Uji Heteroskedastisitas dengan Glejser

Pengujian heteroskedastisitas dengan metode grafik lazim dipergunakan meskipun menimbulkan bias, karena pengamatan antara satu pengamat dengan pengamat lain bisa menimbulkan perbedaan persepsi. Oleh karena itu, penggunaan uji statistik diharapkan menghilangkan unsur bias tersebut. Salah satu uji statistik yang lazim dipergunakan adalah uji Glejser (di samping uji yang lain, misalnya uji Park, atau uji White).
Uji Glejser dilakukan dengan meregresikan variabel-variabel bebas terhadap nilai absolut residualnya (Gujarati, 2004). Sebagai pengertian dasar, residual adalah selisih antara nilai observasi dengan nilai prediksi; dan absolut adalah nilai mutlaknya. Sebagai ilustrasi, berikut adalah regresi antara kecerdasan emosional (KE) dan kecerdasan spiritual (KS) terhadap kinerja auditor (KA)

KA = a + b1 KE + b2 KS

Langkah pertama adalah meregresikan KE dan KS (sebagai variabel independen) terhadap KA (sebagai variabel dependen). Kemudian klik menu Save pada menu residual klik unstandardized. Klik OK sehingga akan muncul nilai res_1 pada tabulasi data SPSS. Angka yang terdapat pada kolom res_1 pada tabulasi SPSS merupakan nilai residual yaitu selisih antara KA hasil observasi (kuesioner) dengan KA hasil prediksi pada persamaan di atas.

Langkah kedua adalah menghitung nilai absolut dari residual di atas. Jika dilakukan dengan maka dengan menggunakan menu Transform --> compute. Pada baris Target variable isikan abs_res yang berarti absolut residual. Kemudian klik pada function ABS(numexpr) sehingga pada baris numeric expression akan keluar ABS(?). Isikan res_1 pada (?) lalu tekan OK, sehingga pada kolom sebelah res_1 akan keluar abs_res yang berisi nilai absolut residual.

Selanjutnya adalah meregresikan KE dan KS dengan absolut residual, dan interpretasi heteroskedastisitas dilakukan dengan melihat signifikansi antara KE dan KS secara parsial terhadap abs_res. Gangguan heteroskedastisitas terjadi jika terdapat pengaruh yang signifikan antara KE dan KS (salah satu atau keduanya) terhadap absolut residualnya.

Bahan bacaan: Gujarati, D., 2004. Basic Econometric. Mc-Grawhill, New York.

28 comments:

  1. Halooo...selamat sore...apa kabar?...sukses dan sehat selalu kan?..
    saya Indra masih ingat kan?...
    Gini Mr Consultant...skripsi saya dah 90% selesai...tapi dosen saya minta sampel saya untuk yang variabel dependen (y1 / return)adalah keseluruhan perusahaan manufaktur...awalnya saya hanya menggunakan Consumers Goods (salah satu part dari Manufaktur....terpaksa deh saya ulang lagi cari sampel and uji ulang....tapi ternya data saya terkena masalah Heteros...
    Alternatif yg bisa saya ambil kan dengan membagi semua variabel dengan variabel yg terkena Heteros...
    Ok contohnya gini...misalkan yg terkena x2...

    model awal...Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e
    trus ditransform jadi...
    Y/X2 = a/X2 + b1X1/X2 + b2 + b3X3/X2 + e/X2

    nah yg saya bingung...jika masalah heteros udah teratasi...langkah selanjutnya pas interpretasi hasil gmana?...apakah model yang udah dtransform tsb harus diubah seperti semula lagi atau ga?...mohon penjelasanya Mr Consultant....
    Thaks a lot...
    Indra...

    BalasHapus
  2. 1. apakah dengan menggunakan regresi logistik kita perlu menggunakan uji asumsi klasik
    2. apakah dengan menggunakan regresi logistik, data yang tidak normal tidak menjadi masalah atau harus normal
    3. berikan step2 penggunakan uji asumsi klasik dengan menggunakan spss

    thaks b4
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. halo...saya ingin bertanya tujuan dilakukannya uji autokorelasi, heteroskedastisitas, dan asumsi klasik lainnya itu apa ya?terus terang saya membaca di salah satu buku statistik dan saya tidak mengerti tujuan heteroskedastisitas dilakukan. tx

    BalasHapus
  4. Mas, maaf nih.
    Ni Ferry lagi.
    Untuk penjelasan Heteroskedastisitas masih belum jelas nih. ".....dari residual satu ke pengamatan ke pengamatan yang lain." Maksudnya pengamatan tuh apa??
    satu lagi mas, cara ngitungnya juga masih belum ngerti. tolong penjelasannya seperti artikel multikolinearitas dunk yang lengkap (dibuat preview gambar spss nya), thanks

    BalasHapus
  5. Ferry.

    Siang pak..

    Rumus dari Glejser yang ditulis oleh bpk KA = a + b1 KE + b2 KS.
    rumus aslinya seperti apa??

    Saya dapet dari artikel lain seperti ini : (bener ga?)
    |ei| = β0 + βi Xi + Ui
    dimana :
    |ei| = nilai absolut residual
    Xi = variabel penjelas
    Ui = variabel penganggu

    makasih

    BalasHapus
  6. salam, malam mas.

    mhn bantuannya variabel x saya terkena heterosedaktis..

    hmm apa yang salah ya mas??

    dan saya mau tanya faktor2 apa saja yang mempengaruhi sehngga terjadi heterosedaktis tersbt.. trimaksih

    BalasHapus
  7. mas mau tanya lagi.. kira2 gmn ya cara memperbaiki model,,saya cari kesana kemari di website katanya wls bisa dipakai untuk memperbaiki heterosedaktis..

    gmn ya mas cara menggunakannya di spss, atau adakah cara lain yang mudah

    thanks

    BalasHapus
  8. mas,,saya kiki,mw nanya,,
    kalo terjadi heteroskedastisitas dgn uji glejser n uji park,, boleh gak diganti dengan uji rank spearman?
    apa ada ketentuan sndri utk uji rank spearman?
    karena saya msh bingung dgn cara memperbaiki heteroskedastisitas dgn cara membagi dgn variabel yg terkena Hetero,krn gak ada contoh tampilan SPSS nya.
    trimakasih

    BalasHapus
  9. mas,bisa jelasin gak kalo tjdi heteroskedastisitas itu gmn?
    trutama dalam SPSS nya,soalnya aq masih bingung mentransformasi n meregresikannya..
    makasih..

    BalasHapus
  10. Mister saya mau bertanya,,
    Apakah transformasi data yg terkena heteros harus dengan Ln?? Klo misalnya saya ubah mejadi Log bolehkah ?? Spertinya hasilnya tidak jauh berbeda..
    Lalu berarti untuk uji2 yg lain kita juga harus pakai data yg sudah diubah ke Log tadi yah??
    tengkyu ya mister,,

    BalasHapus
  11. HALO Mas..
    Saya ingin bertanya,,data saya kn terkena heteros,lalu ada data di dlm salah satu variabel yg nilainya nol shg jika ditransfrom agar heterosnya hilang nilai residualnya juga menjadi nol,,Lalu jumlah N pada tabel hanya 39,padahal data saya jumlahnya 115..apakah ini berpengaruh pada hasil regresi?? Gmn seharusnya yaa?
    makasih mas..

    BalasHapus
  12. Mas Saya Hendro.
    Saya mau tanya, setelah saya olah data saya bebas dari Multikolinearitas, Autokorelasi, Uji Normalitas, Uji t dan Uji F, tapi terjadi Heteroskedastisitasn (Glejser).
    Bagaimana cara mengatasinya? Mohon solusinya.
    Mohon dikirim ke email saya : akang.hends@gmail.com.

    Terimakasih...

    BalasHapus
  13. assalamualaikum
    nama saya suar
    mnta tolong nih mas,sy meneliti tntang pengaruh kualitas auditor terhadap manajemen laba..alat analisis pake regresi sederhana n kualitas auditor sbg variabel bebas pake dummy 0 dan 1
    ...yg jadi masalah setelah d regres..ternyata kurva scatterplot ada dua pola garis lurus ke atas/heteroskedastisitas(kemungkinan krn pake dummy).pake uji glejser pun tetap hetero...ada solusi gak??

    BalasHapus
  14. mas mau nanya lagi nih..hehe
    kalo kita pake uji beda/uji t...apakah masih butuh asumsi klasik,n ga butuh regresi lagi??apa cukup cuman dgn uji beda??,..sori yah..coz butuh kepastian/maklum masih newbie(hehe)

    BalasHapus
  15. mas admin,
    mau tanya...
    klo varian diasumsikan sama pada uji beda (independent t test), apakah artinya tidak ada perbedaan antara dua variable yang diuji.

    makasih (fira)

    BalasHapus
  16. pak...uji heteros spearman itu apakah hanya untuk data ordinal saja ya? apa selain data ordinal boleh ? @bung qomar dan rekan

    BalasHapus
  17. salam...
    mau tanya kalau variabel x nya cuma satu.. misalnya pengaruh pendapatan terhadap konsumsi harus menggunakan uji asumsi klasik tidak? yang mana saja yang harus diujikan? beri alasan , mengapa? terimakasih

    BalasHapus
  18. Selamat siang, saya udah menguji hetero ini, tapi saya bener-bener bingung interpretasinya, penjelasan di paragraf terakhir:
    "Selanjutnya adalah meregresikan KE dan KS dengan absolut residual, dan interpretasi heteroskedastisitas dilakukan dengan melihat signifikansi antara KE dan KS secara parsial terhadap abs_res. Gangguan heteroskedastisitas terjadi jika terdapat pengaruh yang signifikan antara KE dan KS (salah satu atau keduanya) terhadap absolut residualnya."

    saya kurang bisa nangkep. Pertanyaannya:
    saya harus liat tabel yang manakah? residual statistic? angkanya itu cara bacanya supaya kita tau apakah datanya ada hetero atau tidak itu gimana ya? Thanks

    BalasHapus
  19. mas, mnta bantuan nya donk gmana biar data kita normal..
    sudah saya gunakan spss tp data saya tidak terdistribusi normal dan juga tidak hetero karena dari diagram plot data nya tidak menyebar... malahan datanya numpuk dan berbentuk pola... mohon bantuannya !?!?? help please :( thx.

    BalasHapus
  20. mas bisa minta tolong untuk menjelaskan tutorial Uji Park pada spss?terimakasih

    BalasHapus
  21. mas saya arum,
    data saya tidak lolos uji asumsi heteroskedastisitas,model persamaan penelitian saya sudah dalam bentuk log, data outlier jg sudah saya buang, dibagi dengan variabel yang bebas yg terkena hetero jg sudah, tapi hasilnya tetep z kena hetero. bgmna solusinya ya??? trims.^^

    BalasHapus
  22. pa saya johan...
    saya meneliti tentang pengaruh nilai tukar, inflasi dan tingkat bunga terhadap return saham. dalam uji asumsi klasik variabel inflasi dan tingkat bunga terdeteksi heterokedastisitas, solusinya saya transform ke ln tapi tetap terkena heterokedastisitas.
    bagaimana solusi selanjutnya ya pak??
    terimakasih,,

    BalasHapus
  23. maaf pak sama yuly mau tanya,
    kalo data yang mau di olah itu tidak normal atau kurang dari 5% itu harus di gmn kan ya?

    BalasHapus
  24. maaf pak saya ingin bertanya , apakah memang ada Uji Spearman Untuk Heteroskedastisitas ?? kalau boleh tau literaturnya dari buku apa ya ?

    BalasHapus
  25. Mau Bertanya pak...
    persamaan regresi untuk variabel moderasi banyak sekali opsi utk memilih alat uji nya, diantaranya uji Interaksi, uji selisih nilai mutlak, dan uji residual.
    alasan mengapa memakai uji selisih nilai mutlak?

    BalasHapus
  26. bagaimana cara mengobati jika uji hetero nya tidak lolos pak?

    BalasHapus
  27. residual yang terstandarisasi itu maksudnya apa ya?

    BalasHapus
  28. mas, saya mau bertanya, apakah sama saja jika kita menggunakan grafik Scatterplot antara SRESID dan ZPRED, dengan menggunakan Glejser ? teriakasih sebeumnya

    BalasHapus

Cari Materi