan dulu menjadi kontinyu. Terima kasih.

      Hapus
  16. assalamualaikum saya mau tanya saya lagi bikin skripsi saya mau pakai regresi bergana dari kuesioner. yang saya mau tanyakan>
    apa saya harus memasukkan kuesioner tersebut (yang sudah validitas dan tidak validitas) atau hanya yang sudah validitas saja

    BalasHapus
  17. saya mau tanya pak,penelitan saya X1&X2 terhadap Y. Apabila data X1 saya berskala rasio; X2 berskala interval; Y berskala rasio, apakah ttap bisa menggunakan regresi linier berganda ?.
    karena dosen saya beranggapan bahwa regresinya harus regresi logistik (padahal variabel Y saya bukan dummy).
    terima kasih sebelumnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Regresi logistik memang hanya untuk variabel dependen dummy. Terima kasih.

      Hapus
  18. Assalamualaikum saya mau tanya, apakah regresi linear saja bisa untuk karya tulis ilmiah yang perbandingan? atau perlu uji T / anova juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Regresi untuk pengaruh, komparasi bisa dengan paired test, atau yang lain. Terima kasih.

      Hapus
  19. Assalamualaikum saya mau tanya, bagaimana cara membaca variabel moderator yang ada apakah mempengaruhi variabel laten atau tidak, saya menggunakan apk SmartPLS. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. T valuenya di atas t tabel, biasanya diambil 1,96. Terima kasih.

      Hapus
  20. Selamat pagi, mohon maaf saya ingin menanyakan jika penelitian saya Y nya terdiri dari 20 pertanyaan sedangkan x1 dan x2 nya masing2 satu pertanyaan. analisis regresinya bagaimana ya? Apakah tetap sama dengan cara yg diatas? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika variabel terikat (Y) hanya 1 dan terdiri dari banyak indikator, bisa menggunakan regresi berganda. Akan tetpi jika variabel Y nya banyak, bisa menggunakan SEM. Terima kasih.

      Hapus
  21. mas saya mau bertanya, jika konstanta saya bernilai negatif bagaimana menginterpretasikannya ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Interpretasinya, jika semua variabel bebas bernilai nol, maka variabel terikat akan bernilai sama dengan konstantanya. Ini interpretasi matematisnya. Terima kasih.

      Hapus
  22. Pagi Pak, saya mau bertanya..
    Saya menggunakan data nominal dan hasil uji asumsi klasiknya lulus semua.
    namun hasil B yang dihasilkan dari analisis regresi linier berganda bernilai E-13, itu boleh gak Pak? Contohnya konstanta bernilai 0,314, x1 saya bernilai -1,010E-14, x2 saya bernilai 1,287E-13 sehingga persamaannya menjadi Y = 0,314 - 1,010E-14 X1 + 1,287E-13 + e
    Bisa seperti ini Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Bis juga X1 dinyatakan dalam juta atau milliar agar pangkatnya tidak terlalu banyak. Terima kasih.

      Hapus
  23. Selamat siang Pak, saya Tusiana mahasiswa unpand, ingin bertanya, apakah persamaan regresi dapat dilakukan hanya dengan satu data saja dari semua variabel? terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  24. Terima kasih Pak atas balasannya..
    Postingan Bapak sangat banyak membantu dalam penelitian saya.. :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bisa membantu. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  25. ass pak, saya mahasiswi manajemen yang sedang melakukan penelitian mengenai analisis pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan stres kerja terhadap niat ingin keluar pada perusahaan, yg mau saya tanyakan pada regresi linear apakah kita menggunakan berdasarkan data rata2 skor ?? apakah bisa nilai constanta beta pada regresi 0,13 diterima? mohon pencerahannya..terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata2 skor atau jumlah semuanya boleh. Terima kasih.

      Hapus
  26. Pagi pak,,
    kalau n=28 kira-kira bisa dianalisis gk pak (pake regresi linier berganda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang menyarankan di atas 30. Silahkan temui dosen pembimbing Anda untuk mendiskusikannya. Terima kasih.

      Hapus
  27. asalammualaikum pak, saya mau bertanya kalau Y = seharga apa ya.? pada regresi linier berganda ,saya mendapat pertanyaan seperti itu, mohon bantuan nya.

    BalasHapus
  28. assalamualikum pa, saya mau tanya.. dalam penelitian saya terdapat 5 variabel, model regresinya berganda, untuk uji masing2 variabel x ke y pakai t test..
    tapi dosbing saya nyuruh regresi sederhananya dimasukin juga,jadi yang seharusnya gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan konsultasikan dengan dosbing Anda. Terima kasih.

      Hapus
  29. Halo, saya ingin tanya. Adakah batasan penggunaan variabel dummy dalam regresi berganda? Misalnya, hanya diperbolehkan menggunakan maksimum 2 variabel dummy. Sementara apabila lebih dari 2, harus menggunakan regresi logistik. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logistik jika dependennya yang dummy. Terima kasih.

      Hapus
    2. jadi apabila saya menggunakan 3 variabel dummy sebagai variabel independen, saya bisa menggunakan regresi berganda ya?

      Hapus
  30. asalamualaikum pak, saya mau nanya pak misal nya penelitian saya judulnya analisis beban pajak tangguhan, aktiva pajak tangguhan dan perencanaan pajak terhadap manajemen laba
    jdi saya harus memakai metode apa pak dan uji apa pak yang baiknya?
    terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan lihat jurnal referensi Anda, dan juga konsultasikan dengan dosen Anda. Terima kasih.

      Hapus
    2. kebanyakan jurnal referensinya tentang pengaruh pak, apa harus memakai regresi berganda pak, soalnya ada juga yang memakai regresi logistik karna variabelnya dummy? mohon penjelasannya pak terima kasih

      Hapus
    3. Silahkan lihat jurnal referensi Anda, dan juga konsultasikan dengan dosen Anda. Terima kasih.

      Hapus
  31. pak kalau data tidak linier apa penyebabnya? dan harus diapain datanya? supaya normal atau baik.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linieritas dan normalitas itu hal yang berbeda. Terima kasih.

      Hapus
  32. SAYA MAU TANYA PAK,, APAKAH PERBEDAAN DATA MERUPAKAN HAL YANG SANGAT BESAR YANG BISA MEMBUAT MELENCENG DENGAN HASIL PENELITIAN SEBELUMNYA. PENELITIAN SEBELUMNYA ANGKANYA POSITIF TAPI SAYA MENDAPATKAN ANGKA NEGATIF,, APAKAH SEMUA ITU KARENA PERBEDAAN DATANYA . TERIMAH KASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda data pasti beda hasil juga. Terima kasih.

      Hapus
  33. Pak sy riri mau bertanya di dalam rumus tertulis y=a+a1x1+b2x2+e
    Kalau utk "e" itu angkanya didapat darimana ya pak? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu residual, save unstandardized. Terima kasih.

      Hapus
  34. Pak, izin bertanya. Dalam regresi, apakah kita harus menggunakan transformasi logaritma natural (ln) jika satuan utk variabel2 penelitian kita berbeda. Misalnya saya ingin meneliti faktor2 yg mempengaruhi IPM. Satuan IPM itu gak ada karena IPM itu nilai antara 0-100, utk variabel-variabel bebas ada 6 dimana kelima variabel bebas saya itu sama satuannya dalam persen sedangkan satu var. bebas lain satuannya dalam miliar rupiah. Mohon bimbingan dari Bapak.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada keharusan untuk ditransformasikan. Terima kasih.

      Hapus
  35. Pak, dalam analisis regresi utk uji parsial, apakah semakin banyak variabel independent yg signifikan pada taraf 5 % menunjukkan model itu baik dan sebaliknya semakin sedikit var.independent yg signifikan berarti model itu kurang baik ?
    terima kasih mohon penjelasannya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goodness of fit dilihat dari R atau F. Terima kasih.

      Hapus
  36. Pak, saya mau tanya.
    1. Kalau Regression Multiple trough origin yang tanpa intercept atau konstanta bagaimana menganalisisnya melalui SPSS?
    2. Saya meneliti mengenai Monday Effect, karena hari Senin semua negatif pada saat uji statistik memakai uji regresi linear berganda, hari senin justru menjadi excluded variable. Bagaimana solusinya? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Itu yang standardized, malah bisa mengeliminir perbedaan satuan dari masing2 variabel, bisa digunakan untuk melihat variabel mana yang pengaruhnya paling besar. 2. Chek dulu asumsi yang diperlukan. Terima kasih.

      Hapus
  37. Pak, mohon maaf bertanya, dalam salah satu pertanyaan bapak menyebutkan apabila terjadi exclude data dikarenakan model akan menjadi lebih baik, namun apakah ada cara agar kita tetap dapat memasukkannya ke data ? terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kurang paham dengan pertanyaan Anda. Terima kasih.

      Hapus
  38. Saya ingin bertanya mengenai penelitian dg variabel moderasi.
    Judul : Pengaruh kinerja keuangan terhadap return saham dengan nilai tukar sbg variabel moderasi
    Alasan saya memilih nilai tukar sbg variabel moderasi karna fenomena mengatakan bahwa ketika nilai tukar melemag kinerja keuangan emitenpun melemah dan hal ini berpengaruh terhadap return saham yg rata rata menjadi negatif.
    Yg saya tanyakan, apakah alasan saya dapat diterima ketika nilai tukar dijadikan sbg variabel moderasi atau tida?
    Jika tidak variabel apa yg pantas untuk variabel nilai tukar?
    Terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kami hanya fokus di statistik saja. terima kasih.

      Hapus
  39. Izin pak, apakah bisa sebuah judul skripsi: faktor2 yg mempengaruhi semangat kerja kariawan ..... perusahaan , menggunakan metode linear berganda, apakah bisa pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kami hanya fokus di statistik saja. Terima kasih.

      Hapus
  40. pak untuk skala pengukuran variabel y apa bisa memakai skala likert seperti variabel x?

    BalasHapus
  41. Mau tanya, jika judulnya "pengaruh pengeluaran pemerintah dan pertumbuhan ekonomi terhadap inflasi dan kemiskinan" bisa menggunakan regresi linear berganda? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metode statistik ditentukan oleh jenis variabel, jenis data dan beberapa parameter statistik yang lain, bukan tergantung dari judulnya. Terima kasih.

      Hapus
  42. Slmt pagi pak, saya mau tanya dalam persamaan regresi linier berganda yg di massukan dalam rumus Y=b0+b1x1+b2x2...
    Itu yg standardize apa unstandardize
    Trus kenapa jika hasil constantanya -363,4 itu apakah bermasalah
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada konstanta (b0) gunakan unstandardized. Terima kasih.

      Hapus
  43. Pak mau nanya, saya punya data yang mau melihat hubungan antara kelestarian hutan dan pendapatan. kelestarian hutan sebagai variabel dependent. pendapatan terdiri dari 3 variabel, yaitu pendapatan pertanian dari luar kawasan hutan (x1), pendapatan pertanian dari dalam hutan (x2) dan Pendapatan dari pemungutan hasil hutan dari dalam hutan (x3). sebagai tambahan, bahwa harapan peneliti pendapatan dari pendapatan pertanian dari dalam hutan kalau bisa nantinya berkurang karena berpotensi buruk pada kelestarian hutan. dengan meningkatkan pendapatan pertanian dari luar kawasan hutan dan pendapatan dari pemungutan hasil hutan, sehingga harapan hutan tetap lestari. kira2 bentuk persamaan yang cocok seperti apa ya pak? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persamaan umum regresi Y = a + b X untuk 1 variabel bebas seperti pada artikel di atas. Silahkan diidentifikasikan mana yang variabel bebas, mana yang terikat (hanya 1 variabel saja untuk regresi). Terima kasih.

      Hapus
  44. Assalamu'alaikum pak.
    Judul saya PENGARUH KEPRIBADIAN(X), SELF EFFICACY(Y1) DAN LOCUS OF CONTROL(Y2) TERHADAP KINERJA KARYAWAN(Y3). Saya menggunakan regresi,model persamaan linier dari regresi nya seperti apa ya pak? Saya agak bingung karna variabel Y saya ada 3. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Variabel terikat hanya 1. Silahkan baca2 artikel dan tanya jawab di atas. Terima kasih.

      Hapus
  45. Pak, izin bertanya.
    saya masih binggung utk mengintepretasikan hasil model regresi terutama pada nilai koefisien var bebas. Misalnya model nya itu Y = 13,4 + 0,34 X1 (1)
    dengan Y satuannya gak ada karena nilai dari 0 - 100, lalu satuan utk var. X1 ialah persen. Interpretasinya :
    Dari (1), 0,34 berarti setiap kenaikan 1 % var X1 akan mengakibatkan naiknya var. Y sebesar 0,34 % atau (0,34/34 %) ??
    lalu, pertanyaan kedua saya misalnya nilai koefisien itu lebih dari 1, seperti o,34 itu berubah menjadi 3,4, berarti interpretasinya akan meningkatkan var X1 sebesar 3,4 % ya (atau gak mungkin kan klo 340 %) ?
    terima kasih Pak atas ilmunya. Sukses selalu dalam keluarga dan karirnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika X1 meningkat sebesar SATU SATUAN, maka Y juga akan meningkat sebesar 0,34 SATUAN. Jika koefisiennya 3,4 juga demikian. Terima kasih.

      Hapus
  46. assalamualaikum pak...mau bertanya syarat untuk menggunakan regresi linear ganda datanya(angka) didapat dari mana ya?soalnya baru pemula. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca2 artikel dan tanya jawab. Terima kasih.

      Hapus
  47. Sore pak, saya mau bertanya .. saya mempunyai 7 variabel bebas (x) dan 1 variabel terikat (y).. apa uji yng digunakannya? regresi berganda apa bisa digunakan atau tidak ?

    BalasHapus
  48. pak mau tanya, ini hasil uji t dan uji f sama-sama tidak berpengaruh, tapi uji persamaan regresi berganda kok hasilnya positif ya pak. saya jadi bingung mau menarik kesimpulan berpengaruh atau tidak.
    mohon bantuannya ya pak.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Positif itu arahnya mas. bukan istilah positif berarti iya atau seperti test kehamilan. Terima kasih.

      Hapus
  49. jika Y penelitian saya memakai skala likert itu termasuk ke dalam skala apa ya? ordinal atau interval? dan jika X saya skala ratio analisis statistik apa yang tepat? regresi linear berganda apa bisa?

    BalasHapus
  50. Pak, izin bertanya.
    saya punya model regresi dgn 6 variabel bebas, setelah saya uji simultan hasilnya p-value < 0,05 berarti signifikan secara simultan namun klo secara parsial hanya 4 variabel bebas saja yg signifikan pada taraf nyata 5 %. Tujuan penelitian saya yaitu ingin mendapatkan model regresi terbaik, apakah variabel2 bebas yg tidak signifikan saya keluarkan dri model ya Pak, lalu setelah dapat semua var bebas yg signifikan baru itu yg namanya model regresi terbaik saya ??
    terima kasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak signifikan berarti hipotesis ditolak. Jika ingin membandingkan, silahkan dikeluarkan yang tidak valid, bisa dilihat Adjusted R Squarenya. Terima kasih.

      Hapus
  51. Permisi saya mau tanya. Pak, hasil regresi saya konstanta (+), X1&X3 (-) dan X2(+) , itu bagaimana ya penjelasannya? Terimakasih, mohon bantuannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Positif berarti searah, negatif berlawanan, itu banyak sekali diskusinya, silahkan baca2 tanya jawab. Terima kasih.

      Hapus
  52. saya mau tanya kalo variabel independen saya ada 4 dan variabel independen 1, dan data yg saya itu 10 (2006-2015), bolehkah menggunakan regresi linier berganda?

    BalasHapus
  53. Pak, saya mau bertanya. Saya mempunyai 1 varibel terikat dan 3 variabel bebas, dengan penjelasan Y (milar Rp), sedangkan x1 (ribuan Rp), serta x2 dan x3 (persen), dengan satuan variabel yang demikian apakah hasil dari regresi tidak akan bagus?
    soalnya ada yang mengatakan bahwa jika Y satuannya miliar sementara satuan variabel bebasnya tidak ada miliar (persen dll), maka hasil regresi tidak akan baik.
    terimakasih, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perlu silahkan ditransformasikan. Terima kasih.

      Hapus
  54. Pak, saya mau bertanya. saya menggunakan 1 variabel terikat dan 3 variabel bebas, dengan penjelasan Y(milar Rp), sedangkan x1 (ribuan Rp)serta x2 dan x3 (persen), dengan demikian apakah hasil dari regresi linier berganda tersebut tidak akan bagus (signifikan)?
    soalnya ada yang mengatakan apabila variabel terikat satuannya miliar, sedangkan variabel bebasnya tidak ada yg miliar juga (persen dll) hasil dari regresi tidak akan baik.
    Terimakasih, Pak. sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam statistik istilah 'bagus' tidak identik dengan signifikan. Silahkan baca2 artikel di atas. Terima kasih.

      Hapus
  55. Pak, izin bertanya mengenai uji asumsi klasik regresi yang terdiri dari normalitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi, yg jadi pertanyaan saya yaitu apakah ada aturan "baku" mengenai urutan dalam melakukan uji-uji asumsi klasik tersebut mana yang lebih dahulu dilakukan ?
    terima kasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum menemukan artikel tentang urutan yang baku. Biasanya adjustment dari masing2 penulis saja. Terima kasih.

      Hapus
  56. Pak klo saya baca2 di jurnal, "kebanyakan" orang melakukan uji asumsi klasik itu biasanya dari uji normalitas, homokedastisitas lalu nonautokorelasi. Jika misalkan data saya mengalami heteroskedastisitas, apakah saya langsung menanggulanginya dengan melakukan misalnya transformasi logaritma lalu setelah itu hasil transformasi yg saya lakukan itu saya pakai utk uji autokorelasi atau saya biarkan dulu (memakai data yg tidak ditransformasi) untuk uji autokorelasinya ?
    terima kasih Pak atas jawaban sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah model yang baik harus memenuhi semua asumsi yang telah Anda sebutkan di atas. Terima kasih.

      Hapus
  57. pak, ini saya melakukan penelitian mengenai alokasi bansos. dengan variable independent ada 6 , yaitu 1 skala nominan, 1 skala ordinal, dan 4 skala rasio dari laporan keuangan. jumlah data yang saya pakai ada 60. setelah saya regresi hasil menunjukan hanya 1 yang signifikan. itu dapa terjadi dikarenakan apa ya pak ? dan bagaimana cara mengatasi agar variable lainnya dapat signifikan. mohon pencerahannya pak. terimakasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chek dulu asumsi yang diperlukan. Terima kasih.

      Hapus
  58. Permisi pak mau tanya, kalau hasil regresi pada kolom unstandardized untuk B dan Std.error angkanya 0,000 tapi pada kolom standardized angkanya -0,074
    jadi kesimpulannya arahnya negatif apa positif pak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digil di belakang koma diperbanyak biar lebih jelas. Terima kasih.

      Hapus
  59. pak saya silvia ingin bertanya. saya mengambil judul skripsi pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas. ketika di tabulasi data hasil CCC/siklus konversi kas saya ada yg minus apakah itu wajar? soalnya pas saya olah di spss untuk uji hetero ada excluded variabels. itu kenapa ya pak? thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar bagaimana maksudnya? Analisis regresi bisa digunakan untuk data negatif maupun positif. Terima kasih.

      Hapus
  60. slamat siang... saya mw nanya..
    gini,,, sya memiliki data tentang rasio keuangan ...
    data tersebut ada 4 variabel independen trdiri dari CR,DER,DAR,NPM... dan
    Variabel dependen berupa perubahan laba... saya uda memasukkan data ke spss... namun hasil yg saya dapat koefisien determinasi bernilai negatif.. dan semua variabel tidak memiliki nilai signifikan...bagaimana solusi agar dapat nilai" yang dihasilkan memperoleh nilai yang signifikan <0,05, agar tetap memakai uji F dan Uji T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca2 artikel di atas termasuk tanya jawabnya. Terima kasih.

      Hapus
  61. selamat malam ..
    saya hemdak bertanya jika dalam uji asumsi klasik tidak lolos uji autokorelasi, maka apa yang harus saya lakukan.?
    serta nilai AdjusR2 adalah 1.
    terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika AdjusR2 = 1 berarti R juga 1, berarti Anda harus chek dulu model spesifikasinya. Terima kasih.

      Hapus
  62. Mlam, saya ingin bertanya. Saya mengolah data dengan menggunakan regresi linear berganda dan hasil yang saya dapatkan constantanya (-), walaupun saya sudah logkan constanta tetap bernilai (-).
    apa nilai constanta boleh bernilai (-) dalam olahan data dalam bentuk sekunder pak?
    dan bagaimana saya menjelaskan bahwasanya pengaruh variabel bebas = 0 maka variabel terikat saya = (-).
    contoh misal : jika penerimaan pemerintah ,pengeluaran pemerintah, gdp dan defisit anggaran sama dengan 0 maka pinjaman luar negeri sebesar -4,59
    Bagaimana saya harus mengartikan dengan constanta saya yang bernilai negatif (-) tersebut


    Makasih , mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tidak penerimaan pemerintah, pengeluaran pemerintah, gpd dan defisit anggaran persis = 0? Terima kasih.

      Hapus
  63. bantu jawab untuk Reno.
    konstanta yang negatif ini tidak menjadi masalah sepanjang X1 dan X2 tidak mungkin sama dengan 0 karena tidak mungkin dilakukan. Yang perlu dipertimbangkan justru mencari nilai X1 dan X2 terendah sehingga tidak lagi ada tenaga kerja yang ditawarkan. Misalnya nilai minimum (dan peraturan yang ada) upah terendah adalah Rp 50,- per jam dan usia tenaga kerja adalah 18 tahun. Bila ini dimasukkan dalam persamaan akan diperoleh Y = -2,30 + (2,5).(0,50) + (0,07).(18) = 0,26. Jadi, pada umumnya nilai konstanta yang negatif bukan menjadi alasan untuk menyimpulkan bahwa persamaannya salah (Lihat Rietvield dan Sunaryanto, 1994). Semoga membantu

    BalasHapus
  64. Pak, izin bertanya untuk interpretasi variabel X1. Misalnya model regresinya : Y = 13.4 + 0.13X1 + 0.67X2. Interpretasi untuk nilai 0.13 adalah jika setiap kenaikan 1 satuan variabel X1, maka akan mengakibatkan naiknya nilai variabel Y sebesar 0.13. Pertanyaan saya adalah dengan mengasumsikan variabel X2 konstan atau dengan mengasumsikan variabel X2 nya nol ?
    terima kasih Bapak. Sukses selalu.

    BalasHapus
  65. Mas maaf mau tanya, apabila salah satu variabel dlm penelitian memiliki n taraf (level) brp ordo regresi yg bs dbangun. Gmn ya contohnya. Trims

    BalasHapus
  66. Mohon maaf, saya ingin bertanya saya menggunakan analisis apa jika ingin mengetahui hubungan variabel yang menggunakan skala likert? Terimakasih...

    BalasHapus
  67. Selamat malam, saya mau bertanya, penelitian saya menggunakan 3 variabel independen dan 3 variabel dependen, untuk pengujiannya saya uji satu per satu. Hasil uji F menunjukkan yg simultan hanya ke Y2, namun hasil uji T menunjukkan X2 berpengaruh terhadap Y1, Y2, dan Y3.. ada penjelasan bahwa jika F tidak simultan seharusnya pengujian T tidak ada satupun dari X akan berpengaruh terhadap Y tersebut. Apakah ada penjelasan lainnya? Atau memang penelitian saya yang kurang baik? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca2 artikel dan tanya jawab di atas. Terima kasih.

      Hapus
  68. Permisi, saya mau bertanya untuk mendapat hasil nilai dari skala likert caranya gimana ya? Kan udah diisi kuesionernya kemudian untuk mendapatkan hasilnya gimana? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan koding, misalnya sangat setuju 5, setuju 4 demikian seterusnya. Terima kasih.

      Hapus
    2. Untuk mendapatkan totalnya gimana ya pak caranya? Untuk di uji validitas dan reliabilitas?

      Hapus
    3. Kalau total tinggal dijumlahkan saja. Terima kasih.

      Hapus
  69. Selamat pagi pak. Say farah mau tanya. Kalau saya punya variabel bebas nya ada 3, x1 x2 x3. Permasalahannya pada x3 angka lebih besar dari pada y nya. Saat saya mencoba regresi menggunakan 3 variable bebas itu, keluar outputnya r2 1,000 nilai sig tidak keluar dan f hit jg tidak muncul. Akhirnya saya coba hanya menggunakan x1 dan x2 yang nilai angka nya lebih kecil dr pd Y. Apa memang berpengaruh ya pak, jika nilai dari x nya lebih besar dari y? Mohon di bls. Terimakasih ya

    BalasHapus
  70. Assalamuallaikum Pak...
    saya Farid, Saya mau nanya Pak.
    Kalau judul penelitian Saya
    "PENGARUH AKTIVITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP STRUKTUR RUANG" itu pakainya Regresi linear Sederhana atau Berganda Pak?
    Mohon masukkannya.
    Trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhana jika variabel independen 1, sedangkan berganda jika 2 atau lebih. Terima kasih.

      Hapus
  71. Maaf mau tanya, perbedaan analisis jalur dan regresi berganda itu apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analisis jalur biasanya dipergunakan jika variabel dependen lebih dari 1. Terima kasih.

      Hapus
  72. Selamat Siang Pak, Saya ingin bertanya mengenai judu ini "Pengaruh Media Virtual learning terhadap minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar, dan gaya belajar..." dimana ada 1 variabel X dan ada 4 variabel Y, Analisis apa yang digunakan, Regresi ganda atau analisis regresi sederhana masing2 antar variabel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika variabel independen lebih dari 1 gunakan analisis regresi linear berganda. Terima kasih.

      Hapus
  73. Selamat pagi,
    Bagaimana jika terdapat satu variabel X yang mempengaruhi empat atau lebih variabel Y, analisis apa yang digunakan? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dengan analisis jalur atau SEM. Terima kasih.

      Hapus
  74. Maaf pak saya mau tanya judul saya ini " pengaruh pengangguran terhadap kemiskinan di daerah aceh" di uji r square saya itu hanya .134 yang berarti hanya 13% saja r square saya, apakah r square saya signifikan atau tidak
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada signifikansi untuk r square. Terima kasih.

      Hapus
  75. maaf pak kalau judul pengaruh kepemimpinan terhadap komitmen dan produktivitas kerja, itu kan berarti variabel y nya ada 2, itu menggunakan rumus regresi liniear berganda apa tidak?
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata berganda berarti variabel bebas lebih dari 1. Terima kasih.

      Hapus
  76. maaf pak, saya ingin bertanya. apakah benar dalam analisis regresi berganda sekarang tidak harus melakukan uji secara simultan?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tujuan mencari pengaruh, uji F tetap harus dilakukan untuk melihat goodness of fit. Terima kasih.

      Hapus
  77. Assalamualaikum pak.
    Saya ingin bertanya.Gimana nentuin variabel bebas dan terikat. Saya punya data dengan 13 variabel. Semuanya berhubungan mulai dari semester, ipk, ktm, surat miskin, sampai rekening. Sedangkan data yang saya terima dari tempat penelitian tidak dimasukkan nama mahasiswa ya atau nim.karna sangat rahasia. Terus keterangan untuk surat miskin dibuat ada dan tidak ada. Sedangkan keterangan untuk variabel lain dibuat dengan angka. Apakah harus di normalisasi?
    Sebelum nyTerima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Variabel bebas: variabel yang mempengaruhi, independen. Variabel terikat: variabel yagn dipengaruhi, dependen. Ini pengetahuan dasar. Terima kasih.

      Hapus
  78. assalamualaikum pak, saya mau bertanya. penelitian saya jenisnya deskriptif komparatif, saya punya tiga variabel terikat yakni minat, hambatan, dan motif berprestasi. bagaimana saya menguji normalitasnya? apakah regresi hnya bisa digunakan untuk penelitian correlational saja pak? *maaf agak membingungkan, soalnya saya masih bingung pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kami kurang jelas dengan pertanyaannya.

      Hapus
  79. Assalamualaikum pak. Saya mau tanya saya kan mengambil judul penelitian "pengaruh electronic word of mouth pada media sosial terhadap wisata kuliner" nah di dalam electronic word of mouth itu ada dimensi dan sub dimensi nya kira2 itu pake regresi linear atau SEM ya pak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEM bisa mengakomodir dimensi dengan second order CFA. Terima kasih.

      Hapus
  80. Assalamualalikum, saya mau bertanya
    Penelitian saya berjudul faktor-faktor yg mempengaruhi kecelakaan kerja
    Terdapat 4 variabel bebas dan 1 variabel terikat
    Namun saya menggunakan likert, apakah bisa dianalisis menggunakan regresi linear berganda? Alasannya kenapa?
    Terimakasih

    BalasHapus
  81. Kalau perbedaan antara regresi berganda dengan SEM apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca2 di artikel SEM. Terima kasih.

      Hapus
  82. Selamat siang, Pak.. Saya mau bertanya dalam penelitian saya, hasil output spss utk regresi bergandanya, utk bagian konstanta bernilai 8 miliar lebih, pak.. Menurut dosen saya, hal itu sedikit aneh, menurut bpk bagaimana pak, kenapa hal itu bs terjadi.. Mohon bantuannya pak

    BalasHapus
  83. Malam pak. Saya mau tanya. Hasil regresi linier berganda penelitian saya hasilnya ada yg negatif (sya setuju krna sesuai dg teori sprt pola asuh otoriter smakin meningkat mka perkembangan sosial anak berkurang) ttpi ketika diuji regresi sederhana positif semua brarti kalo otoriter naik perk sosial jg naik gt? Itu gmna ya pak? Ini trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika semua langkah sudah benar, berarti hasil penelitian tidak sesuai dengan teori. Terima kasih.

      Hapus
  84. maaf pak mau tanya,cara mengatasi exclude variable bagaimana ya pak?apakah harus mengecek ulang data dan merubah datanya? Terimaksh pak

    BalasHapus
  85. Malam pak. Saya mau nanya, apabila uji asumsi klasi tidak terpenuhi (data tidak berdistribusi normal) tetapi hasil uji anova <0.05 bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya asumsi normalitas terpenuhi dulu. Terima kasih.

      Hapus
  86. salam pak.. mau nanya jika pakai regresi linear sederhana dengan hasil dari skala likert, apakah masih menggunakan uji f atau t ? terimaksaih

    BalasHapus
  87. Assalamualaikum selamat malam pak..
    Saya mau tanya..
    Kenapa pada saat saya menguji regresi linear berganda di hasil output muncul tabel exclude variabel.. bagaimana cara mengatasi nya pak?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba variabel yang exclude dikeluarkan. Terima kasih.

      Hapus
  88. Prastiwi28 Mei, 2018

    Malam pak, mau nanya kalo nilai koefisiennya -0,2 itu artinya apa ya? semua uji asumsi klasik udah terpenuhi, namun nilai koefisien (-) itu bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya arahnya berlawanan. Terima kasih.

      Hapus
  89. Selamat sore Min, mohon bantuannya ya. Sy meneliti dgn analisis regresi berganda. Hsl penelitian sy mendptkn nilai konstanta negatif, nah mgp nilai konstanta bs negatif min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makna matematisnya, jika semua nilai pada variabel bebas adalah 0 maka nilai variabel terikatnya adalah negatif. Sederhana kok. Terima kasih.

      Hapus
  90. selamat sore min, sama mau tanya jika rumusan masalahnya seperti ini apkah bisa menggunakan regresi linear berganda semua? terima kasih

    1. Untuk menganalisis pengaruh eksterior, layout, interior, aroma, temperatur, dan human variable terhadap emosi konsumen.

    2. Untuk menganalisis pengaruh eksterior, layout, interior, aroma, temperatur, dan human variable terhadap keputusan pembelian ulang.

    3. Untuk menganalisis pengaruh emosi dibenak konsumen terhadap keputusan pembelian ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari skala yang dipergunakan. Terima kasih.

      Hapus
  91. pak, saya mau bertanya, saya meneliti data pertumbuhan ekonomi, dari tahun 2008-2017, tpi data sayang kosong atau tidak ada di antara tahun 2008-2009, dan data tahun 2017, sdangkan data yang harus di regresi min 10 tahun, bagaama saya mencari data 2008,2009 dan data 2017 pak? dan pakai metode apa mencari data yg kosong tersebut?

    karna data yg ksong tersebut setelah saya cek di Bps provinsi. kosong pak,terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ada. COba di chek ke atasannya atau publish di sosial media bahwa ada data untuk rakyat tapi tidak dikelola dengan baik. Terima kasih.

      Hapus
  92. Min saya mau bertanya. Skripsi saya mengenai pengaruh current ratio terhadap return on asset
    Dan hasil spss nilai current rationya menghasilkan nilai negatif namun signifikan. Apakah itu tetap dikatakan signifikan? Karna menurut pembimbing saya hasil yg negatif berarti tidak signifikan. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung rumusan hipotesisnya. Coba baca2 artikel dan tanya jawab di atas. Terima kasih.

      Hapus
  93. Siang pak..
    Mau tanya kenapa ketika varibel X (arus kas dan NPM) dimasukan ke persamaan regresi berganda hasilnya jauh dari nilai Y (stock price) yg ada di tabulasi data. Kira2 masalahnya ada dimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kami tidak paham maksud Anda. Terima kasih.

      Hapus
  94. Pagi pak, perkenalkan saya mahasiswa Teknik industri sedang melakukan penelitian yg berjudul pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian smartphone. Yv saya ingin tanyakan apakah masih diperbolehkan jika variabel Y hanya terdapat 1 indikator saja sedang kan untuk variabel X digunakan lebih dari 3 indikator dalam metode regresi linier berganda terimakasi pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam regresi tidak ada masalah. Mungkin hanya masalah validitas dan reliabilitas, kenapa hanya menggunakan 1 indikator. Itu saja. Terima kasih.

      Hapus
  95. Selamat Malam pak , Saya mau tanya untuk analisis regresi berganda data cross section boleh tidak ya kalau datanya berjumlah 24 saja ,sementara dibuku statistik tertulis n minimal 30, krn terbatasnya sampel jd diambillah hanya 24. tetapi setelah di regresi tetap bisa pak. Seperti itu boleh/tdk ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika menggunakan SPSS, maka 5 atau 6 data saja bisa :) Jika ingin menggunakan 24 data, mintalah justifikasi dari orang yang punya otoritas. Kami tidak punya otoritas itu. Terima kasih.

      Hapus
  96. Assalamualaikum pak.
    Saya ingin bertanya
    Hasil konstanta saya negatif pak.
    Y = -8,719 + 0,5417 x1 + 1,164 x2. Kalo konstanta negatif itu bagaimana ya pak penjelasannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika X1 dan x2 bernilai 0 maka nilai y adalah konstanta tersebut. Ini hanya interpretasi matematis, belum tentu bisa dikaitkan dalam konteks penelitian yang sebenarnya. Terima kasih.

      Hapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *