Statistik adalah Seni (?)

Melihat dari judulnya saja, mungkin sudah kelihatan aneh. Statistik, biasanya sangat terkait dengan data yang relatif rumit dan seni, biasanya berkaitan dengan sesuatu yang indah. Agak bertolak belakang. Akan tetapi, bisa juga itu merupakan ungkapan yang latah, karena banyak juga ungkapan yang serupa, misalnya sepak bola adalah seni, atau bahkan, seni berperang!!

Setidaknya, berkaitan dengan normalitas, Wilfrid J. Dixon dan Frank J. Massey, Jr dalam bukunya Pengantar Analisis Statistik (1997) terjemahan oleh Sri Kustamini Samiyono dan Zanzawi Soejoeti, halaman 483 menulis: Pemilihan metode untuk …….., sampai saat ini tetap merupakan suatu seni.
Statistik Adalah Seni
Statistik Adalah Seni

Ungkapan itu memang tidak mewakili semua pendapat para pakar statistik, tapi setidaknya, ada yang menganggap bahwa statistik tetap merupakan sesuatu yang indah. Mungkin benar mungkin tidak, tapi Einstein juga pernah mengatakan bahwa ada hubungan antara matematika dengan musik. Atau mungkin ungkapan Pythagoras yang mengatakan bahwa harmoni dalam nada selaras dengan harmoni angka-angka dalam matematika.

Bagaimana dengan Anda?

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *