Mengapa Menggunakan Statistik Non Parametris

Statistik non parametrik dikenakan pada data yang berbentuk nominal atau ordinal, atau bisa juga kepada data berbentuk interval atau rasio, di mana asumsi pada statistik parametrik tidak terpenuhi. Selain itu, statistik non parametrik juga dapat digunakan untuk jumlah sampel yang kecil, di mana tidak dimungkinkan untuk menambah jumlah sampel. Tidak ada ukuran yang jelas tentang besar kecilnya jumlah sampel, tapi banyak para ahli yang menyatakan bahwa di bawah 30 sebagai sampel kecil.

Beberapa alasan menggunakan statistik non parametrik adalah sebagai berikut: (Castellan, 1998)
  1. Ukuran sampel relatif kecil. Banyak kasus dalam penelitian di mana tidak mungkin lagi menambahkan jumlah sampel dengan berbagai pertimbangan. Salah satu contohnya adalah kasus-kasus dalam dunia medis.
  2. Statistik non parametrik memiliki asumsi yang relatif sedikit berkaitan dengan data dibandingkan statistik parametrik.
  3. Statistik non parametrik dapat digunakan untuk menganalisis data dalam bentuk ranking atau ordinal. Banyak kasus dalam penelitian, di mana peneliti harus menyatakan bahwa variabel A lebih tinggi (atau lebih rendah) dari pada variabel B, tanpa mengetahui seberapa besar ukuran A dibandingkan ukuran B. Contoh lain, juara 1 suatu lomba tidak diketahui seberapa perbandingannya dengan juara 2 atau juara 3, demikian seterusnya.
  4. Statistik parametrik cocok digunakan untuk menganalisis data yang bersifat klasifikasi atau kategorikal, di mana dalam praktek banyak ketersediaan data dalam bentuk klasifikasi.
  5. Statistik parametrik menyediakan analisis yang cocok untuk menguji sampel yang berasal dari observasi yang diambil dari populasi yang berbeda.
  6. Statistik parametrik secara umum lebih bersifat sederhana dan menggunakan teknik perhitungan yang lebih sederhana dari pada statistik parametrik.
Akan tetapi tidak dapat dikatakan bahwa statistik non parametrik lebih atau kurang dibandingkan statistik parametrik. Keduanya saling melengkapi dan masing-masing dapat dipergunakan sesuai dengan kondisi atau ketersediaan data yang ada.

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Materi