Apa itu Tabel Z?

Tabel Z adalah suatu tabel yang berisi nilai luasan di bawah kurva normal. Suatu distribusi data dikatakan normal jika menyerupai bentuk lonceng, di mana nilai rata-rata akan dekat dengan nilai mediannya. Selain itu, data yang bernilai besar atau kecil relatif sedikit atau mengumpul di tengah. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar di bawah ini:

Contoh Gambar Kurva Normal

Gambar di atas mungkin sering kita lihat jika kita memang sedang membaca tentang statistik. Di gambar itu ada angka dalam prosentase dan juga dalam (s). Mungkin bisa kita uraikan bersama-sama di sini. Sangat diperlukan pemahaman tentang Z-Score. Artikel tentang Z-Score telah kita bahas di sini. Dalam artikel tersebut telah diuraikan tentang Z-Score dan cara menghitungnya atau rumusnya. Nah, huruf (s) dalam gambar itu menyatakan nilai Z-Score. Jadi 1s berarti nilai Z-Score nya adalah 1, demikian juga dengan 2 dan 3.

Pada gambar itu, pada bagian pinggir kiri dan kanan sebenarnya garisnya tidak berhimpit dengan Sumbu X, tetapi panjang sekali dan baru berhimpit dengan Sumbu X pada tak hingga. Jadi bisa dipahami bahwa jika nilai Z-Score tinggi, di atas 3 maka biasanya masuk kategori Outliers, atau pencilan atau nilainya berbeda jauh dengan nilai lainnya pada distribusi data tersebut.

Lebih lanjut, di gambar tersebut adalah nilai dalam prosentase. Nah, untuk memahaminya, berikut adalah Tabel Z:

Tabel Z

Dari gambar kurva di atas, anggaplah bahwa luasan di bawah kurva adalah 1 atau 100% atau utuh. Maka jika kita bagi dua, tepat di tengahnya, maka nilainya adalah setengahnya atau bisa kita tulis 0,5. Penyebutan 50% juga bisa.

Dari Tabel Z, yang kita tandai dengan lingkaran, kolom paling kiri adalah 1, atau luasan antara tengah kurva sampai dengan 1s, yaitu sebesar 0,3413 maka di Kurva normal tertulis angka 34,13% baik di belahan kanan, maupun belahan kiri. Artinya luasan di bawah kurva tersebut antara tengah sampai dengan 1s adalah 34,13% dari luasan total.

Selanjutnya pada Tabel Z, untuk kolom paling kiri sebesar 2, maka nilainya adalah 0,4772. Bisa kita hitung 0,4772 - 0,3413 = 0,1359 atau bisa juga ditulis 13,59%. Itu ada di sebelah kiri ataupun di sebelah kanan.

Silahkan dicoba untuk 3s yang tentunya hasilnya adalah 2,27%. Betul?

Nah setelah itu apa kegunaannya? Tentunya sangat berguna. Artikel berikut kita akan membahas kegunaan Tabel Z dan juga berkaitan erat dengan Kurva Normal.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Translate

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *