Statistik Corona di Indonesia: Diagram Kasus Positif Harian dan Moving Average Sampai Desember 2020

Meskipun sudah hampir satu tahun, pandemi Covid 19 belum juga lenyap dari muka bumi ini, bahkan kian hari semakin bertambah.  Di blog ini, kami telah menampilkan diagram harian kasus positif Covid 19 di Indonesia pada Bulan Oktober 2020 dan kasus harian Covid 19 pada November 2020. Pada kedua periode itu tampak bahwa jumlah kasus harian tetap terus meningkat. Berikut adalah diagram kasus positif Covid 19 harian sampai dengan Bulan Desember 2020.

Statistik Kasus Harian Covid-19 di Indonesia sampai dengan 31 Desember 2020
Statistik Kasus Harian Covid-19 di Indonesia sampai dengan 31 Desember 2020

Tampak bahwa kasus harian relatif meningkat sampai dengan 31 Desember 2020. Nilai tertinggi sebanyak 8369 kasus per hari terjadi pada awal 3 Desember 2020, lalu menurun lagi tetapi meningkat secara bertahap hingga akhir tahun. Sedangkan jika menggunakan Moving Average selama 7 hari maka memberikan hasil sebagai berikut:
Moving Average 7 harian Kasus Covid-19 di Indonesia
Moving Average 7 harian Kasus Covid-19 di Indonesia 

Diagram menjadi lebih smooth dan terlihat bahwa pada periode setelah November 2020 meningkat drastis dengan kemiringan yang sangat curam. Untuk melihat kasus jumlah positif Covid 19 secara bulanan, maka ditampilkan sebagai berikut:
Statistik Corona: Kasus Bulanan Covid-19 di Indonesia
Statistik Corona: Kasus Bulanan Covid-19 di Indonesia

Terlihat jelas sekali bahwa kasus bulanan pada Desember 2020 sangat meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Terdapat 204.315 kasus di mana pada November 2020 hanya 128.795 atau meningkat hampir dua kali lipatnya. Mungkin ini efek dari adanya Pilkada, liburan sekolah dan liburan Natal. Tetapi untuk liburan tahun baru belum ada data.


Disclaimer:

Ini bukan rujukan resmi tentang pandemi yang terjadi. Silahkan menggunakan rujukan resmi untuk pengambilan keputusan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *