Simulasi Uji Multikolinearitas

Gangguan multikolinearitas terjadi jika dalam sebuah model terdapat korelasi yang tinggi antara dua atau lebih variabel bebas. Logikanya sederhana, jika anda ingin mencari pengaruh antara A, B dan C terhadap D, maka seharusnya tidak ada korelasi (yang tinggi) baik antara A dengan B, A dengan C atau pun antara B dengan C. Jika terdapat korelasi yang tinggi antara variabel bebas, maka terjadi gangguan multikolinearitas.

Ada beberapa cara pengujian gangguan multikolinearitas, di antaranya dengan mencari korelasi secara langsung antara masing-masing variabel bebas, bisa juga menggunakan Variance Inflation Factor yang biasanya juga dengan Tolerance, dengan Condition Index dan Eigenvalue atau dengan metode yang lain seperti Farrar dan Glauber atau dengan korelasi parsial.

Berikut adalah video simulasi uji multikolinearitas beserta dengan data contohnya:
Share:

2 komentar:

  1. permisi mau tanya.. kalau dalam model ada variabel dependen, independen, moderasi dan kontrol.. langkahnya:
    1. analyze > regression > linear
    2. yg dimasukkan ke dependent: variabel dependen..
    yg dimasukkan k independentnya: variabel independen saja atau.. (a) var independen, (b) var independen dikali moderasi, (c) var kontrol yg dimasukkin k independentnya? terima kasih

    BalasHapus
  2. variabel independentx aja sih. klo variabelnya lbih dri satu, msukin smua..

    BalasHapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *