Cara Melakukan Uji Homogenitas dengan SPSS Versi 23 pada Uji ANOVA

Artikel ini membahas tentang homogenitas, tetapi juga terkait dengan ANOVA atau Analisis of Variance, karena homogenitas sangat erat kaitannya dengan varians.  Uji homogenitas digunakan untuk melihat apakah dua atau lebih kelompok sampel mempunyai varians yang sama atau tidak. Dalam konteks ini, istilah sama merujuk kepada istilah equal. Jadi memang bukan sama persis atau identik atau identitas. Dalam Anova setidaknya diperlukan tiga syarat yaitu homogenitas, random sampling dan normalitas multivariate. Di sinilah letak kaitannya dengan uji homogenitas.

Homogenitas, di sisi lain juga diperlukan dalam analisis yang lain, misalnya dalam Uji Independent Sample T test atau Uji T Sampel Tidak Berkorelasi. Dalam artikel ini kita membahas cara melakukan uji homogenitas untuk Uji Anova. Untuk yang lain, misalnya dengan Explore atau dengan Independent sample t test telah dibahas di artikel lain.

Contoh kali ini menggunakan data dari 22 responden yang merupakan sales dari sebuah perusahaan. Kelompok pertama adalah sales pria (1) dan kelompok kedua adalah sales wanita (2). Kolom paling kanan adalah nilai penjualan yang berhasil mereka peroleh. 

Contoh Data Uji Homogenitas dengan ANOVA

Untuk melihat apakah data kelompok pria dan wanita homogen, kita gunakan Uji Anova, yaitu sebagai berikut:

Menu Uji ANOVA
Pilih Analyze, Compare Means, lalu klik pada One-Way ANOVA seperti pada gambar di atas. Lalu akan diarahkan ke menu ANOVA sebagai berikut:

Box Dialogs One-Way ANOVA

Masukkan variabel gender ke Factor dan variabel Penjualan ke kota Dependent List. Tampak bahwa sebenarnya kita bisa menguji beberapa variabel Dependent sekaligus. Tapi dalam contoh ini hanya satu saja. Setelah itu klik pada Options di kanan seperti yang ditunjukkan anak panah. Maka akan masuk ke menu baru sebagai berikut:

Sub Menu One-Way ANOVA

Berikan tanda centang pada Homogeneity of variance test seperti pada gambar, setelah itu klik Continue lalu klik OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:

Output Uji Homogenitas dengan ANOVA

Tampak bahwa nilai Signifikansi adalah sebesar 0,391 > 0,05. Ini berarti tidak terdapat perbedaan varians yang signifikan antara kelompok 1 dengan kelompok 2. Interpretasinya adalah bahwa keduanya adalah equal atau mempunyai varians yang sama atau homogen.

Dalam artikel berikutnya akan kita bahas bersama tentang uji homogenitas dengan Explore dan juga dengan Independent Sample T Test. Juga tentunya akan kita bahas juga One-Way ANOVA secara lebih lengkap.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *