Olah Data

Kata olah data sering diucapkan, mungkin secara latah, untuk menyebut analisis data. Tidak diketahui istilah tersebut diperkenalkan oleh siapa, mungkin terjemahan dari data processing. Kalau kita iseng mengetikkan kata olah data pada mesin pencari google, maka lebih dari sejuta situs muncul di situ. Suatu jumlah yang cukup besar untuk kata olah data, mengingat kata tersebut bersifat khusus dan tidak semua orang memerlukannya. Berbeda jika kita mengetikkan kata yang bersifat umum, misalnya cara membuat blog atau frase umum lainnya. Akan tetapi, ternyata jumlah trend di google untuk kata olah data masih relatif sedikit, dan masih kalah dengan frase analisis data. Silahkan coba saja.

Kami juga menggunakan istilah olah data untuk jasa layanan kami. Mungkin ini latah, mungkin juga tidak. Akan tetapi sebenarnya jasa kami lebih luas sehingga menggunakan frase Konsultan Statistik. Jasa yang kami berikan tidak semata-mata kepada olah data saja, tetapi sebenarnya menyangkut berbagai hal yang berkaitan dengan aplikasi statistik. Apa saja itu, misalnya analisis untuk pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan, survey untuk keperluan marketing ataupun untuk suksesi.

Olah data yang paling jamak digunakan memang analisis regresi linear yang biasanya diselesaikan dengan program SPSS (Statistical Package for Service Solutions). Metode yang sedikit lebih rumit, misalnya Structural Equation Modelling (SEM) yang dapat diselesaikan dengan program AMOS (Analysis of Moment Structure), LISREL (Linear Structural Relations) yang berbasis covariance, atau dengan SmartPLS di mana berbasis varians atau sering juga disebut dengan metode Partial Least Square (PLS). Meskipun penggunaan metode yang lebih rumit lebih jarang digunakan, akan tetapi karena mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi, maka kami juga sering melakukan analisis tersebut.

Ada juga metode yang lebih jarang dipergunakan, misalnya Two Stage Least Square atau Three Stage Least Square yang biasanya kami selesaikan dengan bantuan Program STATA. Sebenarnya Program STATA sangat powerful digunakan untuk berbagai jenis analisis. Program ini dapat menyelesaikan hampir semua metode yang diakomodir dalam SPSS, bahkan juga dapat digunakan untuk SEM. Akan tetapi, kelemahan (mungkin juga kelebihan) dari program ini adalah menggunakan script sehingga pengguna akan kesulitan untuk menghafalkannya satu per satu. Berbeda dengan program SPSS yang sudah dirancang benar-benar user friendly.

Tertarik menggunakan jasa kami?

Bagi yang menggunakan jasa kami berikut beberapa hal yang dapat kami sampaikan

  1. Kami memberikan hasil analisis data, output dari software yang dipergunakan dan tidak masuk ke substansi penelitian. Hasil analisis dari kami bukan untuk di copy paste ke dalam naskah yang sebenarnya, akan tetapi digunakan sebagai guidance saja.
  2. Komunikasi atau konsultasi dilayani sampai hasil disetujui, sepanjang berkaitan dengan analisis data.
  3. Jika ada revisi, sepanjang itu kesalahan dari kami dan tidak mengubah model secara signifikan, maka tidak akan ada fee tambahan.
  4. Tidak bertanggung jawab untuk klien yang tidak ada komunikasi dengan kami selama lebih dari 6 bulan.
  5. Dengan membayar fee yang kami minta, berarti klien menyetujui persyaratan di atas.  
Terima kasih

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Materi