Uji Linearitas SPSS dengan Lagrange Multiplier

Uji Lagrange Multiplier merupakan alternatif untuk uji spesifikasi model dengan uji Durbin-Watson atau uji Ramsey (RESET). Uji ini dilakukan dengan meregresikan kuadrat atau pangkat tiga dari variabel bebas terhadap nilai residual dari model yang akan diuji spesifikasi modelnya. Uji dengan Lagrange Multiplier dikembankan oleh R. F. Engle pada tahun 1982 dan sebenarnya digunakan untuk sampel yang besar. Jadi artikel ini hanya simulasi saja karena menggunakan 75 data saja. Data yang dipergunakan dapat di download di sini.

Langkah pertama adalah dengan meregresikan variabel bebas terhadap variabel terikat, dengan menyimpan nilai residualnya. Silahkan simak cara menyimpan nilai residual di sini. Setelah itu kuadratkan variabel bebas, dan juga pangkat tiga. Setelah itu tinggal kita regresikan, variabel bebas, pangkat dua dan pangkat tiga terhadap variabel residualnya.

Output Uji Lagrange Multiplier
Nilai yang kita pergunakan adalah R Square yaitu sebesar 0,003. Kita kalikan dengan N jumlah data yaitu sebesar 75 sehingga hasilnya adalah 75 x 0,003 = 0,225. Nilai ini kita bandingkan dengan nilai Chi Square pada df 2 dengan tingkat signifikansi misalnya 5% yaitu sebesar 5,99. Tampak bahwa 0,225 < 5,99 yang menunjukkan bahwa model telah memenuhi spesifikasi. Akan tetapi penting dicatat, bahwa ini hanya simulasi saja dan memerlukan sampel yang besar, sehingga jika dengan sampel kecil hasilnya kurang sesuai.

Dalam beberapa contoh di buku, disebutkan dengan regresi kuadrat variabel bebas saja, tanpa adanya variabel awal dan juga variabel pangkat tiga. Artikel ini dirujuk dari Gujarati dan Porter, Fifth Edition, 2009 halaman 481 sd 482.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Translate

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *