Ternyata Ini Kategori Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia

Saat ini (Awal tahun 2021), terdapat sekitar 700 san perusahaan yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia. Jumlah itu cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Ada berbagai kategori perusahaan yang telah go public di Indonesia.  Ada Finance, Property, Agriculture dan berbagai jenis perusahan yang lain. Orang yang ingin mempergunakan perusahaan yang listing di BEI sebagai sumber penelitian, biasanya tidak menggunakan seluruh perusahaan. Biasanya akan menggunakan satu atau beberapa kategori saja atau bahkan sub kategori agar penelitian lebih fokus. Selain itu, kategori yang berbeda akan memberikan karakteristik yang berbeda pula dalam laporan keuangan atau aktivitas bisnisnya. 

Ilustrasi Gambar
Jika kita masuk ke situs resminya di idx.co.id maka di bagian ringkasan kinerja akan terdapat beberapa kategori yang ada di BEI. Berikut adalah kategori perusahaan:
1. Agriculture
2. Minning
3. Basic Industry and Chemicals
4. Miscellaneous Industry
5. Consumer Goods Industry
6. Property, Real Estate and Building Construction
7. Infrastructure, Utilities and Transportation
8. Finance
9. Trade, Service and Investment.

Ya, memang terdapat 9 kategori. Lalu kok tidak ada kategori manufacturing? Ya memang tidak ada di situ. Kategori manufacturing memang sangat populer dijadikan sampel atau populasi penelitian. Kategori manufacturing dulu terdapta di Indonesia Capital Market Directory (ICMD). ICMD yang dulu populer, sudah tidak terbit lagi sejak sekitar Tahun 2012. Jadi kategori manufacturing juga ikut tidak ada. Tapi sampai sekarang masih banyak sekali yang latah dengan mencari kategori manufacturing. Kategori manufacturing tidak hilang, masih tetap ada, hanya tidak muncul sebagai kategori tersendiri.

Biasanya kita bisa menggunakan kategori Basic Industry and Chemical, Miscellaneous Industry dan Consumer Goods Industry.. Ketiga kategori tersebut isinya memang perusahaan yang dulu dikategorikan ke dalam Manufacturing di ICMD oleh ECFIN.

O ya, ke-9 kategori tersebut masih dibagi lagi menjadi Sub Kategori. Apa itu, berikut rinciannya.

Kategori Agriculture terdiri dari: Animal Husbandry, Crops, Fishery, Plantation dan Others.

Kategori Minning terdiri dari: Coal Minning, Crude Petroleum dan Natural Gas Production, Land Stone Quarrying dan Metal and Mineral Minning

Kategori Basic Industry and Chemical, terdiri dari: Animal Feed, Cement, Ceramics Glass and Porcelain, Chemical, Metal and Allied Products, Plastics and Packaging, Pulp and Paper, Wood Industry dan Others

Kategori Miscellneous Industry terdiri dari: Automotive and Components, Cable, Electronics, Footwear, Machinery and Heavy Equipment, dan Textile and Garment

Kategori Consumer Goods Industry terdiri dari: Cosmetic and Households, Foods and Beverages, Houseware, Pharmaceutical, Tobacco Manufacturers dan Others.

Kategori Property, Real Estate and Building Construction terdiri dari: Bulding Construction dan Property and Real Estate

Kategori Infrastructure, Utilities and Transportation terdiri dari: Energy, Non Building Construction, Telecommunication, Toll Road, Airport, Harbor and Allide Products dan Transportation.

Kategori Finance terdiri dari: Bank, Fincancial Institution, Insurance, Securities Company dan Others.

Kategori Trade and Service Investment terdiri dari: Advertising, Printing and Media, Computer and Services, Heathcare, Investment Company, Retail Trade, Tourism, Restaurant and Hotels, Wholesale (Durable and Non Durable Goods) dan Others.

Jadi dalam satu kategori masih dibagi menjadi beberapa sub kategori. Kategori Others ada hampir pada setiap kategori karena perkembangan perusahaan yang semakin kompleks di masa kini.

Jika Anda memerlukan data laporan keuangan baik keseluruhan atau pun per kategori atau per sub kategori silahkan visit ke sini. Semuanya sudah tersedia.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *