Cara Membaca F Tabel pada Uji Regresi Linear Berganda dengan SPSS Versi 23

Dalam analisis regresi linear berganda, ada uji yang sagnat akrab kita dengar, yaitu Uji T dan Uji F. Untuk Uji T telah kita bahas di beberapa artikel sebelumnya.  Di sini kita akan membahas tentang Uji F atau tentang cara membaca nilai F Tabel. Uji F adalah uji yang dipergunakan untuk menentukan apakah model dinyatakan layak atau tidak. Sering juga disebut Goodness of Fit. Jika model dinyatakan tidak layak, maka sebenarnya analisis tidak diteruskan dulu dan dilakukan modifikasi dulu agar model menjadi layak, misalnya dengan melakukan transformasi data, menghilangkan data outliers, menambah data, atau bisa juga dengan menambah atau mengurangi variabel penelitian. Point pentingnya adalah bahwa semuanya harus dilakukan berdasarkan telaah teori yang ada.

Sebagai ilustrasi, berikut adalah hasil output Uji F dengan SPSS versi 23.

Gambar di atas adalah output Analisis Regresi Linear berganda dengan SPSS Versi 23 dengan 1 buah variabel terikat, yaitu ROE dan 3 buah variabel bebas yaitu LDR, Car dan NPL. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 40 buah (ini hanya contoh saja). Hasilnya adalah F hitung sebesar 1,649. Sedangkan nilai F tabel dilihat berdasarkan nilai df. Pada kolom ketiga baris pertama, nilai df adalah 3, yaitu sama dengan jumlah variabel bebas. Sedangkan nilai df pada baris kedua adalah N - Var bebas - 1 atau 40 - 3 - 1 = 36. Jadi diperoleh df1 adalah sebesar 3 dan df2 sebesar 36. Nilai ini dijadikan dasar untuk melihat nilai F tabel seperti gambar di bawah:

Di atas adalah Tabel F dengan Signifikansi sebeasar 0,05 atau 5% (untuk nilai yang lain, ada tabel tersendiri). Nilai df1 ada pada baris pertama di bagian atas, sedangkan df2 ada di kolom pertama bagian kiri tabel. Jadi nilai F tabel bisa dilihat berdasarkan nilai df1 dan df2 atau seperti pada gambar di bawah:


Nilainya adalah sebesar 2,85. Jadi tampak bahwa F tabel > F hitung (atau F hitung < F tabel) atau 2,85 < 1,649. Sehingga dinyatakan bahwa model tidak layak.Hal ini juga tampak dengan jelas dari nilai Sig. yaitu sebesar 0,195 > 0,05 yang berarti tidak layak. 

Ini hanya sekedar contoh, untuk Tabel dengan Signifikansi selain 0,05 Anda bisa mendapatkannya di buku-buku statistik yang Anda punyai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?