Cara Download Laporan Keuangan atau Annual Report di IDX Secara Gratis

Laporan Keuangan (Financial Report) atau Laporan Tahunan (Annual Report) Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Exchange (IDX) sering dijadikan sebagai sumber data primer dalam berbagai penelitian, Skripsi, Tesis atau pun Disertasi. Disebut data sekunder karena peneliti mengambil data tidak secara langsung, tetapi melalui pihak lain. Ini berbeda dengan data primer. 

Untuk dapat memperoleh data tersebut, kita bisa langsung mendownload secara langsung (juga gratis) dari situs resminya yaitu di idx.co.id silahkan ke TKP. Setiap perusahaan yang telah listing atau go public atau istilahnya 'melantai' wajib memberikan laporan keuangan secara rutin kepada masyarakat, dan salah satu yang dapat diakses oleh masyarakat umum adalah melalui situs tersebut. 

Untuk mendownload, pertama-tama kita meluncur ke situs yang dimaksud yaitu sebagai berikut:

Tampilan Situs Resmi IDX
Tampilan Situs Resmi IDX

Dari situs tersebut, masuklah ke menu Perusahaan Tercatat, lalu pilih Sub Menu Laporan Keuangan dan Tahunan seperti gambar di bawah:

Menu Laporan Keuangan dan Tahunan
Menu Laporan Keuangan dan Tahunan

Setelah Anda klik pada Sub Menu Laporan Keuangan dan Tahunan maka akan diarahkan halaman baru sebagai berikut:

Halaman Laporan Keuangan dan Tahunan
Halaman Laporan Keuangan dan Tahunan

Di halaman ini, kita dapat menentukan Tahun yang kita inginkan, dan juga periodenya, misalnya periode laporan keuangan tahunan atau laporan keuangan triwulan. Juga ada menu untuk memilih Laporan Tahunan (Annual Report). Sebagai contoh, kita pilih tahun 2019 periode Tahunan. Berarti kita memerlukan Laporan Keuangan Tahunan tahun 2019. Untuk menentukan perusahaan yang kita inginkan, kita bisa mengisi pada Kode/Nama Perusahaan. Akan tetapi, jika kita memerlukan seluruhnya, maka kita kosongkan saja lalu kita klik Cari. Maka akan diarahkan lagi ke halaman baru sebagai berikut:

Tampilan seluruh perusahaan
Tampilan Seluruh Perusahaan

Tampilan di atas adalah untuk seluruh perusahaan. Akan tampil per halaman 10 emiten dengan kurang lebih 600 sd 700 emiten pada tahun 2019. Memang cukup banyak. Anda bisa download satu persatu, atau jika Anda menguasai teknik khusus, bisa menggunakan software tertentu, sehingga bisa mendownload seluruhnya secara otomatis. 

Alternatif lain, Anda bisa membeli saja dari Market Place yang terkenal di Indonesia. Anda bisa membeli di Tokopedia, Bukalapak atau Shopee. Harganya relatif murah, sekitar Rp. 30 rb Rp 40 rb untuk seluruh perusahaan selama satu tahun. Bayangkan jika Anda harus mendownload satu persatu data pdf tersebut. Belum lagi jika Anda memerlukan 5 tahun periode.

Untuk Laporan Tahunan (Annual Report) juga dapat dilakukan dengan cara yang sama. Bahkan juga untuk Data Ringkasan Kinerja, atau dulu populer dengan sebutan ICMD (Indonesia Capital Market Directory).

Silahkan simak juga video berikut:

Share:

4 komentar:

  1. kalo mau buat analisis kenormalan data di spss nya itu di masukan semua data atau hanya beberapa ya ka? terimakasih

    BalasHapus
  2. Kalau mau lihat laporan tahunan sebelum tahun 2018 bagaimana ya ?, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di sini kak. Untuk laporan keuangan. Untuk laporan tahunan tersedia. Terima kasih.

      Hapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *