Cara Mendapatkan Laporan Keuangan atau Laporan Tahunan Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia

Banyak sekali penelitian yang menggunakan perusahaan publik sebagai sumber data penelitian. Jurnal-jurnal banyak sekali yang mempergunakan fenomena pada perusahaan yang listing di BEI sebagai kajian utama dalam penelitian. Salah satu sumber data yang dipergunakan dalam penelitian itu adalah Laporan Keuangan atau Laporan Tahunan. (Laporan Keuangan BERBEDA dengan Laporan Tahunan). Mungkin Anda adalah salah satu mahasiswa atau peneliti yang memerlukan laporan keuangan perusahaan tersebut?

Kita semua tahu bahwa ada banyak sekali perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), mungkin sekitar 700 an perusahaan (Februari 2021) dan sepertinya akan terus bertambah. Pengurangan bisa saja terjadi karena krisis atau akibat pandemi seperti sekarang ini, akan tetapi kecenderungannya tetap meningkat.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan data laporan keuangan tersebut? Tentu saja bisa dari situs aslinya di Idx.co.id Di situ Anda bisa mendownload satu persatu data laporan keuangan atau laporan tahunan dari masing-masing perusahaan. Cukup lama memang, karena 1 file laporan keuangan bisa berukuran 4 sd 5 MB (bisa juga lebih). Sedangkan untuk Annual Report bisa saja mencapai 5 MB atau bahkan lebih dalam satu perusahaan. Jika satu tahun katakanlah ada 500 perusahaan, bisa Anda bayangkan berapa lama waktu yang harus Anda berikan untuk mendapatkan data tersebut.

Tetapi kita bisa menggunakan jasa pihak ketiga yang sudah melakukan download terhadap data tersebut. Ada banyak yang menyediakan dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp. 30 rb sampai dengan Rp.40 rb untuk seluruh data dalam satu tahun. Ya, satu tahun. Atau bisa juga Anda mendapatkan kompilasi selama 10 tahun terakhir jika memang memerlukan data selama periode itu.

Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI

Salah satunya ada di TOKOPEDIA. Anda bisa memperoleh kompilasi 10 tahun data terakhir (2010 sd 2019) atau bisa juga mendapatkan data laporan keuangan 1 atau beberapa tahun saja sesuai keperluan. Juga tersedia Laporan Tahunan atau Annual Report jika diperlukan. 

Apakah hanya itu, tidak! Anda juga bisa mendapatkan data laporan keuangan di SHOPEE, LAZADA, BUKALAPAK atau pun BLIBLI.

Semuanya dalam format PDF dan juga telah dirincikan jumlah data laporan keuangan yang tersedia, yaitu sebagai berikut:

1. Tahun 2019 ada 699 emiten

2. Tahun 2018 ada 629 emiten

3. Tahun 2017 ada 600 emiten

4. Tahun 2016 ada 553 emiten

5. Tahun 2015 ada 573 emiten

6. Tahun 2014 ada 520 emiten

7. Tahun 2013 ada 500 emiten

8. Tahun 2012 ada 450 emiten

9. Tahun 2011 ada 473 emiten

10. Tahun 2010 ada 415 emiten

Tampak bahwa jumlah emiten dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan dalam hal jumlah. 

Di Market Place tersebut juga menyediakan data Annual Report, data rasio keuangan, tanggal publikasi, opini audit bahkan juga menyediakan data laporan keuangan per Kategori saja. Misalnya Anda perlu kategori Finance saja, maka Anda tidak perlu membeli kategori yang lain.

Share:

2 komentar:

  1. Kalau data nominal uji normalitasnya apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nominal juga tidak perlu uji normalitas kak. Terima kasih.

      Hapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *