Uji Heteroskedastisitas Spearman Rho dengan SPSS Versi 23

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel tentang heteroskedastisitas. Sebelumnya telah kita bahas uji heteroskedastisitas dengan scatterplot dan juga uji Glejser. Di sini kita akan belajar bersama tentang uji heteroskedastisitas dengan Rank Spearman. Sebenarnya metode ini juga pernah dibahas di sini Kali ini pembahasannya menggunakan data yang berbeda dengan artikel tersebut.

Konsep dasarnya mirip dengan Uji Glejser, tetapi di sini kita mengkorelasikan variabel bebas dengan nilai absolut residualnya. Korelasi yang dipergunakan adalah Rank Spearman atau Spearman Rho. Nilai absolut residual telah kita kuasai pada artikel sebelumnya. Jadi kita tinggal mengkorelasikan saja.

Menu Korelasi
Pilih Analyze, pilih Correlate lalu klik pada Bivariate seperti pada gambar di atas. Maka kita akan diarahkan ke menu korelasi sebagai berikut:

Memasukkan Variabel Bebas dan Absolut Residual
Masukkan variabel bebas ke dalam box Variables, termasuk dengan nilai absolut residualnya. Pastikan bahwa motode korelasi yang dipergunakan adalah Spearman dengan memberikan centang pada Correlation Coefficients seperti pada gambar di atas. Setelah itu akan keluar output sebagai berikut:

Output Uji Heteroskedastisitas dengan Rank Spearman
Tampak bahwa tidak ada variabel bebas yang mempunyai korelasi yang signfikan dengan nilai absolut residualnya. Kualitas layanan koefisien korelasinya hanya -0,022 dengan signifikansi sebesar 0,825 > 0,05. Demikian juga dengan dua variabel bebas yang lain. Ini menunjukkan bahwa tidak terdapat gangguan heteroskedastisitas pada model regresi. Hasil ini sesuai dengan metode scatterplot dan juga metode Glejser.

Berikutnya kita coba gunakan metode yang lain yaitu uji Park dan uji White.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan.
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *