Cara Membaca Tabel Durbin Watson untuk Uji Autokorelasi pada Analisis Regresi Linear dengan SPSS

Durbin Watson adalah salah satu uji autokorelasi pada analisis regresi linear yang cukup populer. Metode Durbin Watson dilakukan dengan membandingkan nilai Durbin Watson hasil hitung dengan progam SPSS dengan Tabel Durbin Watson. Anda dapat memperoleh tabel Durbin Watson di buku statistik yang Anda punyai, atau bisa juga diperoleh secara online. 

Gambar Output Durbin Watson dengan SPSS


Gambar di atas adalah output uji autokorelasi dengan 2 buah variabel bebas (ini hanya contoh saja). Pada Model Summary, kolom paling kanan, tampak nilai Durbin-Watson adalah sebesar 1,557. Nilai inilah yang akan kita bandingkan dengan nilai yang terdapat pada Tabel Durbin Watson seperti di bawah:


Contoh model regresi ini menggunakan 30 sampel dan 2 variabel bebas, jadi bisa dilihat di kolom paling kiri adalah jumlah sampel (30) dan jumlah variabel bebas (k) adalah 2 pada baris paling atas. Diperoleh nilai dL sebesar 1,2837 dan dU sebesar 1,5666. Adapun untuk keputusannya, bisa dilihat pada Tabel di bawah:

Tabel Pengambilan Keputusan Ada Tidaknya Autokorelasi


Nilai d adalah Durbin Watson hasil hitung, dalam contoh ini adalah sebesa 1,557. Jadi di antara lima kemungkinan di atas yang cocok adalah baris kedua yaitu dL < d < dU atau 1,2837 < 1,557 < 1,566 atau masuk pada kategori No Decision. Model yang dinyatakan tidak mengalami gangguan autokorelasi adalah jika memenuhi baris yang paling bawah.

Dalam hal ini, kita bisa menggunakan uji yang lain agar mendapatkan hasil yang lebih pasti, misalnya dengan uji Run test atau uji yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan.
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *