Kisaran Jumlah Sampel yang Dihitung dengan Rumus Slovin

Jumlah sampel dalam suatu penelitian adalah sangat penting dalam arti akan mewakili populasi penelitian atau tidak. Jumlah sampel yang terlalu besar akan merepotkan peneliti, sehingga seringkali menggunakan sampel, atau jumlah yang lebih kecil dari suatu populasi, akan tetapi masih tetap mewakili populasi yang ada. Ini akan berkaitan dengan dua hal yang penting, yaitu jumlah sampel dan siapa subjek yang akan dijadikan sampel.

Dalam hal jumlah sampel, Rumus Slovin telah kami bahas di sini. Rumus tidak akan kami ulang di sini. Kami hanya ingin memberikan jumlah sampel yang dihitung dengan menggunakan Rumus Slovin. Penggunaan Rumus Slovin mengharuskan kita mengetahui jumlah populasi secara pasti (N). Jadi jika jumlah populasi belum diketahui, maka sebaiknya tidak menggunakan Rumus Slovin. Setelah itu kita menentukan margin error yang akan kita gunakan dalam penelitian, bisa 5% atau 10%. Akan tetapi sebenarnya banyak penelitian yang menggunakan margin of error sebesar 2% atau bahkan kurang dari itu. Jika kita berlatih, kita menggunakan 5% tidak apa-apa.

Gambar Simulasi Rumus Slovin

Untuk Rumus Slovin silahkan simak di sini. Dari rumus tersebut, jika kita menggunakan margin of error 5% dan 10% maka jumlah sampel adalah seperti tabel di bawah ini:

Jumlah Sampel Dihitung dengan Rumus Slovin

Jika kita mempunyai populasi 100 maka dengan margin of error 5% kita mempunyai sampel sebanyak 80 dan jika dengan 10% maka sebanyak 50 sampel. Urut ke bawah 200, 300 dan seterusnya sampai dengan 3000 ditampilkan di atas. Tampak bahwa untuk margin of error 10% tidak mencapai 100 sampel meskipun kita mempunyai populasi sebanyak 3000. Kita akan sulit sekali menggunakan Structural Equation Modeling jika kita menggunakan Rumus Slovin dengan margin or error 10%.

Penggunaan margin of error 2% tentunya akan memberikan jumlah sampel yang lebih besar lagi, demikian juga jika menggunakan 1%.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Aplikasi Neo Bank Apakah Aman?

Apakah pernah ada yang tertipu oleh Aplikasi Neo Bank? Apakah ada yang pernah dirugikan jutaan rupiah karena menginstall Aplikasi Neo Bank? ...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *