Cara Trimming Data tanpa Menghapus Data dengan SPSS

Dalam melakukan analisis data, kadang kita harus mengeluarkan satu atau lebih data. Teknik mengeluarkan data ini kadang dilakukan secara serampangan saja, yaitu dengan menghapus data tersebut lalu melakukan analisis. Ini memang tidak salah, tetapi di analisis selanjutnya, ketika kita memerlukan data yang telah kita hapus tadi, maka akan menimbulkan masalah. Masalah juga akan terjadi karena penomoran data juga menjadi tidak urut karena ada satu atau beberapa data yang telah dihapus. Bisa kita simak contoh sebagai berikut: 

Tabulasi 25 Data dengan SPSS Versi 23
Terdapat 25 data seperti gambar di atas. Jika dicari nilai statistik deskriptifnya maka memberikan hasil sebagai berikut:

Statistik Deskriptif dari 25 Data
Karena alasan tertentu, maka kita akan mengeluarkan data ke-14 yaitu sebesar 21. Jika kita menghapusnya maka data nomor 15 akan naik menjadi nomor 14 demikian seterusnya. Maka ini bisa menimbulkan bias dan rancu dalam analisis selanjutnya. 

Agar kita bisa mengeluarkan data ke-14 tanpa menghapusnya, maka kita bisa menggunakan menu Data lalu pilih Select Case seperti pada gambar di bawah:

Navigasi Menu Select Data
Maka kita akan diarahkan ke menu Select Data yaitu sebagai berikut:

Menu Select Data
Lalu pilih If condition is Satisfied lalu klik pada If, sehingga akan diarahkan lagi ke sub menu sebagai berikut:

Masukkan Variabel No ke kotak di kanan atas, lalu gunakan operasi ~= 14 yang berarti bahwa pada variabel No, nomor 14 tidak dimasukkan atau tidak digunakan dalam analisis.

Memasukkan Script ke Box
Setelah itu klik Continue maka akan ke Select Case, lalu Klik OK sehingga akan kembali ke tabulasi data tetapi ada tambahan satu variabel yaitu Filter_$
Tabulasi Data dengan Trimming Data ke-14
Tampak bahwa pada kiri, nomor 14 ada coretan diagonal yang berati data tersebut tidak dipergunakan dalam analisis, tetapi tidak terhapus. Sedangkan pada kolom filter_$ ada angka 1 dan 0 yang berarti respon. Jika diisi 0 maka tidak ikut dalam analisis. Jika kita lakukan analisis statistik deskriptif, misalnya, maka akan memberikan hasil sebagai berikut:

Statistik Deskripti 24 Data Tanpa Data ke-14
Hanya terdapat 24 data saja dan tentunya nilai Mean dan yang juga akan berubah. Dengan menggunakan metode ini, maka jika kita akan menggunakan lagi data ke-14 tinggal kita hapus saja variabel Filter_$. Atau lebih expert, respon yang 0 kita ganti dengan 1. Sebaliknya jika kita juga ingin mengeluarkan data yang lain, misalnya data ke10, maka pada Variabel Filter_$ tinggal kita ganti angka 1 menjadi 0 atau tidak ada respon.

Silahkan mencoba.

4 komentar:

  1. Mau tanya, kalau data tidak normalnya banyak bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini artikel cara trimming data kak, tidak membahas tentang normalitas. Terima kasih.

      Hapus
  2. Lihat dari diagram nya. Ada bentuk bentuk tertentu, nanti dimasukkan pakai rumus sesuai dengan bentuk diagramnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini trimming data kak, bukan uji apa-apa. Terima kasih.

      Hapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan.
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *