Jenis-jenis Analisis Statistik Non Parametrik

Metode statistik non parametrik adalah pengujian statistik ketika asumsi pada statistik parametrik tidak terpenuhi. Misalnya karena asumsi normalitas tidak terpenuhi atau ketika jumlah sampel yang dipergunakan relatif sedikit. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik non parametrik adalah sahih dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Metode ini sangat beragam dan juga mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan statistik parametrik. Di artikel ini akan diuraikan berbagai metode analisis statistik non parametrik yang dapat dipergunakan.

A. Uji Non Parametrik untuk Kasus Satu Sampel

Uji ini dipergunakan ketika kita berhadapan dengan satu sampel saja. Misalnya kita ingin melihat apakah terdapat perbedaan preferensi warna merah antara pria (1) dan wanita (2). Jika asumsi normalitas terpenuhi maka bisa menggunakan One Sample T Test. Beberapa uji yang khusus untuk satu sampel adalah Uji Binomial, Chi Square, Run Test dan Kolmogorov-Smirnov. Masing-masing uji mempunyai perbedaan dan kriteria tertentu.

Simulasi Histogram Tidak Normal

B. Uji Non Parametrik untuk Kasus Dua Sampel Berhubungan

Untuk kasus dua sampel yang berhubungan kita akan menggunakan Paired test jika asumsi normalitas terpenuhi. Jika salah satu atau keduanya tidak memenuhi asumsi normalitas maka metode non parametrik sangat tepat diterapkan untuk data tersebut. Uji statistik yang bisa dikenakan adalah McNemar Change Test, Sign Test dan Wilcoxon Signed Rank Test.


C. Uji Non Parametrik untuk K Sampel Berhubungan

Dalam hal ada lebih dari dua sampel (tiga dan seterusnya) tersedia beberapa uji statistik non parametrik yaitu Cochran Q Test dan Friedman Two-Way Analysis of Variance by Ranks. Untuk statistik parametrik kita mengenal uji One Way ANOVA.


D. Uji Non Parametrik untuk Dua Sampel Tidak Berhubungan

Untuk Dua sampel yang tidak berhubungan, maka statistik non parametrik menawarkan berbagai uji statistik yaitu  Median Test, Mann-Whitney U Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sample Test. 


E. Uji Non Parametrik untuk K Sampel Tidak Berhubungan

Uji non parametrik untuk K sampel yang tidak berhubungan adalah Perluasan Median Test dan Kruskall-Wallis One-Way Analysis of Variance by Rank


F. Uji Non Parametrik untuk Hipotesis Asosiatif

Hipotesis assosiatif atau hubungan pada statistik non parametrik mempunyai metode yang sangat banyak. Di antaranya adalah Cramer Coefficient, Kendall Tau, Kapp Statistik K, Phi Coefficient, Rank Spearman dan lain-lain.

Jadi jangan khawatir bahwa jika menggunakan statistik non parametrik akan kekurangan metode.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *