Uji Reliabilitas Split-Half dengan Microsoft Excel

Artikel tentang Uji Reliabilitas Split-Half dengan SPSS pernah kita bahas bersama.  Kali ini kita membahas topik yang sama, yaitu uji reliabilitas Split-Half tetapi menggunakan Microsoft Excel. Penggunaan Excel akan lebih leluasa, karena kita bisa membelah data tidak hanya belahan awal dan akhir, tetapi juga membelah menjadi ganjil dan genap. Berikut adalah data simulasi hasil kuesioner terhadap 30 responden dengan 6 indikator dan hasilnya ditampilkan dalam Excel seperti di bawah:

Gambar 1 Tabulasi Data dalam Excel


Untuk menghitung reliabilitas dengan split-half, kita kelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu belahan awal (X1, X2 dan X3) dan belahan akhir (X4, X5 dan X6). Setelah itu nilainya kita jumlahkan dan kita letakkan pada kolom terakhir, seperti pada gambar berikut:
Gambar 2 Belahan Awal dan Belahan Akhir


Secara sederhana, kita mengkorelasikan antara belahan awal dan belahan akhir dengan Korelasi Pearson. Hasilnya adalah 0,650. Setelah itu tinggal kita masukkan ke dalam persamaan 
di mana r adalah korelasi belahan. Hasilnya adalah 0,788. Perhitungan dengan SPSS Versi 23 memberikan hasil yang serupa yaitu sebagai berikut:
Gambar 3 Output dengan SPSS Veri 23


Correlations Between Forms adalah 0,650 dan Spearman Brown Coefficient adalah 0,788. Sama persis. Kelebihan Excel adalah bisa menggunakan belahan yang lain, misalnya ganjil genap dan memberikan hasil seperti pada gambar di bawah:
Gambar 4 Split Half dengan Belahan Ganjil dan Genap

Tampak bahwa nilai Korelasi adalah sebesar 0,317 dan nilai Reliabilitasnya sebesar 0,481. Tampak bahwa dengan Excel maka kita lebih leluasa menggunakan belahan. Selain itu, jika data pada tabulasi excel kita ganti, maka nilai reliabilitas juga akan langsung berganti, tidak perlu melakukan running ulang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *