Ternyata ICMD Sudah Tidak Terbit Lagi Sejak Tahun 2012

ICMD adalah Indonesia Capital Market Directory yang berisi data rasio keuangan perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Exchange (IDX). ICMD sangat populer di kalangan peneliti bursa saham di Indonesia. ICMD diterbitkan oleh ECFIN dan terdiri dari 2 halaman dalam format pdf. Sering disebut dengan istilah halaman kanan dan halaman kiri. Silahkan klik di bawah untuk melihat contoh ICMD

https://drive.google.com/file/d/1Q6B1UbRpzMG4SXfuDhsKOgFijdo8EpPP/view?usp=sharing

Itu adalah contoh EKAD, salah satu emiten yang ada di BEI. Halaman kanan terdiri dari rasio keuangan tiga tahun terakhir dan halaman kiri terdapat BOD, Komisaris, harga saham dan beberapa informasi lainnnya. Memang tidak semuanya ada, karena Laporan Tahunan suatu emiten bisa terdiri dari ratusan halaman. Akan tetapi, dua halaman itu sudah banyak yang bisa mewakili baik laporan keuangan maupun laporan tahunan perusahaan. 

Contoh Cover ICMD

Tapi entah mengapa, pada tahun 2012 sampai sekarang ICMD tidak terbit lagi. Tidak banyak yang mengetahuinya. Tetapi tidak usah khawatir, karena di situs resminya, telah ada Ringkasan Kinerja yang kurang lebih mirip ICMD, bahkan sampai sekarang masih latah disebut ICMD. Ketika kami menginformasikan bahwa ICMD sudah tidak terbiat sejak tahun 2012, maka biasanya yang kami beri informasi menganggap bahwa data kami kurang lengkap. Ketika kami tunjukkan Ringkasan Kinerja, maka mereka pun akan menganggap itu ICMD. Bahkan masih ada yang ingin 2 halaman saja. Berikut adalah contoh Ringkasan Kinerja:

https://drive.google.com/file/d/1VsHFtZPxfIx0Mthj9bg-fx3CYZnqDAWs/view?usp=sharing

Link di atas diambil dari situs resmi yaitu di Idx.co.id. Tampak di situ bahwa halaman terdiri dari 3 halaman dan sebenarnya lebih banyak informasi yang bisa kita peroleh. Formatnya juga dalam pdf tetapi memang agak berbeda dengan ICMD. Jumlah tahun yang ada sebenarnya lebih banyak. Hanya Ringkasan Kinerja ini periode tahunnya tidak konsisten, kadang sampai Juni, kadang sampai September atau juga kadang Sampai Januari, jadi pembaca harus cermat untuk menggunakannya sebagai sumber data sekunder.

Karena istilah ICMD sudah melekat meskipun sudah tidak terbit selama 10 tahun, maka Ringkasan Kinerja ini sering latah disebut ICMD.

Untuk mendapatkan data ICMD atau Ringkasan Kinerja, Anda dapat menggunakan akun Market Place yang Anda punyai.  Anda bisa menggunakan TOKOPEDIA, SHOPEE, BUKALAPAK, atau pun LAZADA. Gunakan akun yang sudah Anda miliki untuk melakukan order.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *