Ranking Alexa Anjlok Drastis?

Rangking Alexa adalah satu satu indikator performa sebuah blog atau website pada umumnya. Demikian juga kami, tim yang ada di blog ini juga sering melihat rangkin alexa secara rutin. Memang sempat vakum untuk beberapa lama, bahkan blog ini pernah di banned oleh gugel :) Tapi mulai sekitar pertengahan Oktober 2020 ini, kami kembali intens mengelola blog ini, bahkan agak tancap gas :).

Ranking alexa kami sekitar 700 ribuan pada pertengahan Oktober 2020. Mulai beranjak naik pada minggu-minggu berikutnya. Pada akhir November 2020 telah mencapai sekitar 600 ribuan. Lumayan untuk orang-orang yang sama sekali tidak paham tentang SEO, SERP dan segala tetek bengeknya. Tetapi yang aneh adalah ketika tanggal 2 Desember 2020, kami melihat ranking alexa dan ternyata turun drastis, cukup drastis seperti pada gambar di bawah:

Gambar Ranking Alexa


Cukup dalam anjloknya, dari 612 ribuan menjadi 800 ribuan hanya dalam satu malam. Untuk ranking Indonesia tidak terlalu dalam, karena hanya turun sekitar 100 san saja. Kami semua kurang tahu penyebabnya. Kami coba browsing ke sana kemari, tetapi ternyata tidak ada hasil memuaskan yang bisa kami adopsi. Mungkin kami yang kurang paham atau bagaimana kami kurang tahu.

Salah satu yang mungkin menjadi penyebabnya adalah banyaknya broken link. Kami coba chek ke beberapa situs ternyata memang ribuan broken link di blog ini. Cukup banyak sehingga kami tidak sanggup untuk menghapusnya satu persatu. Broken link tersebut muncul dari komentar dari para pemerhati blog ini. Ada yang mengatakan efek dari ditutupnya G+ atau mungkin dari netizen yang kurang tepat dalam meletakkan link pada kolom komentar. Apapun itu kami tidak sanggup menghapus satu persatu broken link karena jumlahnya lebih dari 6000 dan itu  pun belum selesai menghitung jumlah broken link. Kami sudah mengakhiri perhitungan di suatu situs penghitung broken link, meskipun belum selesai. Jadi pasti lebih dari 6000 broken link.

Memang tidak semua pertanyaan kami jawab. Mengapa? Anda bisa lihat di sini. Akan tetapi alasannya tentu bukan karena penyebab broken link. Sangat mungkin yang mengajukan pertanyaan juga (maaf) kurang paham tentang hal ini, meskipun kami akui banyak juga yang sangat jago. Jadi kami tetap putuskan untuk berusaha menjawab pertanyaan yang masuk, selama masih memenuhi kriteria kami, dan tentu saja bukan karena broken link.

Sebagai informasi, blog ini juga menggunakan iklan pop under, yaitu ketika pengunjung mengklik link tertentu, maka akan diarahkan ke situs iklan. Jadi pengunjung harus mengklik dua kali untuk menuju ke link yang dimaksud, mudah-mudahan tidak mengganggu. Apakah ini juga menjadi salah satu penyebab anjloknya ranking Alexa? Kami kurang tahu juga.

Ada saran untuk mengganti domain jika broken link terlalu banyak. Ini juga sangat sulit kami lakukan. Blog ini sudah lebih dari 10 tahun dengan domain yang sama. Dan ada rahasia kecil yaitu bahwa yang melakukan setting custom domain blogspot adalah pihak gugel sendiri. Waktu itu mereka menyediakan jasa setting karena kami juga kurang paham tentang hal itu.

Apapun itu, kami akan tetapi berusaha menjawab pertanyaan yang ada. Ranking alexa mungkin penting, tetapi interaksi dengan pengunjung jauh lebih penting.

Salam Statistik.


Update untuk artikel ini klik di sini.

2 komentar:

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan.
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *