Tipe Data

Sumber data dalam berbagai analisis ekonometrika tergantung kepada ketersediaan data yang layak. Tipe data bukanlah skala pengukuran statistik. Berikut adalah beberapa tipe data dalam analisis empiris (Gujarati, 2004:25-28)

Data time series
Sering disebut juga dengan data runtut waktu yaitu merupakan rangkaian observasi pada suatu nilai yang diambil pada waktu yang berbeda. Data tersebut dapat dikumpulkan secara berkala pada interval waktu tertentu, misalnya harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Meskipun data time series sering digunakan dalam penelitian ekonomi, sebenarnya data time series sering menimbulkan masalah dalam analisisnya, terutama masalah stationary. Secara singkat data yang tidak stasioner adalah data di mana nilai rata-rata dan variansnya tidak sistematis dalam kurun waktu tertentu.

Data Cross Section
Data cross section adalah data dari satu atau lebih variabel yang dikumpulkan dalam waktu yang sama, misalnya sensus penduduk. Data tipe ini juga mempunyai permasalahan lain yaitu masalah heterogenitas. Misalnya pengukuran data gaji karyawan dari berbagai kota, ada di antaranya yang terlalu tinggi nilainya dan ada di antaranya yang terlalu rendah nilainya.

Pooled Data
Secara sederhana, pooled data adalah kombinasi antara data time series dan data cross section. Contohnya adalah data beberapa rasio keuangan dari beberapa perusahaan dalam rentang beberapa tahun atau periode tertentu.

Data Panel
Data panel adalah bentuk khusus dari pooled data. Data panel juga sering disebut dengan longitudinal atau micropanel data. Tipe data panel adalah pooled data dengan unit cross sectional yang sama, misalnya unit keluarga atau perusahaan.

1 comments:

  1. boleh kamu jelaskan dengan lebih terang lagi tentang pooled data? sy tidak dapat beza kan antara pooled data sama panel data. TQ

    BalasHapus

Cari Materi