Cara Melakukan Uji Homogenitas dengan SPSS Versi 23 Menggunakan Menu Explore

Di artikel yang lalu telah kita bahas bersama bagaimana cara melakukan uji homogenitas dengan menu One-Way ANOVA. Kali ini kita akan belajar bersama tentang bagaimana cara melakukan uji homogenitas dengan menu Explore. Menu Explore sebenarnya mempunyai banyak fungsi atau kegunaan, misalnya bisa juga digunakan untuk menguji normalitas data, bahkan bisa juga dipergunakan sebagai sarana untuk melakukan trimming data agar data menjadi normal.

Data yang kita pergunakan adalah sama agar hasilnya bisa kita bandingkan lebih mudah. Pilih Analyze, Descriptive Statistics lalu klik pada Explore seperti pada gambar di bawah:

Memilih Menu Explore
Maka akan diarahkan ke menu Explore sebagai berikut:

Menu Explore pada SPSS Versi 23
Masukkan variabel Penjualan ke Dependent List dan variabel Gender ke Factor List. Bedanya dengan One-Way ANOVA, di sini kita bisa memasukkan lebih dari satu factor list. Setelah itu klik Plots seperti yang ditunjukkan dengan anak panah di atas. 

Memilih Sub Menu Power Estimation
Pilih Power Estimation seperti pada gambar di atas lalu klik Continue lalu Klik OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:

Output Homogenitas dengan Explore
Dari sekian banyak output, yang menyatakan homogenitas adalah output di atas yaitu Test of Homogeneity of Variance seperti di atas. Tampak bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0,391 > 0,05 yang berarti kedua kelompok data adalah equal atau homogen. Hasil ini sama persis dengan hasil pengujian variance menggunakan One-Way ANOVA.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *