Contoh Uji Independent T Test dengan SPSS Versi 23

Seorang manajer sales perusahaan penjualan sepeda motor ingin melihat apakah terdapat perbedaan kinerja sales pria dengan sales wanita. Informasi ini akan dijadikan dalam pengambilan keputusan internal perusahaan. Manajer tersebut mempunyai data penjualan dari masing-masing sales selama satu tahun terakhir. Kinerja akan ditentukan dengan jumlah unit yang berhasil dijual dalam kurun waktu satu tahun tersebut. Data yang dipergunakan dalam analisis ini dapat Anda download di Google Drive dengan akun G mail Anda.

Untuk melakukan analisis, dipergunakan uji inpendent t test dengan alat bantu berupa program SPSS Versi 23. Langkah pertama adalah dengan menguji apakah data tersebut terdistribusi normal atau tidak. Jika memenuhi asumsi normalitas, maka dipergunakan uji independent sample t test, tetapi jika tidak memenuhi asumsi normalitas maka digunakan uji Mann-Whitney U Test. Dalam data (jika Anda melihat dari download) maka terdapat 93 sales dengan rincian 58 Pria dan 38 Wanita. Uji normalitas dilakukan terhadap keseluruhan data tersebut secara langsung, bukan dipisah berdasarkan jenis kelamin. Metode yang dipergunakan adalah uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov yang memberikan hasil sebagai berikut:

Hasil Uji Normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov

Hasil di atas adalah sebesar 0,077 > 0,05 yang menunjukkan bahwa telah terdistribusi secara normal dan pengujian parametris dapat dilanjutkan. Langkah berikutnya adalah dengan melakukan melihat Deskripsi dari kedua kelompok atau grup data yaitu Pria dan Wanita. Berikut adalah analisis deskriptif dari data penelitian:

Analisis Deskriptif Data

Dari 58 sales pria, ternyata rata-rata penjualan adalah sebesar 26,28 unit per tahun. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata penjualan sales wanita yaitu 25,14 unit per tahun. Selisih ini akan diuji secara statistik apakah signifikan atau tidak. Kita tidak bisa menentukan bahwa Pria lebih tinggi penjualan dibandingkan wanita karena selisihnya tidak sampai 1 unit dalam setahun berdasarkan nilai rata-ratanya. Dengan Independent sample t test, kita dapat menentukan secara statistik apakah selisih itu signifikan atau tidak, atau apakah sales pria lebih tinggi penjualannya dibandingkan dengan sales wanita secara signifikan.

Sebelum masuk ke uji independent sample t test, kita perlu menentukan apakah data tersebut homogen atau tidak. Dalam SPSS versi 23, uji independent sample t test telah dilengkapi dengan menu Levene untuk menguji apakah data homogen atau tidak. Output Levene langsung menyatu dengan output T hitung yang menentukan apakah selisih tersebut signifkan atau tidak. 

Output Levene Test dan Uji Independent Sample T Test

Pada kolom Levene Test kita mendapatkan nilai F hitung sebesar 1,301 dengan signifikansi sebesar 0,257 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara varian data pertama dengan data kedua. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa data penelitian adalah homogen. Oleh karena itu, output T hitung yang dipergunakan adalah baris pertama yang berisi T hitung dengan Equal variances assumed, atau dianggap homogen atau mempunyai varians yang equal. (jika tidak homogen maka dipergunakan output T hitung baris ke-2 yaitu Equal variances not assumed atau tidak homogen).

Nilai T hitung adalah 2,325 dengan signifikansi sebesar 0,022 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara grup 1 dengan grup 2. Berarti terdapat perbedaan unit sales antara sales pria dan wanita. Dalam deskripsi tampak bahwa unit sales pria mempunyai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan unit sales wanita (26,28 > 25,14). Dengan demikian manajer menyimpulkan bahwa sales pria mempunyai unit sales lebih tinggi secara signifikan dibandingkan wanita.

Artikel Terkait:

  1. Kapan kita menggunakan uji independent t test?
  2. Simulasi Independent sample t test atau uji t sampel tidak berkorelasi
  3. Uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov
  4. Uji homogenitas
  5. Uji Mann-Whitney


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *