Independent Sample T Test untuk Non Parametrik dengan Median Test

Independent Sample T Test adalah uji untuk melihat apakah terdapat perbedaan antara dua sampel yang tidak berhubungan (berkorelasi). Dua sampel ini bisa berasal dari populasi yang berbeda atau bisa juga berasal dari satu sampel tetapi dengan perlakuan (treatment) yang berbeda. Jika lebih dari dua sampel maka bisa menggunakan K Independent sample t test. Dalam hal ini K independent sample t test juga akan memberikan hasil yang konsisten jika dikenakan pada dua sampel.

Jika kedua sampel tersebut memenuhi asumsi normalitas, maka kita bisa menggunakan Uji Independent T Test. Jika tidak memenuhi asumsi normalitas, maka kita bisa menggunakan Mann-Whitney U Test atau alternatif lain yaitu Median Test yang akan kita bahas bersama di artikel ini. Data yang dipergunakan untuk simulasi sama dengan data yang dipergunakan untuk simulasi Mann-Whitney U Test yang bisa didownload di Google Drive. Ini adalah data dari satu kelompok sampel, tetapi ada yang tepat waktu dalam mengumpulkan kueioner dan ada yang terlambat. Ini sering dipergunakan dalam non-response bias.

Uji non response bias dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan skor atau response dari responden yang mengumpulkan kuesioner yang dikirimkan dengan responden yang tidak mengirimkan kembali kuesioner yang dikirim. Responden yang tidak mengembalikan kuesioner diwakili oleh responden yang terlambat mengirimkan setelah dilakukan pendekatan persuasif kepada responden tersebut.

Untuk menggunakan Median Test, pilih Analyze, pilih Nonparametric Tests, pilih Legacy Dialogs lalu klik pada K Independent Samples seperti pada gambar di bawah:

Menu Median Test pada SPSS Versi 23
Seperti telah disebutkan di atas, bahwa meskipun ini dua sampel, tetapi menunya ada di "K" dan tidak masalah karena ketika memasukkan dua group maka untuk K = 2 akan identik dengan 2 Independent Samples. Menu Median test memang tersedia di K independent Samples bukan di 2 Independent Samples.

Setelah kita klik maka kita akan masuk ke menu Median Test sebagai berikut:

Menu Median Test
Masukkan variabel respons keTest Variable list, lalu kategori ke Grouping Variable. Berikan tanda centang ke Median karena ini menggunakan Median Test. Setelah itu klik pada Define Range di bawah Grouping Variable sehingga akan masuk ke sub menu sebagai berikut:

Grouping Variabel
Berikan angka 1 pada minimum dan 2 pada maximum. Ini sama dengan kategori pada variabel di mana 1 adalah yang Tepat dan 2 adalah yang Terlambat. Ini adalah skala nominal, sehingga bisa dibalik dan akan memberikan hasil yang konsisten. Setelah itu klik Continue lalu klik OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:

Output Frekuensi
Tabel di atas adalah menunjukkan bahwa dari yang Tepat, terdapat 13 yang di atas median, dan 14 yang berada di bawah atau sama dengan median dan total adalah 27 (m). Sedangkan yang terlambat ada 29 (n) dengan 8 di atas median dan 21 sampel di bawah atau sama dengan median. (Simpan dulu kode m dan n).

Sedangkan untuk melihat apakah terdapat perbedaan atau tidak maka menggunakan output sebagai berikut:

Output Uji Median
Terdapat dua signifikansi yaitu 0,112 (Chi Square) dan 0,190 Yate's Continuity Correction. Keduanya di atas 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang terlambat dengan kelompok yang tidak terlambat. Sebenarnya ada dua kategori yaitu sampel kecil dan sampel besar jika kita menggunakan Tabel untuk menguji hipotesis. Tetapi karena bantuan SPSS sudah memberikan signifikansi, maka kita lebih mudah memberikan justifikasi.

Untuk dua signifikansi kita bisa menggunakan guidance bahwa jika m + n > 20 maka kita menggunakan Chi Square sedangkan jika 20 atau kurang digunakan satunya.

Jika kita membandingkan hasil median test dengan Mann-Whitney U Test, maka akan terdapat perbedaan, yaitu median tidak terdapat perbedaan, tetapi hasil pengujian dengan Mann-Whitney U Test memberikan adanya perbedaan yang signifikan. Memang ada perbedaan konsep dari kedua metode tersebut. Mann-Whitney U Test menggunakan metode ranking sedangkan median test, tentu saja menggunakan nilai median. Selama tidak ada hal yang khusus, kita bisa menggunakan salah satu saja yang sesuai dengan justifikasi kita. Atau kita bisa juga menggunakan metode lain untuk memperkuat hasil pengujian ini. Salah satu metode yang ada adalah Kolmogorov-Smirnov Z.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *