Cara Melakukan Uji Homogenitas dengan SPSS Versi 23 pada Uji T Sampel Tidak Berkorelasi

Uji homogenitas dengan Levene juga bisa dilakukan dengan menu Independent Sample T Test atau Uji T Sampel tidak berkorelasi. Untuk uji homogenitas dengan One-Way Anova dan Explore sudah kita bahas sebelumnya. Perlu dicatat bahwa khusus pada uji t sampel tidak berkorelasi, hanya bisa dilakukan untuk dua kategori saja, misalnya pria dan wanita. Jika menggunakan lebih dari 3 kategori, maka tidak bisa digunakan.

Menu Independent Sample T Test

Pilih Analyze, Compare Means lalu klik pada Independent Sample T Test. Maka akan diarahkan ke box dialog sebagai berikut:
Memasukkan Variabel Penelitian
Masukkan variabel Penjualan ke Test Variable(s) lalu masukkan Gender ke Grouping Variable seperti pada gambar di atas. Klik Define Groups seperti pada gambar anak panah di atas. 
Membuat Group
Masukka nilai 1 di Group 1 dan angka 2 di Group 2 seperti pada gambar. Ingat, 1 adalah Pria dan 2 adalah wanita. Setelah itu klik Continue lalu klik OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:
Output Uji Homogenitas


Tampak bahwa nilai Signifikansi adalah sebesar 0,391 > 0,05 yang berarti kedua kelompok data adalah homogen. Untuk Uji T Sampel tidak berkorelasi, juga disediakan uji hipotesis di mana kedua kelompok tidak homogen. Sekali lagi, hasilnya ini konsisten dengan hasil uji homogenitas dengan One-Way Anova atau pun dengan Explore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan.
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *