Dapatkan Paket Domain dan Hosting Unlimited hanya Rp. 300 rb per tahun

Cari Materi

Humor Statistik: Cerita tentang Odds Ratio

Seorang ahli statistik menyatakan bahwa dirinya tidak akan menaiki pesawat terbang jika ingin bepergian. Alasannya adalah bahwa berdasarkan hasil risetnya, kemungkinan sebuah pesawat terkena bom adalah 1 banding 1.000.000 atau sering disebut odds ratio.

Suatu saat, ketika bepergian keluar kota untuk suatu seminar, ahli tersebut menggunakan pesawat terbang. Cukup mengherankan, sehingga seorang koleganya bertanya:

"Mengapa Anda naik pesawat terbang? Apakah sudah ada riset terbaru?"
"Ya", jawab sang ahli. "Riset saya yang terbaru adalah dengan 2 buah bomb. Jadi odds ratio untuk dua bom adalah 1 banding sejuta kali 1 banding sejuta, atau sekitar 1 banding 1 trillyun. Sebuah kemungkinan yang sangat kecil sehingga masuk akal bagi saya untuk menaiki pesawat terbang. Manipulasi yang saya lakukan agar memperoleh Odds ratio sekecil itu adalah dengan selalu membawa bom sendiri ketika naik pesawat terbang!"

Baca humor statistik yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Tidak menjawab pertanyaan tentang sumber/referensi, silahkan browse sendiri. Untuk jasa layanan olah data, silahkan isi formulir online yang tersedia di web ini, lalu kirim data yang diperlukan ke email yang akan diberikan kepada Anda setelah Anda mengisi formulir tersebut.

Terima kasih.


Promo Domain Murah mulai Rp. 15rb