Menghitung Nilai F Hitung secara Manual Berdasarkan Output SPSS

Pada artikel yang lalu, kita telah membahas tentang cara menghitung nilai T Hitung pada output SPSS. Ini sebenarnya hanya pengetahuan umum saja, atau bisa juga untuk melihat apakah suatu output telah di ubah secara tidak sah oleh orang lain. Kali ini kita akan mencoba melakukan hal yang sama, tetapi untuk F hitung. Berikut adalah contoh output pada F Hitung dengan SPSS Versi 23.

Gambar Output ANOVA yang Memuat F Hitung

Pada gambar di atas, nilai F hitung adalah sebesar 1,649. Berdasarkan output di atas, sebenarnya ini adalah hasil pembagian antara Mean Square pada kolom sebelumnya. Silahkan dihitung 1727,647 : 1047,733 maka hasilnya adalah sekitar 1,649. Mungkin ada sedikit perbedaan karena ada pembulatan jumlah angka di belakang koma. Anda bisa mengubah jumlah angka di belakang koma jika diperlukan, dengan double klik pada output tersebut.

Adapun nilai Mean Square tersebut juga dapat dihitung berdasarkan output di atas. Mean Square adalah pembagian antara Sum of Squares dengan nilai df. Jadi silahkan dicoba dengan kalkulator yang ada yaitu 5182,940 : 3 = 1727,647. Hasilnya akan serupa dengan sedikit perbedaan karena ada pembulatan di belakang koma. Juga 37718,372 : 36 = 1047,733. Harusnya serupa juga. 

Nilai Sum of Squares memang tidak bisa ditampilkan dasar perhitungannya karena terlalu banyak. Sedangkan baris paling bawah, Total, itu adalah penjumlahan dari nilai di atasnya. Sepertinya cukup sederhana dan jelas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?