Simulasi AMOS Agar Model Menjadi Fit dengan Modification Indices

Model yang diestimasi dengan Program AMOS biasanya memang agak rumit, di mana ada beberapa variabel bebas dan juga beberapa variabel terikat. Selain itu, persyaratan yang diperlukan juga relatif banyak dan kadang sering sekali sulit untuk dapat dipenuhi. Berikut kami berikan simulasi analisis data Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan AMOS.

Model ini menggunakan 160 data (sampel), 16 indikator dengan skala 1 sampai dengan 5. Metode estimasi yang dipergunakan adalah Generalized Least Square (GLS) dengan path diagram sebagai berikut:

Gambar 1 Path Diagram Full Model


Terdapat 3 buah variabel Eksougen yaitu NS, NP dan KP sedangkan variabel Endougen ada dua yaitu SZ dan NZ (ini hanya contoh simulasi saja). Jumlah masing-masing indikator sudah tergambar di path diagram full model di atas. Setelah diestimasi, maka memberikan output path diagram sebagai berikut:

Gambar 2 Output Full Model SEM


Tampak bahwa nilai p adalah sebesar 0,028 yang masih di bawah 0,05 yang menunjukkan bahwa model belum fit. Parameter yang lain, misalnya RMSEA sebenarnya sudah fit, tetapi untuk model dengan sampel yang relatif kecil, maka p value menjadi suatu keharusan.

Untuk melakuan modifikasi, dilihat pada output Modification Indices yaitu sebagai berikut:

Gambar 3 Output Modification Indices



Dari gambar di atas tampak bahwa jika diberikan korelasi tambahan antara e09 dengan e10 akan terjadi penurunan Chi Square sebesar 4,201.  Sebenarnya korelasi antara e14 dengan e13 akan memberikan penurunan Chi square yang lebih besar yaitu sebesar 5,835. Akan tetapi korelasi yang dibuat harus mempunyai dasar teori yang kuat. Oleh karena itu dipilih antara e09 dengan e10 karena dalam satu konstruk, indikator yang ada harus saling berkorelasi karena merupakan indikator reflektif. 

Dengan memberikan korelasi tambahan antara e09 dengan e10 maka memberikan hasil output sebagai berikut:
Gambar 4 Output Full Model Modifikasi

Tampak bahwa nilai p value menjadi 0,061 > 0,05 yang berarti model telah dinyatakan fit. Parameter yang lain, RMSEA juga telah memenuhi nilai yang disarankan. Ini hanya simulasi saja. Jika Anda menginginkan contoh data tabulasi dalam Excel untuk simulasi SEM dengan AMOS, silahkan klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami?

Nama

Email *

Pesan *