Featured Post

Metode Pembayaran

Untuk memudahkan metode pembayaran, kami menggunakan beberapa metode yaitu transfer bank dan menggunakan pihak ketiga. Untuk trasfer bank, k...

Uji Heteroskedastisitas dengan Glejser

Pengujian heteroskedastisitas dengan metode grafik lazim dipergunakan meskipun menimbulkan bias, karena pengamatan antara satu pengamat dengan pengamat lain bisa menimbulkan perbedaan persepsi. Oleh karena itu, penggunaan uji statistik diharapkan menghilangkan unsur bias tersebut. Salah satu uji statistik yang lazim dipergunakan adalah uji Glejser (di samping uji yang lain, misalnya uji Park, atau uji White).
Uji Glejser dilakukan dengan meregresikan variabel-variabel bebas terhadap nilai absolut residualnya (Gujarati, 2004). Sebagai pengertian dasar, residual adalah selisih antara nilai observasi dengan nilai prediksi; dan absolut adalah nilai mutlaknya. Sebagai ilustrasi, berikut adalah regresi antara kecerdasan emosional (KE) dan kecerdasan spiritual (KS) terhadap kinerja auditor (KA)

KA = a + b1 KE + b2 KS

Langkah pertama adalah meregresikan KE dan KS (sebagai variabel independen) terhadap KA (sebagai variabel dependen). Kemudian klik menu Save pada menu residual klik unstandardized. Klik OK sehingga akan muncul nilai res_1 pada tabulasi data SPSS. Angka yang terdapat pada kolom res_1 pada tabulasi SPSS merupakan nilai residual yaitu selisih antara KA hasil observasi (kuesioner) dengan KA hasil prediksi pada persamaan di atas.

Langkah kedua adalah menghitung nilai absolut dari residual di atas. Jika dilakukan dengan maka dengan menggunakan menu Transform --> compute. Pada baris Target variable isikan abs_res yang berarti absolut residual. Kemudian klik pada function ABS(numexpr) sehingga pada baris numeric expression akan keluar ABS(?). Isikan res_1 pada (?) lalu tekan OK, sehingga pada kolom sebelah res_1 akan keluar abs_res yang berisi nilai absolut residual.

Selanjutnya adalah meregresikan KE dan KS dengan absolut residual, dan interpretasi heteroskedastisitas dilakukan dengan melihat signifikansi antara KE dan KS secara parsial terhadap abs_res. Gangguan heteroskedastisitas terjadi jika terdapat pengaruh yang signifikan antara KE dan KS (salah satu atau keduanya) terhadap absolut residualnya.

Bahan bacaan: Gujarati, D., 2004. Basic Econometric. Mc-Grawhill, New York.

4 comments:

  1. Selamat siang,aaf pak mau nanya, Kalau rumus uji glesejr itu bagaimana ya langkah - langkahnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di artikel sudah dituliskan. Terima kasih.

      Hapus
  2. Pak maaf, bedanya pakai glejser dan spearman itu apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda metode, biasanya hasilnya konsisten antara keduanya. Terima kasih.

      Hapus

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon dibaca tanya jawab di atas agar tidak terjadi perulangan pertanyaan. Terima kasih.

Cari Materi