Heteroskedastisitas-Tutorial Langkah Cara Uji Park Dengan SPSS Versi 23

Metode uji heteroskedastisitas yang berikutnya adalah Uji Park. Uji ini memang jarang dipakai karena relatif rumit dibandingkan dengan uji scatterplot, Glejser atau Rank Spearman. Metode Park juga relatif sama, yaitu dengan meregresikan variabel bebas terhadap logaritma natural kuadrat residual. Jadi setelah mendapatkan nilai residual, maka nilai tersebut dikuadratkan. Setelah itu hasilnya diambil nilai logaritma naturalnya (Ln).

Dengan data yang sama, setelah diperoleh nilai residual, maka masuk ke menu Transform lalu klik pada Compute Variable maka akan masuk ke menu seperti di bawah:

Menghitung Ln(Res_2)
Masukkan nilai Ln (Res_2) yang merupakan nama variabel yang akan kita bentuk. Pada box Numeric Expression masukkan LN(RES_1*RES_1) yang artinya residual kali residual atau residual kuadrat. Perhatikan bahwa RES_1 adalah nama variabel yang sudah ada, jadi harus tepat penulisannya, atau masukkan saja dengan tanda panah sehingga tidak ada kesalahan.

Setelah itu klik OK maka akan muncul variabel baru yang telah dibentuk. Kita tinggal meregresikan antara variabel bebas terhadap Ln(Res_2) tersebut dan memberikan hasil sebagai berikut:
Uji Heteroskedastisitas dengan Uji Park
Tampak pada nilai t dan Signifikansi tidak ada variabel bebas yang berpengaruh signfikan. Berarti tidak ada gangguan heteroskedastisitas pada model penelitian. Hasil ini juga sesuai dengan hasil pengujian sebelumnya dengan scatterplot, Glejser dan juga Rank Spearman.

Artikel berikutnya kita coba belajar bersama uji heteroskedastisitas dengan metode White.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *