Regresi Linear dengan Variabel Kontrol

Sering kali kita mendengar istilah variabel kontrol, yaitu variabel yang dimasukkan penelitian ke dalam penelitian untuk mengendalikan atau menghilangkan pengaruh tertentu pada model penelitian. Sebagai ilustrasi, ketika kita membandingkan laba tahunan sebuah perusahaan, maka interpretasi kita akan menjadi bias, karena perusahaan yang besar (total assetnya) cenderung mempunyai laba yang lebih besar. Oleh karena itu, kita sering memasukkan total assets sebagai salah satu variabel agar hasil penelitian tidak menjadi bias. Atau bisa juga dengan menggunakan rasio keuangan Earning After Tax (EAT) yang merupakan laba dibagi total assets.

Dalam aplikasi regresi linear, sering kali sebuah model akan memberikan hasil yang bias tanpa adanya variabel kontrol. Berikut adalah ilustrasi mengenai pentingnya memasukkan variabel kontrol dalam sebuah model, agar kesimpulan yang ditarik tidak bias atau salah persepsi.

Baca selengkapnya, silahkan download di sini

Simulasi regresi linear dengan variabel kontrol

22 comments:

  1. pak saya pemula yang baru belajar menggunakan spss karena penelitian saya mengharuskan menggunakan spss 13...
    judul penelitian saya : "perbandingan jumlah trombosit pada infeksi dengue primer dan sekunder"
    Saya menggunakan analisis data uji normalitas, descriptive dan independent T test...
    tapi ketika akan di olah tidak keluar hasil...atau output tidak keluar...itu dikarenakan apa ya pak?

    BalasHapus
  2. Pak mau nanya, variabel kontrol itu sbenernya pake diberi penjelasan ngga utk sebuah penelitian ketika uda dilakuin regresi bganda?thx

    BalasHapus
  3. mas, sya sedang nyusun skripsi.
    dalam skripsi saya var. independen: pertimbangan tingkat materialitas., var. dependen: pengetahuan dan pengalaman, dan saya juga pake var. kontrol: profesionalisme dan kredibilitas klien.
    instrumen saya adalah kuesioner. saya melakukan uji parsial dan uji simultan. yg ingin saya tanyakan:
    a. dalam uji asumsi klasik, bgaimana pengujian thd var. kontrol tsb? ap harus dianggap sbg var. independen terlebih dahulu
    1. ap dlm uji parsial masing2 var. independen, var. kontrol ikut dimasukkan dalam pengujian tsb?
    2. ap masing2 var. kontrol dilakukan uji parsial juga thd va. dependen?
    3. sblm melakukan uji simultan seluruh variabel (var. independen dan var. kontrol) thd var. dependen, ap kita perlu melakukan uji simultan pengaruh var. independen dg var. dependen terlebih dahulu? n ap jg perlu melakukan uji simultan pengaruh var. kontrol thd var. dependen?

    kalo ad salah pemahaman ttg statistik, maf aj y, sy mang baru memahami statistik secr parsial. blm keseluruhan...

    trim's...
    mhn dibalas...

    BalasHapus
  4. Permisi mas,nanya nih.....
    Judul penelitian saya:
    Pengaruh corporate governance, risiko keuangan, dan struktur kepemilikan terhadap manajemen laba.
    Pertanyaan:
    Variabel (X) Struktur Kepemilkan menggunakan dummy, (1) ada kepemilkan lebih dari 50% atau terkonsentrasi, dan (0)tdk ada kepemilikan lebih dari 50% atau tersebar.
    Kalau hasilnya (+)signifikan, interpretasinya??????

    BalasHapus
  5. Permisi mas,maaf mau tanya neh
    saya menggunakan variabel dummy sebagai variabel independen dalam skripsi saya..
    yg ingin saya tanyakan apakah variabel dummy diharuskan lulus uji normalitas atau tidak..
    soalnya sampe batas minimum sampel 30 belum normal2..
    karena saya pikir variabel dummy merupakan skala norminal sehingga tdk diharuskan uji normalitas.. benarkah?

    BalasHapus
  6. saya mau tanya, di skripsi saya kan ada variabel ukuran perusahaan. kemudian indikator pengukurannya menggunakan total aktiva. yang saya mau tanyakan, apakah total aktiva tersebut harus pake log dulu ato gimana kalo mau diolah di spss. kalo iya bagaimana cara log nya?

    BalasHapus
  7. ada tutorialnya g mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada simulasinya, silahkan di download. Terima kasih

      Hapus
  8. Malam, Saya sedang melakukan penelitian, variable independent Saya vendor charakteristik, vendor behavior, variable dependen Saya online repurchase intention, sedang variable kontrol Saya gender, income, education, expertise in using internet. Saya menggunakan regress berganda. Terus Saya mash binging tenting variable kontrol . Variable kontrol Kalo mau dimasukin kedalamm regresi berganda me jade bagaimana? Terimakasih

    BalasHapus
  9. bagaimana cara membaca uji parsial dan simultan pada uji regresi berganda?

    BalasHapus
  10. selamat malam,saya mau bertanya. jika hanya ada 1 variabel independen, 1 variabel dependen, maka pengujiannya menggunakan regresi sederhana atau berganda? terima kasih

    BalasHapus
  11. selamat siang,
    saya ingin bertanya,, saya menggunakan 2 variabel kontrol dalam model regresi saya,, namun hasilnya salah satu variabel kontrol tersebut hasilnya berpengaruh namun tidak signifikan.
    dan variabel independennya walaupun menggunakan variabel kontrol hasilnya tetap tidak signifikan.
    apakah variabel kontrol yg diuji hasilnya harus signifikan? Terima kasih

    BalasHapus
  12. apakah ada pengaruh hasil dari sebuah penelitian yang menggunakan variabel kontrol dengan tidak menggunakan variabel kontrol? sedangkan variabel independen dan dependen yang digunakan dari kedua penelitian tersebut sama.

    BalasHapus
  13. Hasil regresi 3 var indep (signifikan) dan 2 var dummy (tdk signifikan) dari uji parsial. Apakah ke-2 var dummy tsb perlu diinterpretasikan lebih lanjut? Makasih

    BalasHapus
  14. Selamat pagi... pak,saya mau bertanya.. dalam penelitian saya untuk salah satu variabel menghasilkan hasil beta (koefisien variabel indpndent) bernilai negatif dan signifikan... menurut bapak, apa ada hasil seperti itu? dan bagaimna cara untuk membaca hasil dengan beta bernilai negatif..?? terima kasih..

    BalasHapus
  15. Pak mau tnya.. bgmna interprtasi pd koefisien regresi ttg gender dummy yg positif. Pnh sy baca gender tanda positif tdk dpt diartikn berhubhngan searah krn itu tidk mekungkinny bagi gender yg trmsuk var kategori. Jd dy sbts berhubungn signifkn. Trus gmna jnterpretasi yg bnar? Trimaksih sblmny.

    BalasHapus
  16. pak mau nanya, kalau olah data panel yang ada variabel kontrol nya, inputnya sama atau beda ya sama yang variabel independen semua tanpa kontrol ? kalo pake eviews gimana ya pak ? makasih

    BalasHapus
  17. Selamat Pagi, nama saya Chandra, saya sedang mengerjakan tugas akhir, pd tugas akhir saya menggunakan 1 variabel independen 1 variabel dependen dan 2 variabel kontrol. Yg mau saya tanyakan:
    1. bagaimana memasukan 2 variabel kontrol ke model MRA, apa saya harus masukan bersama variabel predictor lainnya di spss? (soalnya saya mengacu pd penelitian terdahulu)
    2. apa variabel kontrol harus dikalikan dulu dgn variabel independen sebelum di regres?
    3. apa interpretasinya berbeda dgn model MRA biasa?
    Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami kurang paham. Variabel kontrol kok membahas MRA. Silahkan simak jurnal rujukan Anda. Terima kasih.

      Hapus
  18. selamat sore, saya sedang melakukan penelitian dengan menggunakan 1 var dependen, 1 var independen dan 4 var kontrol. namun ketika di uji asumsi klasik 2 var kontrol saya tidak lolos uji heteroskedatis. pertanyaan saya:
    1. apakah var kontrol tidak lolos uji asumsi klasik diperbolehkan?
    2. apakah dengan model penelitian saya yg menggunakan 1 var dependen, 1 var independen dan 4 var kontrol dapat menggunakan regresi linier berganda?
    terimakasih sebelumnya....

    BalasHapus
  19. 1. Tidak. 2. Iya. Terima kasih.

    BalasHapus

Cari Materi