BID

Statistik adalah Seni (?)

Melihat dari judulnya saja, mungkin sudah kelihatan aneh. Statistik, biasanya sangat terkait dengan data yang relatif rumit dan seni, biasanya berkaitan dengan sesuatu yang indah. Agak bertolak belakang. Akan tetapi, bisa juga itu merupakan ungkapan yang latah, karena banyak juga ungkapan yang serupa, misalnya sepak bola adalah seni, atau bahkan, seni berperang!!

Setidaknya, berkaitan dengan normalitas, Wilfrid J. Dixon dan Frank J. Massey, Jr dalam bukunya Pengantar Analisis Statistik (1997) terjemahan oleh Sri Kustamini Samiyono dan Zanzawi Soejoeti, halaman 483 menulis: Pemilihan metode untuk …….., sampai saat ini tetap merupakan suatu seni.

Ungkapan itu memang tidak mewakili semua pendapat para pakar statistik, tapi setidaknya, ada yang menganggap bahwa statistik tetap merupakan sesuatu yang indah. Mungkin benar mungkin tidak, tapi Einstein juga pernah mengatakan bahwa ada hubungan antara matematika dengan musik. Atau mungkin ungkapan Pythagoras yang mengatakan bahwa harmoni dalam nada selaras dengan harmoni angka-angka dalam matematika.

Bagaimana dengan Anda?




Hubungi kami jika Anda memerlukan bantuan layanan analisis data.

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Materi