Uji Beda Dua Sampel tidak Berhubungan dengan Kolmogorov Smirnov Z

Uji Kolmogorov Smirnov Z adalah uji untuk menguji perbedaan dua sampel yang tidak berhubungan berdasarkan distribusi frekuensi pada statistik non parametrik. Jika berbasis rangking, maka bisa digunakan Mann Whitney U Test dan jika berdasarkan median maka kita menggunakan median test. Mungkin kita lebih familier uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas. Iya memang benar, tetapi itu sebenarnya adalah perluasan penggunaan. Uji Kolmogorov Smirnov juga dapat digunakan untuk satu sampel yaitu untuk menguji suatu distribusi data dengan distribusi normal. Lalu diperluas oleh Liliefors sebagai uji normalitas dan akhirnya populer dipergunakan untuk menguji normalitas suatu distribusi data.

Kali ini kita akan menggunakan data yang juga dipergunakan untuk Mann Whitney U Test dan juga Median Test yang bisa Anda download di Google Drive. Langkah pertama adalah pilih Analyze, pilih Nonparametrics, pilih Legacy Dialogs dan klik pada 2 Independent Samples seperti pada gambar di bawah:

Menu Kolmogorov Smirnov Z pada SPSS Versi 23
Maka akan masuk ke menu 2 Independent Samples dan masukkan variabel yang akan diuji:

Memasukkan Variabel
Berikan tanda centang pada Kolmogorov-Smirnov Z pada Test Type di bagian bawah. Masukkan variabel respons ke Test Variable List dan Kategori ke Grouping Variable. Setelah itu klik pada Define Groups di bawah Grouping Variable seperti pada gambar di atas. 

Memasukkan Koding Group
Masukkan 1 ke Group 1 dan 2 ke Group 2 seperti pada gambar di atas. Setelah itu klik Continue lalu klik OK sehingga akan keluar output sebagai berikut:

Jumlah masing-masing Group
Terdapat 27 responden yang tepat mengumpulkan kuesioner dan 29 yang terlambat. Total responden adalah 56.

Uji Hipotesis Kolmogorov Smirnov Z
Hasil di atas menunjukkan bahwa nilai Signifikansi adalah sebesar 0,502 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sampel 1 dengan sampel 2. Hasil ini berbeda dengan hasil pengujian dengan Mann Whitney U Test tetapi memperkuat hasil pengujian dengan Median Test. 

Di buku-buku statistik juga tersedia tabel untuk perhitungan Kolmogorov Smirnov Z dan dipisahkan menjadi sampel kecil dan sampel besar. Tetapi untuk perhitungan dengan SPSS, lebih simpel seperti pada artikel ini.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Instagram

Instagram
Gabung Instagram Kami

Artikel Terbaru

Jual Data Laporan Keuangan Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2020

Setiap perusahaan yang telah go public wajib untuk menyerahkan laporan keuangan ke badan otoritas, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawa...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *