Contoh Perhitungan dengan Tabel Z atau Kurva Normal

Di artikel sebelumnya kita telah mengenal tentang Tabel Z dan juga Kurva Normal atau pun Z Score. Kali ini kita akan membuat simulasi perhitungan dengan menggunakan Tabel Z atau pun kurva normal. Sebagai ilustrasi, ada 150 kepala keluarga dalam suatu kompleks perumahan. Data yang telah diketahui adalah bahwa gaji rata-rata adalah 6 juta dengan simpangan baku sebesar 2 juta. (Ini hanya contoh saja). Pertanyaannya adalah berapa orang yang mempunyai gaji di atas 8 juta?

Pertanyaan ini dapat dijawab dengan menggunakan kurva normal atau pun Tabel Z seperti yang pernah kita bahas bersama. Informasi yang diperoleh adalah rata-rata dan simpangan baku. Jadi jika kita masukkan ke dalam rumus untuk mencari Z-Score akan diperoleh hasil sebagai berikut:

Hasilnya nilai ZScore adalah 1 dan jika kita lihat di grafik Kurva Normal untuk nilai 1 maka luasnya adalah 34,13.

Tabel Z
Jadi kepala keluarga yang mempunyai gaji antara 6 sd 8 juga adalah sebanyak 50% - 34,13% = 15,87%. 
Kurva Normal
Lebih detailnya lagi, kurva dibagi menjadi 2 kiri dan kanan secara simetris, sehingga luasan yang sebelah kanan (atau kiri) adalah 50%. Karena luasan dengan ZScore 1 adalah 34,13 maka sisanya 15,87%. Jadi jumlah kepala keluarga yang mempunyai gaji di atas 8 juta adalah sebanyak 15,87% x 150 = 23,805 atau sekitar 24 orang. 

Simulasi seperti ini bisa diterapkan untuk berbagai keperluan dengan tujuan pengambilan keputusan, misalnya dalam data demografi.

Demikian simulasi penggunaan kurva normal dan Tabel Z.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *