Arti Pengaruh Positif dan Signifikan pada Uji T dalam Uji Regresi Linear

Dalam analisis regresi linear baik sederhana maupun berganda, kita akan mempergunakan uji t untuk menentukan apakah hipotesis diterima atau ditolak. Untuk interpretasi uji t pada regresi linear, telah kami bahas di artikel ini.  Di sini kita akan bersama membahas tentang arti pada kalimat yang sering muncul yaitu, "Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan" variabel X terhadap variabel Y. Kata 'positif' dalam kalimat itu artinya adalah searah, atau jika variabel X meningkat, maka variabel Y juga akan meningkat, sebaliknya, jika variabel X menurun, maka variabel Y juga menurun. Jadi kata positif bukan berarti positif pada uji kehamilan atau uji rapid test atau uji swab di mana jika negatif berarti tidak hamil atau tidak terinfeksi virus atau tidak berpengaruh.

Kata signifikan dapat diartikan sebagai bermakna, atau mempunyai makna atau berarti. Sebagai contoh, seorang karyawan mendapatkan kenaikan gaji bulanan dari Rp. 5.000.000 per bulan menjadi Rp. 5.005.000 atau naik Rp 5 ribu perbulan. Apakah gajinya naik? Tentu iya, tapi apakah kenaikan itu akan memberikan manfaat kepada karyawan tersebut? Tentunya tidak. Dalam hal ini kenaikan tersebut tidak signifikan atau tidak bermakna atau tidak mempunyai arti atau bahasa sehari-harinya, karyawan tersebut tidak akan berubah pola hidupnya karena kenaikan tersebut.

Sebagai ilustrasi berikut adalah output Uji T dengan SPSS Versi 25:

Contoh Output T Hitung pada Regresi Linear dengan SPSS Versi 25
Contoh Output T Hitung pada Regresi Linear dengan SPSS Versi 25
Variabel terikat adalah keputusan pembelian. Kita ambil contoh variabel Inovasi Produk, sehingga dinyatakan bahwa Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian dengan T hitung sebesar 4,721 dan Sig sebesar 0,00 < 0,05. Artinya jika Inovasi produk ditingkatkan, maka keputusan pembelian juga akan meningkat, sebaliknya jika inovasi produk menurun, maka keputusan pembelian juga akan menurun. (ini hanya contoh, mohon tidak dibahas teorinya secara mendalam) 

Variabel yang lain, Sales promotion ternyata mempunyai t hitung yang negatif dengan sig < 0,05. Berarti Sales promotion berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Jika sales promotion ditingkatkan, maka keputusan pembelian justru menurun, sebaliknya jika sales promotion dikurangi, maka keputusan pembelian akan meningkat. Ini hanya contoh, mungkin agak aneh, tetapi mohon tidak dibahas lebih jauh. Mungkin karena adanya banyak promosi, maka calon konsumen justru menunggu adanya promosi, tidak membeli produk jika tidak ada promosi. Karena nilai promosi sangat besar, sehingga produk menjadi gratis. (Ini terjadi ketika perusahaan pada tahap awal sedang 'bakar uang', misalnya fenomena beberapa waktu yang lalu pada taksi online).

Mudah-mudahan bisa dipahami. Nah, untuk variabel Personal Selling, bagaimana kalimatnya. T hitung negatif dan signifikansi > 0,05. 

Silahkan tulis di komentar jika berkenan.

Share:

40 komentar:

  1. pada bab 4 saya hasil pengaruhnya positif tapi dari hasil uji regresi hasilnya positif. apakah ada salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "hasil pengaruh" itu apa? juga "hasil uji regresi' itu juga apa ya kak?

      Hapus
  2. Maaf sebelumnya, pada bab 4 saya mendapatkan hasil negatif signifikan.. padahal yg saya analisis adalah pendapatan terhadap laba bersih? Lalu apakah jika pendapatan naik malah menurunkan laba bersih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dilihat di jurnal rujukan Anda. Terima kasih.

      Hapus
  3. Brarti apakab untuk variabel personal selling kalimatnya, "Personal selling tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok. Garis besarnya seperti itu kak. Terima kasih.

      Hapus
  4. Kalau misalkan hipotesis ke 3 saya "x1 dan x2 sama sama berpengaruh positif terhadap Y", tetapi hasil pengujiannya x1 positif dan x2 negatif. Itu bagaimana ya kak? Untuk penarikan kesimpulannya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kaidah perumusan hipotesis yang harus dicermati. Terima kasih.

      Hapus
  5. Halo saya izin bertanya, jika konstanta pada model regresi saat diuji t ternyata tidak signifikan apakah berarti model yang digunakan tidak bisa menjelaskan pengaruh varibel x terhadap variabel y? Terima kasih

    BalasHapus
  6. Apakah ada yang memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terpenting Anda paham kak, soal kalimat kadang memang berbeda-beda dikit. Terima kasih.

      Hapus
  7. Kalo hasilnya positif tapi tidak signifikan interpretasinya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada di tanya jawab di atas kak. Terima kasih.

      Hapus
  8. Min saya mau bertanya. Apabila dalam hipotesis saya, x1 berpengaruh secara positif, namun dalam hasil uji regresi saya, justru saya mendapatkan hasil negatif. Bagaimana cara menyelesaikan masalah ini? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya apa kak? Di blog ini berkali2 kita tuliskan, selalu melakukan telaah teori sebelum merumuskan hipotesis. Jadi jawaban kami juga selalu sama, pastikan semua metode sudah benar. Setelah itu hasilnya dikaitkan dengan tinjauan penelitian terdahulu. Terima kasih.

      Hapus
  9. Selamat malam, izin bertanya kepada admin. dari hasil regresi yang dilakukan, konstanta saya bernilai negatif, lalu bagaimana cara menginterpretasikannya? dan apa yang membuat konstanta tsb bernilai negatif? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konstanta bisa bernilai berapa saja, baik negatif maupun positif. Secara matematis, konstanta adalah nilai variabel terikat ketika semua variabel bebas bernilai nol. Tapi hati2, dalam kenyataannya, belum tentu semua variabel bebas bisa bernilai nol. Terima kasih.

      Hapus
  10. Apabila hasil uji signifikansi saya nilainya negatif apakah bakal berpengaruh pada penelitian saya?? Misal nilai b -0,035.. Nilai t nya -0,427 mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. Kita jelaskan di artikel dan blog ini kak. Terima kasih.

      Hapus
  11. Hasilnya negatif dan tidak signifikan, gimana interpretasinya kak?

    BalasHapus
  12. min kalo hasil regresi positif tapi tidak sigfikan itu gimana ya maksudnya ?

    BalasHapus
  13. maaf saya mau menanyakan perihal hasil beta uji t saya negatif dan sig nya 0,006, artinya berpengaruh negatif dan signifikan.
    yang saya mau tanyakan berpengaruh negatif itu artinya sama saja tidak berpengaruh atau tetap ad pengaruh dari variabel tersebut terhadap Y.
    terimakasih

    BalasHapus
  14. mau menjawab pertanyaan di atas,
    "Personal selling tidak berpengaruh signifikan

    tidak perlu menambahkan positif ataupun negatif

    benar kak? tolong penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Tambah kata positif atau negatif kadang subjektif ada yang minta ada yang gak, tetapi yang penting kakak paham, bisa menjelaskan. Terima kasih.

      Hapus
  15. Kak..saya mendapatkan hasil uji T.negative dan significant..pdhl yg saya teliti adalah net profit margin terhadap nilai perush..kira2 knpa ya mnrt kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara statistik, interpretasinya NPM berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Terima kasih.

      Hapus
  16. Siang, mau nanya min, salahsatu penelitian saya ada yang negatif dan sig. Jadi interprestasinya gmn ya min. Mohon pencerahan. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di artikel dan tanya jawab kak. Terima kasih.

      Hapus
  17. Kak mau tanya. Hasil uji saya positif dan signifikan tapi kenapa besarannya kecil? (Seperti 5,6%. 4,2%. Dll) apakah tidak masalah? Saya sedikit mengganjal di situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana kak? besaran apa yang kecil? Terima kasih.

      Hapus
  18. aku mau nanya tentang model persamaan regresi di tabel coeficient. jadi kan problem focused copng ku nilai signifikan nya diatas 0.05 yakni 0.175 nah jadi tidak signifikan. tapi nilai koefisien regresi nya atau besarnya kontribusi perubahan nilai variabel bebas nya -0.561gede banget sampe 56%.

    Nah sedangkan nilai sig aku kan ga signfikan tp kok kontrbusi perubahannya gede bgt ya smpe 56% apa gapapa atau gmn sih ?:( mohon di jwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sesuai S dan K pasti dijawab kak.
      Kalau signifikansi di atas 0,05 berarti tidak signifikan. Kalau koefisien regresinya besar bisa kita atur kok kak. Misal variabel Y nilainya kecil2, variabel X nya besar2, COba regresikan. Lalu dibalik, Y nya yang besar2 lalu X nya yang kecil2. coba lihat koefisien regresinya

      Hapus
  19. Izin bertanya, hasil besar pengaruh variabel Y terhadap variabel Z dalam penelitian saya adalah sebesar 20.3%, sedangkan besarnya pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti adalah sebesar 79.3%. Apakah dengan hasil sebesar 20.3% tersebut berarti variabel Y mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel Z ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat t hitungnya, kalau di atas t tabel berarti berpengaruh signifikan. atau bisa juga dengan signifikansinya. Terima kasih.

      Hapus
  20. Izin bertanya jika konstanta positif tapi tidak signifikan artinya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam persamaan regresi, konstanta berarti titik potong dengan Sumbu X, atau nilai jika semua variabel bebas bernilai 0. Hati2, belum tentu variabel X bisa bernilai 0 lho kak. Terima kasih.

      Hapus
  21. Bismillah.. Semoga dibalas oleh mimin yg baik hati.

    Min, hasil uji persepsi risiko saya positif dan signifikan terhadap niat beli ulang.

    Kalau dipikir seharusnya berpengaruh negatif. Karena semakin tinggi persepsi risiko maka semakin rendah niat beli ulang.

    Kasusnya sama seperti yg post mimin, tapi saya bingung menginterprestasikannya..

    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak, kami juga tidak tahu. Silahkan telaah di bidang ilmu Anda kak. Terima kasih.

      Hapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *