Contoh Uji Reliabilitas: Apa yang harus dilakukan jika data tidak reliabel?

Uji reliabilitas adalah untuk melihat apakah suatu rangkaian kuesioner memberikan hasil yang serupa jika diberikan kepada sampel yang berbeda. Sering disebut sebagai kehandalan suatu kuesioner. Uji Reliabilitas biasanya terkait secara langsung dengan uji validitas. Di artikel ini kita akan membahas simulasi uji reliabilitas Alpha Cronbach dengan SPSS Versi 23. Berikut adalah simulasi dari 80 responden dengan 12 item indikator:

Contoh Tabulasi 80 responden dengan 12 Item Kuesioner
Pilih Analyze, lalu pilih Scale dan klik pada Reliability Analysis seperti pada gambar di bawah:

Menu Uji Reliabilitas pada SPSS Versi 23
Maka program akan mengarahkan ke menu uji reliabilitas. Masukkan indikator X1 sampai dengan X12 ke box di sebelah kanan. Pastikan di kiri bawah adalah Alpha. 

Memasukkan Indikator

Lalu klik pada Statistic di kanan atas sehingga akan diarahkan lagi ke sub menu sebagai berikut:

Sub Menu Uji Reliabilitas dengan SPSS Versi 23
Berikan tanda centang pada Item dan Scale if Item Deleted, lalu klik Continue dan OK sehingga akan keluar output uji reliabilitas sebagai berikut:

Output Uji Reliabilitas
Tampak bahwa nilai Cronbach's Alpha adalah sebesar 0,564 yang masih di bawah nilai yang diharapkan yaitu sebesar 0,6. Untuk mendapatkan nilai yang diharapkan, dapat dilihat pada output di Item-Total Statistics seperti di bawah ini:
Panduan untuk mengeluarkan item yang tidak reliabel
Pada kolom paling kanan tertulis Cronbach's Alpha if Item Deleted. Jadi sudah jelas sekali bahwa jika item tersebut dikeluarkan dari model maka akan didapatkan nilai Cronbach's Alpha yang baru. Misal jika X1 dikeluarkan dari model penelitian, maka nilai Alpha yang baru adalah 0,446. Ini masih jauh di bawah 0,6. Demikian seterusnya kita cari indikator yang jika dikeluarkan maka diperoleh nilai Alpha di atas 0,6. Kita peroleh indikator X8. Jika kita keluarkan maka nilai Alpha yang baru (tanpa indikator X8) adalah sebesar 0,745. Coba kita run ulang tanpa indikator X8 dan hasilnya adalah sebagai berikut:
Nilai Alpha tanpa indikator X8
Tampak bahwa nilai Alpha yang baru adalah sebesar 0,745 sesuai dengan tabel yang di atasnya. Nilai ini sudah memenuhi syarat karena di atas 0,6 sehingga rangkaian kuesioner dapat dinyatakan reliabel. Sedangkan output Item to Total Statistics menjadi sebagai berikut:

Output Item-Total Statistics
Tampak bahwa indikator X8 sudah tidak ada. Lebih lanjut, sebenarnya kolom Corrected Item-Total Correlation adalah output untuk uji validitas. Coba Anda simak lebih lanjut.

Sebagai penutup, ada dua pertanyaan yang kami tidak akan jawab, tetapi Anda bisa mencari jawabannya sendiri: 1) Mengapa jika hanya ada 1 indikator maka nilai Cronbach Alpha tidak muncul; dan 2) Mengapa jika hanya menggunakan 2 indikator maka nilai Cronbach's Alpha if Item Deleted juga tidak muncul?

Saya yakin Anda sangat paham dengan jawabannya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *