Contoh Tabulasi Data untuk Analisis SEM dengan LISREL dalam Format SPSS

Analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Covariance memang memerlukan banyak sekali asumsi. Berbeda dengan SEM yang berbasis Variance yang relatif memerlukan asumsi lebih sedikit. Adanya berbagai asumsi tersebut membuat analisis SEM menjadi relatif lebih rumit dan agak sulit untuk memenuhi asumsi-asumsi yang ada. Banyak Software telah dikembangkan untuk memudahkan simulasi tersebut dan salah satu yang cukup terkenal, dan boleh dikatakan paling canggih adalah LISREL.

Contoh Output LISREL

Gambar di atas adalah contoh Output LISREL yang berbentuk Path Diagram. Terlihat berbeda dengan output dengan AMOS. Pada LISREL, maka gambar dibentuk oleh program secara otomatis berdasarkan script yang kita ketikkan. Oleh karena itu, untuk model yang sangat rumit, penggunaan LISREL akan lebih mudah karena peneliti tidak perlu menggambarkan model yang rumit tersebut.
Kam telah mengumpulkan beberapa data untuk simulasi dengan LISREL. Ini hanya kompilasi data saja, Anda tetapi harus melakukan analisis sendiri. Beberapa rincian simulasinya adalah sebagai berikut:

1. 263 sampel, 46 indikator
2. 160 sampel, 16 indikator
3. 104 sampel, 16 indikator
4. 125 sampel, 24 indikator
5. 106 sampel, 19 indikator
6. 135 sampel, 16 indikator
7. 105 sampel, 16 indilator
8. 108 sampel, 18 indikator
9. 145 sampel, 9 indikator, Second order CFA
10. 145 sampel, 10 indikator, Second order CFA
11. 145 sampel, 22 indikator, Second order CFA
12. 145 sampel, 28 indikator, Second order CFA
13. 127 sampel, 18 indikator
14. 125 sampel, 19 indikator

*) contoh lain sedang dalam proses

Ini hanya simulasi saja, bukan hasil kuesioner atau hasil penelitian. Anda tetap harus melakukan analisis sendiri untuk mendapatkan model yang sesuai dengan model Anda sendiri. File yang diperoleh adalah Tabulasi Data dalam SPSS, uraian dan copy output dalam Words, output normalitas dalam notepad dan output total dalam notepad yang sudah disertai dengan Script SIMPLIS. 

Model simulasi kami sudah normal, karena ini harga mutlak. Juga sudah memenuhi parameter penting yaitu p value dan RMSEA. Untuk parameter yang lain sudah mendekati. Hasil hipotesis sebagian besar diterima tetapi ada juga yang ditolak untuk variasi pilihan Anda.

Jika berminat, Anda dapat mengordernya melalui Market Place yang Anda pilih. bisa Tokopedia, Shopee atau Bukalapak

Jika Anda memerlukan contoh simulasi dalam AMOS. Kami juga sudah menyediakannya di sini.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?