Apa itu Residual pada Regresi Linear?

Residual adalah selisih antara nilai sesungguhnya dengan nilai prediksi pada analisis regresi linear, baik berganda maupun sederhana. Analisis regesi linear bisa dipergunakan untuk memprediksi suatu nilai, yaitu nilai Y dan akan mempunyai selisih atau residual dengan nilai yang sesungguhnya. 

Contoh Tabulasi Data dengan SPSS Versi 23

Data di atas adalah data 1 buah variabel bebas dan 1 buah variabel terikat sebanyak 125 data. Kita ingin memprediksikan nilai Y berdasarkan nilai X. Persamaan umumnya adalah:

Y = a + bX

Sebenarnya ada juga yang menulis Y = a + bX + e di mana e adalah error. Dengan alat bantu SPSS Versi 23 maka akan mudah kita dapatkan  nilai a dan b yaitu sebagai berikut:
Menu Analisis Regresi Linear pada SPSS Versi 23

Klik Linear seperti pada gambar sehingga akan keluar Box dialog seperti gambar di bawah:

Memasukkan Variabel Bebas dan Terikat ke Box Dialogs

Masukkan variabel X pada Independent(s) dan Y pada Dependent, lalu tekan OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:
Output untuk Mencari nilai a dan b

Dari tabel di atas didapatkan bahwa nilai a adalah 1,872 dan nilai b adalah 0,871. Untuk data No 1, kita bisa lihat bahwa nilai X adalah 19 dan nilai Y adalah sebesar 20. Jika kita menggunakan nilai a dan b yang telah kita peroleh maka nilai Y Prediksi atau hasil perhitungan adalah Y = 1,872 + (0,871) x 19 = 18,421. Ternyata mempunyai selisih dengan nilai yang sebenarnya yaitu 20. Adapun selisihnya adalah sebesar 20 - 18,421 =1,579. Nilai inilah yang disebut sebagai nilai Residual atau selisih antara nilai sebenarnya dengan nilai prediksi.

Nilai Residual sangat penting karena dipergunakan untuk menguji normalitas model dan juga bisa dipakai untuk menguji autokorelasi, misalnya dengan run test. Bahkan juga bisa dipakai untuk menguji heteroskedastisitas. Kita tidak usah menghitung satu persatu nilainya karena dengan SPSS Versi 23 kita dapat menghitung langsung yaitu dengan menggunakan tombol Save, di kanan atas. 
Menu Save pada Box Regresi Linear

Maka setelah diklik Save, akan diarahkan ke sub menu lagi yaitu sebagai berikut:
Menyimpan Nilai Residual atau yang lain

Jika kita ingin menyimpan nilai residual, maka berikan tanda centang pada Residual, pilih yang Unstandardized. Juga jika ingin menyimpan nilai Prediksi, maka pada Predicted Values diberikan tanda centang pada Unstandardized. Jika kita berikan centang keduanya, maka akan keluar variabel baru di tabulasi data, yaitu sebagai berikut:
Variabel Baru yaitu Prediksi dan Residual

Variabel PRE_1 adalah nilai prediksi. Untuk nomor 1 nilainya adalah 18,423 yang sebenarnya sama dengan perhitungan kita di atas yaitu sebesar 18,421. Perbedaan dikarenakan pembulatan angka saja. Jika nilai a dan b diset 5 atau 6 angka di belakang koma, maka hasilnya akan lebih identik. Ini hanya untuk contoh saja. Lebih lanjut, nilai residual adalah sebesar 1,577 yang juga sama dengan perhitungan manual di atas yaitu sebesar 1,579.
Share:

11 komentar:

  1. Hallo, Kak.. Mau nanya, apa bedanya model penelitian yg pake error di belakangnya sama gak pake? Apa itu ada pengaruhnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak, itu mungkin hanya penulisannya, kadang banyak yang gak ditulis. Terima kasih.

      Hapus
  2. Kalo untuk uji beda sebelum sesudah perlu juga yah kak di cari unstadarized residualnya, atau langsung saja uji normalitas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai judulnya, ini postingan regresi linear kak. Terima kasih.

      Hapus
  3. Kak mau bertanya, penelitian saya kan bentuknya perbandingan. Yaitu membandingkan kinerja reksadana syariah dan konvensional berdasarkan risk and return, dengan 3 metode yaitu sharpe, treynor dan juga jensen. Apakah perlu dicari juga residualnya, atau langsung ke uji normalitasnya menggunakan hasil akhir metode?

    Terimakasih, semoga bisa difahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kurang paham. Variabel bebasnya apa? Variabel terikatnya apa?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Nah sederhananya saya mau menanyakan itu kak,, dari judul penelitian saya itu yg merupakan variabel bebas dan terikatnya yg mana ya kak?

      Judul penelitian saya itu " analisis perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional berdasarkan risk and return dengan metode sharpe,treynor, dan jensen"

      Hapus
    4. Kami sarankan Anda menggunakan rujukan atau jurnal yang terpercaya. Setelah itu bisa Anda adopsi atau Anda akomodasi untuk penelitian Anda. Kami tidak bisa menjawab pertanyaan Anda. Mohon maaf.

      Hapus
  4. Halo kak, setelah uji normalitas menggunakan unstandardized residual disimpulkan datanya normal, pada saat kita akan melihat pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y melalui regresi linear berganda nantinya variabel independen yang saya gunakan tetap X1 dan X2 atau unstandardized residual ya? Terimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Translate

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *