Uji Reliabilitas Cronbach Alpha dengan Microsoft Excel

Uji Relibilitas adalah untuk melihat apakah suatu rangkaian kuesioner dapat dipercaya sebagai alat ukur suatu variabel yang ingin diukur oleh peneliti. Kuesioner yang reliabel tidak bias, dalam arti jika dipergunakan untuk mengukur suatu subjek yang lain akan memberikan hasil yang kurang lebih sama atau konsisten. Salah satu metode yang populer adalah uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Artikel ini juga membahas hal yang sama, hanya menggunakan alat bantu Microsoft Excel, bukan dengan SPSS yang sudah sering dipergunakan.

Berikut adalah simulasi data dari 20 responden dengan 5 butir pertanyaan dalam suatu rangkaian kuesioner. Ini hanya contoh, menggunakan responden lebih dari 20 akan lebih baik.

Gambar Simulasi Data untuk Uji Reliabilitas Cronbach Alpha
Dari 20 responden tersebut, silahkan dicari jumlah masing-masing indikator dari masing-masing responde. Ini sangat sederhana. Anda bisa menggunakan formula + biasa atau menggunakan formula SUM. Dibuat kolom tersendiri di kolom paling kanan, diberikan judul X, atau nama variabel yang akan diukur. 

Langkah berikutnya adalah mencari Varians dari masing-masing indikator, termasuk jumlah dari seluruh indikatornya. Perhitungan varians dengan Microsofit Excel sudah kita bahas sebelumnya. Karena keseluruhan responden (20 responden) maka gunakan formula =VARP(B7:B26) untuk Indikator 1. Ingat gunakan VARP bukan VAR saja karena akan memberikan hasil yang berbeda. VAR akan menggunakan formula responden dikurangi 1 atau pembaginya adalah 19. 

Gambar Uji Reliabilitas Cronbach Alpha dengan Excel
Lakukan kepada seluruh indikator, sampai juga dengan jumlahnya. Setelah itu jumlahkan nilai varians pada seluruh indikator, dan hasilnya adalah sebesar 2,108 ada di kanan bawah. Gunakan menu + biasa. Setelah itu Cronbach Alpha dihitung dengan persamaan sebagai berikut:

Dengan k adalah jumlah indikator yaitu 5. Sedangkan formula   adalah pembagian antara jumlah varians masing-masing indikator yaitu 2,108 dibagi dengan varians dari skor total yaitu 4,188 sehingga diperoleh hasil 

Anda bisa melakukan cross check dengan menggunakan SPSS dan hasilnya juga sama yaitu sebesar 0,621. Sekali lagi, kelebihan dari Excel adalah jika salah satu data diganti, maka hasil perhitungan reliabilitas juga akan langsung menyesuaikan. 

SELAMAT MENCOBA.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`