Trimming Data Outliers pada Uji Normalitas dengan SPSS Versi 23

Berikut adalah simulasi uji normalitas data dengan metode Kolmogorov-Smirnov termasuk upaya untuk menormalkan data yang tidak normal. Alat bantu yang dipergunakan adalah SPSS Versi 23.  Terdapat 52 data dalam simulasi ini. 

Menu Uji Kolmogorov-Smirnov pada SPSS Versi 23
Pilih Analyze, pilih Nonparametric Tests, pilih pada Legacy Dialogs dan klik pada 1_Sample K-S seperti pada gambar di atas. Maka akan  masuk ke menu sebagai berikut:

Uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test
Masukkan variabel data ke dalam box di sebelah kanan. Test Distrbution klik pada Normal lalu klik OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:

Output Uji Normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov
Tampak bahwa nilai Signifikansi adalah sebesar 0,41 < 0,05 yang berarti data tidak normal. Upaya agar data menjadi normal dilakukan dengan mengeluarkan data outliers dengan menu Explore yaitu sebagai berikut:
Menu Explore untuk Mencari Data Outliers dengan Boxplot
Maka akan diarahkan ke box baru. Pindahkan data ke box paling atas seperti pada gambar di bawah:

Menu Explore
Lalu klik pada Statistic di kanan atas dan berikan tanda centang pada Outliers seperti pada gambar di bawah:
Sub Menu Outliers
Setelah itu klik Continue lalu klik OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:
Output Boxplot
Tampak pada gambar di atas bahwa data ke-36 adalah outliers karena menyimpang terlalu jauh dibandingkan dengan data yang lain. Item data ke-36 kita keluarkan dari uji normalitas dengan cara Trimming data sehingga kita tidak perlu menghapus data tersebut hanya memerintahkan kepada SPSS agar tidak menggunakan data tersebut dalam analisis selanjutnya. Setelah data ke-36 dikeluarkan, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
Output Uji Normalitas dengan 51 Data tanpa Outliers
Tampak bahwa nilai Signifikansi adalah sebesar 0,088 > 0,05 yang berarti data telah normal. Data yang dipergunakan hanya 51 karena ada 1 yang dikeluarkan yaitu data ke-36.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan.
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *