Humor Statistik: Anda Bukan Statistikawan

Suatu saat, seorang eksekutif yang mempunyai ratusan perusahaan datang kepada seorang ahli statistik dengan membawa setumpuk data untuk dianalisis dan mengambil keputusan. Si ahli statistik menerima tumpukan kertas tersebut, masuk ke dalam suatu ruangan, lalu keluar sambil membawah hasil. Eksekutif tersebut terheran-heran dan bertanya.
"Bagaimana Anda bisa melakukan hal tersebut?"
"Maaf, kami tidak bisa memberitahukannya, karena Anda bukan seorang statistikawan!" jawabnya.

Beberapa lama kemudian, eksekutif datang lagi dengan permasalahan yang sama dan mendapatkan jawaban yang tepat untuk keputusannya. Karena penasaran, dia bertanya bagaimana melakukan hal tersebut, dan mendapatkan jawaban yang sama pula, yaitu bahwa dirinya bukan seorang statistikawan.

Akhirnya eksekutif tersebut bertanya bagaimana caranya menjadi seorang statistikawan. Dia mendapatkan jawaban,
"Statistik bekerja dengan angka-angka yang banyak, jadi sebelum menjadi statistikawan hitunglah rumput di halaman itu dan sampaikan hasilnya kepada saya".

Karena saking penasarannya, sang eksekutif menghitung jumlah rumput di halaman sampai berbulan-bulan sehingga akhirnya mendapatkan angka yang tepat seperti yang diharapkan oleh statistikawan tersebut.
"Baiklah, Anda telah berhasil melewati ujian, sekarang silahkan masuk ruangan saya untuk melihat bagaimana caranya kami melakukan analisi!"

Statistikawan mengajak eksekutif masuk ke ruangan, dan...ternyata ruangan itu benar-benar membuat eksekutif terheran-heran dan takjub luar biasa.
Namun, maaf, ceritanya sampai di sini saja, karena Anda BUKAN STATISTIKAWAN!!!!

Humor Statistik yang lain: Tiga Sifat Statistikawan

6 comments:

  1. lol. tp sy statistikawan loh.. jd apa isi ruangannya?

    BalasHapus
  2. harusnya si eksekutif itu TIDAK LULUS ujian awal menjadi seorang statistikawan. Karena dia menghitung populasi rumput, bukan dengan sampel, seperti yang biasanya seorang statistikawan lakukan.
    populasi ----> parameter
    sampel -----> sampel
    hahahahahahahaha....:D

    BalasHapus
  3. Karena saya bukan eksekutif dan bukan statistikawan (tapi lawanstatistik), jadi saya tidak berkomentar atas humor di atas.

    BalasHapus
  4. Hahaha...humor yang aneh tapi bkin ketawa juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hanya adopsi saja, versi aslinya sudah beredar via internet, mailgroup, BBM dan yang lain sejak lama. Terima kasih atas apresiasinya.

      Hapus

Cari Materi