Free Download SPSS Versi 26

SPSS mempunyai riwayat yang relatif panjang karena pertama kali dirilis adalah tahun 1968. Program SPSS dipergunakan untuk Analisis statistika, eksplorasi data, analisis data, pengumpulan data. Situs resminya adalah di ibm.com

Pada awalnya SPSS mempunyai kepanjangan Statistical Package for the Social Sciences karena memang dirancang untuk ilmu-ilmu sosial. Dalam perkembangannya, banyak juga bidang ilmu non sosial yang menggunakan software tersebut, sehingga akhirnya diubah menjadi Statistical Product and Service Solutions. Program ini bisa dipergunakan untuk menganalisis statistik parametrik maupun non parametrik.

Logo SPSS setelah diakuisisi IBM (ibm.com)

Dalam perkembanganya, karena kebutuhan sarana alat analisis semakin meningkat, maka SPSS mengakuisisi AMOS (Analysis Moment of Structure) yang dirilis oleh James Arbuckle yang dirancang khusus untuk mengestimasn model SEM atau Structural Equation Modeling. AMOS menggunakan basis dari LISREL dalam penyusunan programnya tetapi tidak mempunyai tabulasi data sendiri, sehingga harus mengunakan dari pihak lain, misalnya SPSS, Excel atau spreadsheet yang lain yang kompatibel.

Lebih lanjut, pada Tahun 2009, SPSS diakuisisi oleh raksasa komputer yaitu IBM dan diganti menjadi PASW atau Predictive Analysis Soft Ware. Meskipun berada pada bender IBM, tetapi SPSS tetap dipertahankan setidaknya sampai sekarang. Saat ini rilis terakhir adalah SPSS versi 26.

Untuk mendapatkan program SPSS versi 26 secara lengkap, Anda bisa download di sini https://www.ibm.com/search?lang=en&cc=us&q=download%20spss&tabType[0]=Products

Anda bisa ikuti alurnya untuk download. Itu versi free atau hanya berlaku sekitar 30 hari saja. Versi free trial ini sama persis dengan versi berbayar, hanya berlaku 30 hari dan tidak ada dukungan teknis saja. Untuk berbayar, bisa dilihat di link ini https://www.ibm.com/products/spss-statistics/pricing

Lumayan juga HANYA USD 99 dan berlaku untuk 1 akun per bulan. Mungkin Anda bisa berpikiran untuk menggunakan versi free trial lalu setelah 30 hari install lagi. Iya, bisa. Tetapi dalam 1 tahun, tiap komputer (laptop) hanya bisa untuk 1 kali saja, jadi setidaknya Anda harus punya 12 jika kontinyu atau bisa 10 lah jika ada jeda sekitar 1 atau 2 minggu.

Blog ini, karena memang sudah relatif tua, dimulai sekitar tahun 2009, maka menggunakan SPSS Versi 12. Belakangan kami upgrade menjadi SPSS 23 dan sudah ada rencana untuk upgrade ke SPSS Versi 25.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?