Uji Multikolinearitas SPSS dengan Metode Farrar dan Glauber

Salah satu uji multikolinearitas adalah dengan metode Farrar dan Glauber. Metode ini memang kurang populer, kami juga tidak tahu kenapa. Memang ada beberapa kritikan terhadap metode ini, tapi sebenarnya ini tetap merupakan salah satu uji multikolinearitas yang boleh kita pelajari. Metode ini dikemukakan dalam Multicollinearity in Regression Analysis: The Problem Revisited, Review of Economics and Statistic vol. 49, 1967 pp 92 - 107.

Metode ini membandingkan antara R square model regresi yang kita miliki, dengan masing-masing R Square antara variabel bebasnya. 

Data Simulasi Uji Multikolinearitas dengan Farrar dan Glauber (1967)

Data yang kita pergunakan sama dengan data simulasi dengan VIF dan CI. Setelah kita regresikan, maka kita peroleh nilai R Square model yaitu sebagai berikut:
R Square Model Regresi

Tampak bahwa nilai R Square adalah sebesar 0,523. Lalu kita regresikan antara variabel bebasnya. Kita mempunyai 4 variabel bebas, Jumlah uang beredar, Inflasi, Suku bunga dan Nilai tukar rupiah. Maka kita mencari 4 nilai R Square, yaitu kita meregresikan:\

  1. Jumlah uang beredar terhadap Inflasi, Suku bunga dan nilai tukar rupiah.
  2. Inflasi terhadap jumlah suku bunga, nilai tukar rupiah dan jumlah uang beredar
  3. Suku bunga terhadap nilai tukar rupiah, jumlah uang beredar dan inflasi
  4. Nilai tukar rupiah terhadap jumlah uang beredar, inflasi dan suku bunga
Mari kita coba satu persatu dengan cara regresi biasa kita memperoleh nilai R Square dari masing-masing model regresi di atas:
Tampak bahwa nilai R Square adalah sebesar 0,162; 0,153; 0,058; dan 0,120. Tidak ada nilai R Square yang melebihi dari pada nilai R Square model utama yaitu sebesar 0,523. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat gangguan multikolinearitas pada model penelitian. Hasil ini sesuai dengan hasil pengujian multikolinearitas dengan VIF atau pun dengan CI sebelumnya.

Meskipun kurang populer, silahkan dicoba. Bisa menjadi alternatif uji multikolinearitas yang lumayan berguna.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`