Cara Membuat Tabel R dengan Microsoft Excel

Pendahuluan

Nilai R Tabel adalah nilai yang ada pada Tabel R yang biasa dipergunakan untuk uji korelasi. Nilai ini akan dibandingkan dengan nilai R yang diperoleh dari persamaan Korelasi Pearson. Jika R hasil hitung > R tabel maka dinyatakan mempunyai korelasi yang signifikan atau valid jika diaplikasikan dalam uji validitas. 

Tabel R bisa didapatkan di buku-buku statistik yang Anda punyai. Akan tetapi jika menghendaki, Anda dapat menghitungnya atau membuat Tabel R sendiri dengan menggunakan Microsoft Excel atau pun juga dengan SPSS. Beberapa artikel di blog ini telah memberikan cara untuk membuat Tabel T, Tabel F atau pun Tabel Chi Square. Berikut akan kita bahas bersama tentang bagaimana cara membuat Tabel R dengan menggunakan Microsoft Excel.


Membuat Tabel R

Untuk nilai T, F ataupun Chi Square bisa dihitung langsung dengan menu yang telah tersedia di Microsoft Excel. Tetapi untuk nilai T belum ada. Oleh karena itu kita menggunakan rumus yang menghubungkan antara t dengan R yaitu:

Rumus tersebut dapat di masukkan secara manual ke dalam Excel. Sangat disarankan untuk mempelajari pembuatan Tabel T dengan Microsoft Excel sebelum masuk ke pembuatan Tabel R dengan Microsoft Excel. 

Rumus r dengan t

Dengan menggunakan Tabel t yang telah ada, gunakan rumus seperti gambar di atas. Formulanya adalah: =B5/SQRT(A5+B5^2)

Untuk signifikansi 0,05 diperoleh nilai R hitung sebesar 0,997 sama dengan yang ada di Tabel di buku statistik Anda. Tinggal di Copy ke bawah untuk df yang lain sehingga akan diperoleh tabel seperti di atas. Contoh hanya 20 saja, tetapi Anda bisa membuat untuk nilai berapapun sesuai dengan kapasitas Microsoft Excel.

Membuat Tabel R Lebih Ringkas

Cara di atas memang benar, tetapi mungkin ada pertanyaan, bisa gak kalau langsung saja. Tentu bisa karena itu sebenarnya sama saja. Rumus untuk di atas kita replace saja dengan rumus untuk mencari nilai T Tabel. Singkatnya variabel t pada rumus kita ganti dengan TINV, yaitu formula untuk mencari nilai T Tabel. Hasilnya juga akan sama persis yaitu sebagai berikut:

Rumus Mencari Nilai R Tabel Langsung
Tampak pada gambar bahwa kita tidak perlu menghitung nilai T Tabel terlebih dahulu. Formulanya menjadi: =TINV($G$4;F5)/SQRT(F5+(TINV($G$4;F5)^2))

Sebenarnya sama, hanya B5 yang merupakan cell dengan nilai T tabel diganti dengan formula untuk mencari Nilai T Tabel. Kalau masih repot, ya sebenarnya bisa Anda hide saja nilai T Tabel :)


Jika menginginkan file Excel, silahkan download di GDrive dengan akun Anda.

Artikel Terkait

  1. Cara Membuat Tabel T dengan Microsoft Excel
  2. Cara Membaca Nilai R Tabel
  3. Membuat Tabel F dengan Microsoft Excel
  4. Membuat Tabel Chi Square dengan Microsoft Excel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan.
Terima kasih.

Cari Materi

Berlangganan Gratis Lewat Email ?

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *