Olah Data dengan Lisrel

LISREL merupakan salah satu program yang dirancang untuk menyelesaikan Structural Equation Modelling (SEM) Berbasis Covariance. Bahkan mungkin (?) salah satu yang paling canggih di antara program sejenis. LISREL juga lah yang mengembangkan notasi yang dipergunakan dalam SEM dan beberapa program sejenis menggunakan notasi tersebut, di antaranya Program AMOS (Analysis of Moment Structure).

LISREL mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan persamaan struktural yang relatif rumit, karena pengguna tidak perlu menggambarkan path diagramnya, tetapi hanya menuliskan notasinya, dan Program akan secara otomotis menggambarkan model yang kita bentuk. Hal ini akan memudahkan kita dalam melakukan estimasi, mengingat keterbatasan layar monitor yang tersedia, sehingga kita sering kesulitan untuk menggambarkan model penelitian kita. Akan tetapi, LISREL juga dirancang untuk melakukan penggambaran path diagram.


Dengan menggunakan cara script, memang akan memberikan kesulitan bagi pengguna, karena harus menghapalkan notasi-notasi yang dipergunakan. Selain itu, script yang dipergunakan bersifat sensitif, sehingga salah ketik membuat program menjadi error. Bahkan penggunaan huruf besar dan huruf kecil merupakan hal yang penting dalam penulisan sricpt.

LISREL telah menyediakan menu untuk analisis data yang tidak normal, misalnya data ordinal. Program LISREL akhir-akhir ini mempunyai menu untuk analisis faktor dengan menggunakan data ordinal. Berikut adalah simulasi olah data dengan Lisrel, silahkan di download

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Materi