Analisis Regresi Linear Sederhana antara Bounce Rate Alexa terhadap Pendapatan PopAds

Di artikel beberapa waktu yang lalu, kita telah membahas pengaruh dari Ranking Alexa (Alexa Rank) terhadap pendapatan iklan PopAds.net. Dengan analisis regresi linear sederhana, maka diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan ranking Alexa terhadap pendapatan PopAds. Rekomendasi dari artikel itu adalah untuk menambahkan variabel bounce rate. Bounce rate menurut Alexa adalah 'Percentage of visits to the site that consist of a single pageview'. Jadi jika ada pengunjung yang masuk ke blog, tetapi tidak melakukan klik lain, lalu keluar lagi dinyatakan sebagai bounce rate. Itu sangat logis, karena pendapatan iklan dari PopAds ditentukan dari klik pengunjung yang telah masuk ke blog kita. Jadi jika semakin tinggi bouce rate maka semakin rendah pendapatan PopAds.

Analisis ini akan menggunakan 39 data saja karena memang baru itu yang tersedia. Di lain waktu akan dicoba dengan data yang lebih banyak. Jika menginginkan silahkan download di G Drive dengan akun Gmail Anda. Alurnya sama dengan artikel yang sebelumnya, jadi kali ini akan lebih ringkas.


Uji Asumsi Klasik

Hasil uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov memberikan hasil sebagai berikut:

Uji Normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov

Dengan Signifikansi 0,118 > 0,05 maka dinyatakan bahwa model telah memenuhi asumsi normalitas. Sedangkan hasil Run Test adalah sebagai berikut:
Uji Autokorelasi dengan Run Test
Nilai Signifikansi adalah sebesar 0,997 > 0,05 yang berarti model tidak mengalami gangguan autokorelasi. Ini mungkin karena jumlah sampel yang di bawah 40 sehingga gangguan autokorelasi yang biasa muncul pada data time series tidak nampak di sini.

Uji Heteroskedastisitas dengan Scatter Plot memberikan hasil sebagai berikut:
Uji Heteroskedastisitas dengan Scatter Plot
Tampak bahwa tidak terdapat pola tertentu pada grafik yang dapat diinterpretasikan bahwa data tidak mengalami gangguan heteroskedastisitas.


Analisis Regresi Linear Sederhana

Adapun untuk hasil analisis regresi linear sederhana adalah sebagai berikut:
Nilai R dan Koefisien Determinasi
Nilai R adalah 0,394 dan koefisien determinasi sebesar 15,5% di mana masih banyak faktor lain yang mempengaruh pendapatan PopAds yaitu sebesar 84,5%. Untuk F hitung adalah sebagai berikut:
Output F Hitung dan Signifikansi
Tampak jelas bahwa nilai F Hitung adalah 6,811 dengan Signifikansi di bawah 0,05 yang berarti model dinyatakan layak. Untuk T Hitung memberikan hasil sebagai berikut:
Output T Hitung dan Signifikansi
Dengan Signifikansi 0,013 < 0,05 berarti Bounce rate berpengaruh signifikan terhadap pendapatan PopAds.


Interpretasi

Berdasarkan nilai T hitung yang negatif maka dapat ditentukan bahwa pengaruh bounce rate terhadap pendapatan PopAds adalah negatif atau berlawanan arah. Semakin tinggi bounce rate maka semakin rendah pendapapatan PopAds, sebaliknya semakin rendah bounce rate maka semakin tinggi pendapatan PopAds.

Ini sesuai dengan asumsi bahwa semakin banyak orang yang hanya melihat 1 halaman maka rendah pendapatan PopAds. Jika ingin meningkatkan pendapatan PopAds, dapat dilakukan dengan mengurangi bounce rate. Pemilik blog harus merancang agar pengunjung tidak langsung pergi ketika masuk ke website, tetapi melakukan klik lagi agar memancing keluarnya iklan PopAds.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *