Mengenal Icon pada AMOS untuk Penggambaran Path Diagram

AMOS adalah salah satu softwre yang cukup populer dalam analisis Structural Equation Modeling atau SEM. Memang LISREL mungkin yang paling banyak dipergunakan, tetapi AMOS mempunyai keunggulan tertentu yaitu mudah dalam menggunakannya atau user friendly. AMOS (Analysis of Moment Structure) yang dulunya berdiri sebagai perusahaan sendiri, diakuisisi oleh SPSS di mana SPSS sendiri juga belakangan diakuisisi oleh IMB dan sering juga disebut dengan PASW.

Salah satu kelebihan AMOS adalah dalam penggambaran Path Diagram. AMOS menyediakan berbagai icon yang akan memudahkan kita dalam melakukan penggambaran path diagram dan nantinya AMOS akan mengkonversi path diagram tersebut ke dalam persamaan struktural. Jadi kita tidak perlu memasukkan persamaan struktural. Ini berbeda dengan LISREL di mana kitalah yang memasukkan persamaan struktural dan LISREL yang akan mengkonversi ke dalam gambar. Perlu dicatat, bahwa notasi yang dipergunakan AMOS tetap menggunakan notasi yang telah dikembangkan oleh LISREL.

Berikut adalah tampilan ketika kita membuat program AMOS untuk pertama kalinya:

Tampilan Awal AMOS
Ini adalah tampilan AMOS Versi 18. Di bagian atas terdapat berbagai menu yang tersedia, yaitu File, Edit, View, Diagram, Analyze, Tools, Plugins dan Help. Berbagai menu tersebut juga ditampilkan dalam icon di bagian kiri. Sebenarnya dalam praktek, icon inilah yang akan banyak dipergunakan oleh pengguna AMOS.

Di bagian kanan adalah tempat untuk menggambarkan path diagram, yang bisa di set landscape atau pun portrait. Kali ini kita akan fokus di icon yang dipergunakan untuk menggambar path diagram yang ditampilkan di bagian kiri.


Gambar paling kiri, kotak adalah simbol untuk indikator atau variabel yang diukur secara langsung. Sedangkan gambar elips adalah simbol untuk variabel yang dibentuk oleh variabel lain. Gambar paling kanan adalah digunakan untuk memberikan indikator kepada suatu konstruk.


Gambar paling kiri (satu anak panah) adalah simbol pengaruh dari suatu variabel ke variabel lainnya, atau dari konstruk ke indikatornya. Gambar dua anak panah di tengah adalah simbol untuk kovarian, diberikan kepada dua konstruk eksougen atau kepada indikator yang mempunyai korelasi. Simbol paling kanan adalah simbol error yang muncul karena adanya pengaruh dari satu variabel bebas ke variabel terikat.


Gambar paling kiri adalah icon untuk memberikan judul atau titel kepada gambar. Bisa juga dipergunakan untuk memberikan nilai parameter pada path diagram, misalnya Chi Square, RMSEA dan lain-ain. Gambar tengah adalah variabel yang ada pada model atau path diagram. Sedangkan gambar paling kanan adalah menunjukkan variabel yang ada pada data, belum tentu dipergunakan dalam path diagram tetapi ada di sumber data misalnya Excel atau SPSS.


Gambar paling kiri digunakan untuk menunjuk pada suatu parameter di path diagram. Gambar di tengah digunakan jika kita ingin menunjuk SEMUA parameter dalam path diagram. Sedangkan gambar paling kanan adalah untuk membatalkan paramter yang akan kita tunjuk.


Gambar paling kiri adalah icon untuk mengkopi atau menduplikat suatu objek, yang tengah adalah jika kita ingin memindahkan suatu parameter dan yang paling kanan adalah untuk menghapus suatu parameter dalam path diagram.


Gambar paling kiri dipergunakan untuk mengubah bentuk gambar yang ada. Gambar di tengah untuk memutar posisi indikator. Gambar di tengah untuk membalik arah anak panah indikator.



Gambar paling kiri adalah untuk menghubungkan antara path diagram dengan data yang akan dianalisis, misalnya dengan Excel atau SPSS. Gambar di tengah untuk mengatur output yang akan dikeluarkan oleh program. Sedangkan gambar paling kanan adalah untuk memerintahkan program melakukan analisis atau running.


Gambar paling kiri adalah untuk mengkopi seluruh path diagram untuk di paste ke words misalnya Gambar paling tengah adalah untuk melihat output secara keseluruhan. Gambar paling kanan adalah untuk menyimpan atau save project kita.


Gambar paling kiri adalah untuk melakukan pembesaran atau zoom suatu area. Sedangkan kedua gambar yang lain adalah untuk memperbesar atau memperkecil path diagram secara keseluruhan.


Gambar paling kiri adalah jika kita ingin melakukan analisis expert yaitu menggunakan bayesian. Gambar paling tengah dipergunakan jika kita melakukan analisis multigroup. Gambar paling kanan digunakan untuk mencetak atau menghubungkan dengan printer.


Gambar paling kiri adalah perintah Undo, di tengah adalah perintah Redo. Sedangkan gambar paling kanan adalah untuk mencari atau search.

Gambar ini tidak di bagian kiri tetapi di kanannya di bagian atas. Gambar yang kanan, dengan warna merah adalah untuk menampilkan parameter di path diagram. Sedangkan yang kiri adalah untuk menghilangkan tampilan parameter atau hanya melihat path diagram saja. Ini berfungsi setelah kita melakukan running program

Sebenarnya kita tidak perlu menghapal icon-icon tersebut karena nantinya kita akan terbiasa dengan sendirinya. Akan tetapi sangat penting untuk memahami tentang icon ini. Untuk tutorial AMOS penggambaran path diagram, akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *